Kelebihan Serta Kekurangan Wiper Frameless Dan Konvensional Pada Mobil

30/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Wiper menjadi salah satu komponen pada mobil yang tergolong cukup penting. Adapun fungsinya adalah untuk membersihkan kaca mobil dari noda dan juga guyuran air hujan. Dengan adanya komponen ini maka visibilitas pengemudi mobil tetap terjaga. Di pasaran terdapat 2 jenis yakni wiper konvensional dan frameless.

Untuk pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi berkaitan dengan kelebihan serta kekurangan wiper konvensional dan frameless. Dengan mengetahuinya, saat Sobat membeli wiper tidak kebingungan bila dihadapkan dengan 2 jenis wiper tersebut. Jadi terbaginya kedua jenis wiper tersebut dilihat dari segi konstruksi.

Gambar ini menunjukkan 2 buah wiper yang satu frameless dan satunya lagi konvensional

Wiper mempunyai fungsi cukup penting terutama saat musim penghujan

>>>  Baca Juga, Jangan Asal, Berikut Tips Mudah Memilih Wiper Mobil Yang Sesuai Kendaraan!

1. Wiper Frameless

Untuk model wiper satu ini tidak memakai rangka atau yang dikenal dengan besi penyangga. Adapun kelebihan dari wiper frameless adalah kemampuan yang dimiliki ketika menyapu air lebih cepat. Hal tersebut dikarenakan bobotnya yang tergolong ringan karena tidak memakai penyangga. Adapun kelebihan lainnya adalah tidak adanya frame yang diberikan, hal ini disebutkan oleh Cahyadi Putra selaku penggawa gerai aksesoris Graha Mobilindo yang lokasinya di daerah Kalimalang, Jakarta Timur.

 “Karena tidak ada frame, maka wiper frameless tidak akan berkarat dan tampilan mobil pun akan lebih simple,” ujarnya.

Meskipun tampak begitu modern tapi soal kekurangan tentu juga ada. Jadi tidak adanya kerangka besi ada anggapan mengenai kinerjanya yang kurang begitu baik dibandingkan dengan wiper konvensional. Seiring pemakaian untuk wiper jenis ini dalam kinerjanya kurang begitu optimal karena yang kuat menekan kaca hanya berada di bagian tengahnya saja. Sehingga dalam menyerap air akan mengalami penurunan dan tidak tuntas.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan wiper mobil jenis frameless

Wiper frameless tidak menggunakan penyangga besi

Untuk mendapatkannya tentu perlu mengeluarkan dana yang lebih. Hal tersebut dikarenakan, untuk wiper frameless harganya kisaran Rp. 100 ribu sampai Rp. 300 ribu. Sementara untuk wiper konvensional hanya membutuhkan dana mulai Rp. 5 ribu sampai Rp. 150 ribu.

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

2. Wiper Konvensional

Selanjutnya berkaitan dengan wiper konvensional dan framelesskita teruskan mengenai jenis konvensional. Adapun kelebihan dari wiper konvensional adalah masih memakai frame atau besi sehingga tekanan terhadap kaca menjadi terjaga berkat konstruksi yang dimiliki. Hasilnya dalam proses penyapuan kaca mobil menjadi lebih merata pada seluruh bagian bilah wiper dalam jangka yang lama. Dari segi harga juga lebih murah seperti yang telah disebutkan di atas. 

Selanjutnya untuk wiper konvensional ini juga mempunyai kekurangan. Adapun kelemahan yang dimiliki adalah pemilik perlu memberi perhatian lebih terhadap bilah wiper dalam proses pengeringan setelah melakukan pencucian kendaraan. Untuk tujuannya adalah supaya tidak membuat besi timbul karat yang dapat menjadikan tampilan kurang begitu menarik dan mengganggu kinerjanya. Tidak hanya itu, pada bagian karet wiper juga perlu perhatian dan menjaga supaya tidak terkoyak atau rusak.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan wiper mobil jenis konvensional

Wiper konvensional dapat menyapu kaca lebih merata

Dalam hal ini perlu benar-benar diperhatikan, karena saat mengalami kerusakan pada karet wiper bisa beresiko terjadinya gesekan antara kaca dan besi sehingga beresiko menimbulkan baret. Jika sudah muncul baret maka dapat mengganggu visibilitas pengendara terhadap jalanan.

Demikian informasi mengenai wiper konvensional dan frameless. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca