Ketahui Beberapa Bau Tidak Sedap Dalam Kabin Mobil Yang Bisa Menimbulkan Masalah

05/01/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil merupakan salah satu tunggangan yang nyaman dan dapat digunakan untuk melakukan segala aktivitas. Namun kadang hal tak terduga bisa terjadi seperti muncul bau-bauan yang dapat mengganggu perjalanan. Bahkan tidak semua bau yang timbul tidak bisa dihilangkan dengan hanya menggunakan parfum mobil. Oleh sebab itu pemilik harus mengetahui penyebab bau tidak sedap dalam kabin mobil. Dengan begitu akan dapat diketahui langkah tepat untuk menghilangkannya.

Berikut ini merupakan beberapa penyebab bau tidak sedap dalam kabin mobil yang perlu diketahui.

1. Bau Apek Dalam Kabin

Pada komponen AC pada mobil terdapat evaporator yang mempunyai fungsi untuk mengubah udara dari luar menjadi dingin ketika masuk ke dalam kabin. Apabila tercium bau apek maka bisa jadi evaporator terkena  infeksi jamur. Selain itu, bau apek dalam kabin juga dapat dikarenakan adanya kebocoran air sehingga merembes ke bagian karpet mobil.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menutup hidung di dalam mobil

Jika muncul bau dalam kabin sebaiknya dicari penyebabnya apa

2. Bau Manis Dalam Kabin

Saat terdapat bau manis dari dalam kabin mobil, apalagi ketika dalam mobil ada barang yang berbau manis sebaiknya juga tetap waspada. Kalau memang bau manis dari barang bawaan hal tersebut tidak masalah, namun jika berasal dari antifreeze maka harus  segera diatasi. Antifreeze juga mempunyai bau yang manis, apabila ada kebocoran pada sistem pendingin maka bau manis akan tercium. Selain itu, jika menghirupnya dapat beresiko terjadi iritasi pada bagian pernapasan dan juga mata. Jadi bisa mencium bau manis sebaiknya memastikan munculnya baru dari mana.

>>> Lihat juga, Hati-Hati! Pastikan Memilih Audio Mobil Dengan Benar Agar Tidak Kecewa

3. Bau Terbakar Dalam Kabin

Salah satu dari beberapa bau tidak sedap dalam kabin mobil adalah bau terbakar. Jika mengalaminya maka bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti rotor mengalami overheat. Tidak hanya itu saja, faktor lainnya dapat berupa rem tangan yang masih aktif saat mobil berjalan, v-belt terbakar dan oli bocor dan masuk ke dalam sistem pembuangan.

4. Bau Telur Busuk Dalam Kabin

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang menutup mukanya di ruang kemudi mobil

Segera lakukan perbaikan jika bau dalam kabin mobil berasal dari masalah pada komponen mobil

Selanjutnya masalah bau dalam kabin adalah bau sulfur atau sering dikatakan bau telur busuk. Jika mengalami hal tersebut maka itu menjadi pertanda bahwa catalytic converter tidak melakukan penyaringan dengan baik hidrogen sulfida yang terdapat pada knalpot. Akibatnya overheat terjadi pada bagian converter.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Bau Roti Gosong Dalam Kabin

Untuk bau tidak sedap dalam kabin mobil selanjutnya adalah terasa bau roti gosong. Bau ini muncul disebabkan oleh komponen kelistrikan yang korsleting atau bisa juga overheat pada instalasi kelistrikannya. Jika terasa bau roti gosong diharapkan untuk segera mengatasinya, karena jika tidak resikonya adalah dapat menimbulkan  mobil terbakar.

>>> Lihat Juga, Terasa Panas Di Dalam Kendaraan? Begini Tips Mengembalikan Kesegaran Kabin Mobil

6. Bau Bahan Bakar Dalam kabin

Gambar ini menunjukkan 2 orang wanita sedang duduk di ruang kemudi mobil dengan hidung dan mulut ditutup

Sisa makanan dan bagian dalam kabin yang lembab bisa menimbulkan bau tidak sedap dalam kabin mobil

Pada saat perjalanan dan muncul bau bahan bakar dalam kabin mobil diharapkan waspada. Akan tetapi jika menciumnya saat menyalakan mesin terbilang wajar. Karena jika mesin telah panas dan muncul baunya maka bisa jadi dikarenakan tutup tangki yang kendor. Masalah lain yang kadang terjadi seperti sistem pengatur evaporasi emisi pada gas buang yang bocor ataupun tersumbat. Tidak hanya itu, masalah  lain yang bisa menyebabkan bau bahan bakar adalah adanya kebocoran pada sistem kerja bahan bakar seperti selang dan lainnya.

Namun kadang bau tidak sedap dalam kabin mobil bisa saja berbeda seperti yang dijelaskan di atas. Hal tersebut bisa terjadi karena adanya sisa makanan yang tercecer atau kabin mobil yang terlalu kotor. Jika begitu sobat bisa mengecek bagian lantai, sela-sela kursi dan juga bagian kabin mobil lainnya. Jadi jangan lupa untuk selalu membersihkan kabin mobil secara berkala agar kenyamanan tetap terjaga.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui
    Saat Wanita Mengemudi Mobil Sendiri Dan Pertama Kali, Terdapat Hal Yang Perlu Diketahui Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang mengemudi mobil tidak hanya untuk pria saja, bahkan wanita juga banyak yang sudah bisa mengemudi dan memiliki mobil sendiri. Bagi kaum hawa yang baru pertama kali memiliki kendaraan roda 4 dan ingin mengendarainya terdapat hal yang perlu diperhatikan saat wanita mengemudi mobil sendiri.

  • Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll
    Mudah, Begini Cara Mengisi Kartu E-Toll Abdul Tips & trik mobil

    Di jaman sekarang sudah dibangun banyak jalan tol yang dapat dimanfaatkan masyarakat yang mempunyai mobil. Dengan melewati jalur tersebut bisa lebih cepat sampai dan terhindar dari kemacetan. Meskipun begitu, ada konsekuensinya yakni pengguna jalan harus membayar sesuai yang telah ditentukan. Dalam pembayarannya sekarang sudah praktis yakni menggunakan kartu E-Toll. Pengemudi perlu mengisi kartu E-Toll agar dapat digunakan saat melintasi gerbang tol.

  • Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara
    Beberapa Rambu Lalu Lintas Yang Sering Dilanggar Oleh Pengendara Abdul Tips & trik mobil

    Saat mengemudi tidak hanya dengan mengandalkan skill saja, akan tetapi mengetahui dan mematuhi rambu yang diberikan juga diperlukan. Memang banyak yang telah mengerti makna dari rambu yang disediakan, namun tidak sedikit pula rambu lalu lintas yang sering dilanggar.