Kenapa Dianjurkan? Ini Fungsi Memasang Dashcam Pada Mobil

04/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat berkendara perlu berbagi tempat dengan pengendara lain dan juga pejalan kaki. Semuanya sudah ada jalur sendiri-sendiri. Sehingga sangat tidak disarankan untuk menerobos jalur milik pengguna jalan lainnya. Meskipun begitu masih ada pula yang nekat menerjangnya seperti kendaraan yang masuk jalur busway dan lainnya. Kali ini kami akan membahas mengenai alasan mengapa harus memasang dashcam pada mobil.

Sedikit ulasan di atas sebenarnya ada hubungannya dengan memasang dashcam pada mobil. Karena kendaraan di jalanan terbilang bervariasi dan cukup banyak, ada yang besar atau kecil. Oleh sebab itu perlu berhati-hati karena kadang terjadi keadaan tidak terduga seperti tertabrak kendaraan lain dari arah belakang.

Gambar ini menunjukkan kamera dashcam yang dipajang di toko

Dashcam ada banyak model tinggal sesuaikan dengan budget yang dimiliki

>>> Baca Juga, Punya Mobil Lama Tapi Ingin Pasang Kamera Parkir, Bisa Saja!

Yang jadi masalah sebenarnya mengenai siapa yang benar dan siapa yang salah. Kalau memang semuanya merasa salah dan berdamai tidak masalah. Akan tetapi kadang si penabrak merasa benar dan memberikan tuntutan kepada Sobat supaya dapat mengganti rugi atas kendaraan yang dimilikinya.

Adapun solusi masalah tersebut sebenarnya cukup sederhana, hanya saja perlu mengeluarkan biaya sendiri yakni dengan memasang dashcam pada mobil. Untuk cara kerjanya hampir mirip dengan kamera pengawas atau CCTV. Dengan mengandalkan kamera jenis ini maka kondisi jalanan dan kejadian dapat direkam selama perjalanan.

Akan tetapi hal tersebut juga tergantung pilihan Sobat saat membeli dashcam. Apabila harganya semakin mahal  maka soal fitur juga akan semakin lengkap. Untuk pemasangan dashcam biasanya di atas dashboard, pada kaca depan dan pegangan spion. Namun hal tersebut sesuai selera pemiliknya. Yang terpenting jangan sampai mengganggu visibilitas pengemudi terhadap jalan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan dashcam di atas dashboard dengan kamera 2 arah

Dashcam 2 arah sangat cocok untuk mobil yang digunakan sebagai taksi online

>>> Baca Juga, Tips Memilih Dan Memasang Dashcam Pada Mobil Sesuai Kebutuhan

Selain penjelasan diatas, memasang dashcam pada mobil memiliki banyak fungsi yang bisa didapatkan. Berikut ini beberapa fungsinya:

1. Pada saat terjadi sebuah insiden, maka akan dapat  diketahui siapa yang benar dan siapa yang salah dengan melihat rekaman pada dashcam ketika terjadi kecelakaan di jalan. Selain itu, rekaman juga bisa menjadi alat bukti saat masuk ke kepolisian.

2. Dengan adanya rekaman dari dashcam maka saat terjadi insiden dapat mempermudah dalam melakukan klaim asuransi berhubungan dengan berhak atau tidaknya mendapat pertanggungan. Jika memang berhak tentunya untuk proses menjadi lebih cepat.

3. Dashcam ada yang mempunyai fitur dual kamera. Jadi selain menghadap ke arah depan juga menghadap ke belakang. Kamera ini sangat bermanfaat tentunya untuk taksi online karena bisa mengetahui situasi di dalam kendaraan apakah ada yang mencurigakan atau tidak. Jika ada tindak kriminal maka bisa menjadi alat bukti.

4. Memasang dashcam di belakang mobil juga dapat dilakukan. Sebenarnya hal ini sangat disarankan karena kejadian tidak terduga bisa terjadi seperti ditabrak dari arah belakang. Dengan adanya kamera menghadap belakang bisa diketahui kenapa mobil di belakang sampai menabrak, apakah kehilangan fokus atau karena bermain ponsel. Yang pasti jika pengendara di belakang yang salam tidak akan bisa mengelak karena ada rekaman kejadian yang sebenarnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan dashcam yang ditempelkan pada kaca mobi

Rekaman dashcam dapat jadi bukti saat ada kecelakaan dan untuk klaim asuransi

Demikianlah beberapa informasi mengenai fungsi memasang dashcam pada mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca