Kenapa Pengendara Harus Membayar Saat Lewat Jalan Tol? Ini Alasannya

02/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ketika Sobat memasuki jalan tol maka perlu mengeluarkan dana. Biaya yang dikeluarkan tergantung jarak antar gerbang tol. Namun kadang muncul pertanyaan, mengapa harus membayar saat lewat jalan tol? Uang hasil tersebut dikemanakan?

Jalan tol menjadi salah satu jalur yang cukup banyak diminati. Hal tersebut dikarenakan dengan melalui rute tersebut maka perjalanan lebih singkat untuk sampai tujuan. Sehingga rasa capek pun berkurang dan dapat beristirahat dengan segera. Namun perlu diperhatikan adalah pengendara harus membayar saat lewat jalan tol.

Saat ini jalan tol sedang gencar dibangun dan harapannya wilayah terpencil di Indonesia dapat dijangkau. Akan tetapi terdapat dengan jalur arteri. Para pengguna  perlu membayar dengan jumlah biayanya tergantung dengan jarak yang ditempuh dan jenis kendaraannya. Lantas apa sebenarnya alasan pengemudi perlu melakukan pembayaran jalan tol. Berikut informasinya yang dikutip dari laman Daihatsu Indonesia.

Gambar ini menunjukkan gerbang jalan Tol Banyumanik

Pastikan saldo e-Toll cukup sebelum masuk gerbang tol

>>> Baca Juga, Persiapkan Sebelum Melintas, Jalan Tol Layang Jakarta Cikampek Tak Ada Pintu Exit Di Tengah

Ada Perbedaan Jalan Tol Dan Jalan Bebas Hambatan

Kadang pengartian dari jalan tol yang sama dengan istilah jalan bebas hambatan. Ditambah lagi terdapat beberapa rambu dan juga peraturan yang ada hubungannya dengan lalu lintas, sehingga masih ada saja orang yang menyamakannya. Padahal untuk arti kedua jalan tersebut terdapat perbedaan

Untuk jalan tol merupakan singkatan dari Tax On Location yang berarti pajak di tempat. Kemudian untuk jalan bebas hambatan adalah freeway atau highway. Mengingat jalan tol termasuk dalam pajak maka saat melintasinya perlu membayar pajak. Jadi pajak dibebankan kepada pengendara dengan melalui biaya masuk saat ingin melintasi jalan tol.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan ilustrasi palang di gerbang tol membuka

Kartu e-Toll untuk membuka palang di gerbang tol

>>> Lihat Juga, Tips Mendahului Mobil Di Jalan Tol Yang Aman

Mengapa Harus Membayar Saat Lewat Jalan Tol?

Jadi untuk jalan tol di Indonesia skema yang diterapkan adalah PPP (Public Private Partnership). Sehingga setiap orang yang ingin melintasi jalan tol dengan kendaraan roda 4 atau lebih perlu membayar sejumlah biaya.

Mengandalkan skema tersebut pengembangan jalan tol dapat dilakukan pdengan menggandengan ninvestor dari pihak pemerintah. Supaya para investor dapat tertarik, maka bentuk korporasinya perlu terdapat timbal balik yang didapatkan. Nah adanya biaya yang dikeluarkan pengendara saat masuk jalan tol ini nantinya dikembalikan lagi kepada pihak investor.

Hasil Uang Dari Tarif Jalan Tol Dikemanakan?

Kadang timbul pertanyaan lain soal tarif tol, uang yang didapat nantinya akan dikemanakan. Untuk soal itu, uang yang dibayar setiap pengendara saat masuk jalan tol  akan mengalir ke investor selama masih dalam kesepakatan korporasi antara pihak pemerintah dan investor yang umumnya akan berlangsung dalam waktu 5 sampai 15 tahun.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan pengemudi wanita sedang menempelkan kartu e-Toll

Sekarang pembayaran tol lebih mudah

Meskipun begitu, uang tersebut tidak hanya untuk kebutuhan pribadi atau foya-foya.  Hal tersebut dikarenakan uang yang sudah terkumpul akan dilakukan pemutaran lagi untuk memenuhi kebutuhan lain seperti pengembalian modal pada saat dulu melakukan pembangunan. Umumnya dahulu didapatkan dengan mengandalkan sistem pinjaman lunak ke pihak Bank. Uang yang didapat juga difungsikan dalam memelihara jalan tol dalam waktu yang telah ditentukan sesuai dengan kesepakatan sebelumnya.

Jadi pengendara harus membayar saat lewat jalan tol, supaya jalan dapat terawat dan terus bisa dioperasikan. Jadi ada keuntungan dan kerugian tersendiri saat lewat jalan tol. Namun saat keadaan terdesak atau buru-buru, melintasi jalan tol  bisa menjadi salah satu solusi saat ingin bepergian ke suatu tempat yang diinginkan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International