Kelebihan dan kekurangannya Honda CRV di indonesia

SUV kreasi Honda ini menawarkan berbagai pesona untuk memikat para konsumen. Jika tertarik cermati dahulu segenap nilai positif dan negatifnya Honda CRV yang perlu Anda ketahui

Di Indonesia, segmen pasar SUV menjadi segmen pasar kedua setelah MPV yang mendominasi pasar otomotif tanah air. Tidak lain karena SUV menawarkan berbagai nilai jual unggulan khas MPV seperti utilitas dan serba guna. Selain itu, SUV memiliki kemampuan jelajah yang lebih optimal. Berbedal ground clearance yang relatif lebih tinggi, SUV jelas lebih leluasa menjelajah berbagai macam kondisi jalan alias lebih bebas kendala.

Salah satu pemain besar dalam segmen pasar yang cukup disegani sejak lama adalah Honda dengan produk CR-V. Bukan hanya menjadi salah satu pelopor dalam segmen pasar SUV crossover di Indonesia, Honda CRV juga boleh disebut sukses menciptakan acuan bagi merek lain untuk mengembangkan produk sekelas. Tidak heran kalau Honda CRV memiliki penggemar tersendiri di pasar otomotif Indonesia.  

Kelebihan dan kekurangannya Honda CRV di indonesia

Honda CR-V, kini sudah memasuki generasi ke-lima yang beredar mulai tahun 2017

I. Sekilas Honda CRV

Sejarah Honda CR-V (Comfortable Runabout Vehicle) di Indonesia memiliki riwayat perjalanan yang cukup panjang. SUV tangguh dan nyaman ini sudah beredar di Indonesia sejak tahun 2000 dan menjadi generasi pertama di Indonesia. Menurut PT Honda Prospect Motor (HPM), penjualan Honda CRV mencapai angka 200.000 unit lebih hingga sekarang.

Secara total, Honda CR-V sudah mempunyai lima generasi sejak beredar tahun 2000. Generasi pertama (RD-1) beredar 2000-2002. Lalu generasi kedua (RD4) dipasarkan 2002-2007. Generasi ketiga (RE) masuk pasar tahun 2007-2012). Generasi keempat (RM/RE) meramaikan pasar Indonesia pada tahun 2012-2017. Dan generasi kelima (RW) diluncurkan tahun 2017.   

II. Kelebihan Honda CRV

1. Dua Pilihan Mesin CRV

Honda CR-V tersedia dengan dua pilihan mesin; 1,5 liter turbo dan 2,0 liter NA. Dengan demikian menjadi nilai jual tersendiri dibanding para rivalnya. Kini semua varian Honda CR-V menganut transmisi CVT dengan Earth Dream Technology yang lebih efisien dan halus.

2. Desain Menawan

Tampilan eksterior terkesan gagah dan minimalis melalui desain grille yang menyambung dengan lampu utamanya. Tidak lupa aura dinamis dan sporty serta maskulin yang selama ini menjadi khas setiap produk Honda yang disesuaikan dengan trend kekinian.

3. Performa mesin

Secara teknis, mesin 1.5L turbo didukung tenaga 187 hp dan torsi 240 Nm. Sedangkan mesin 2,0 liter menghasilkan 152 hp dan torsi 189 Nm. Dibandingkan para rivalnya, tentu saja mesin 1,5 liter turbo menjadi ujung tombak andalan Honda CR-V untuk mengalahkan para rivalnya.  

4. Kabin Lapang dan Mewah

Ruang penumpang Honda CR-V generasi terbaru tampil dengan kesan mewah melalui panel kayu. Selain itu, bodi besar berbanding lurus dengan interior yang lapang dan nyaman untuk menampung 5 orang penumpang (varian 1,5 liter) dan 7 orang penumpang (2,0 liter).

5. Kelengkapan Fitur

Untuk fitur keselamatan tersedia fitur Brake Hold, Vehicle Stability Assist (VSA), dan Hill Start Assist (HSA). Tidak lupa 6 Airbag, lalu Isofix, Brake Override System, alarm system, auto lock door (speed), dan immobilizer.

6. Suspensi Mantap

Sudah menjadi ciri khas Honda selalu mempunyai suspensi yang mantap, andal dan mumpuni. Paduan MacPherson strut di bagian depan dan Multi-Link di bagian belakang. Kedua suspensi tersebut mampu menjaga kestabilan dengan sangat baik sehingga tidak masalah untuk menghadapi jalan bergelombang sekalipun.

Kelebihan dan kekurangannya Honda CRV

Honda CR-V (RD1) generasi pertama masuk Indonesia pada tahun 2000

III. Kekurangan Honda CR-V

1. Harga Relatif Mahal

Dibanding para rival sekelas, harga Honda CR-V relatif lebih mahal. Sebagai contoh, Mazda CX-5 dan Nissan X-Trail yang selama ini menjadi pesaing ketat, dipasarkan dengan harga lebih murah daripada CRV  

2. Kelincahan Manuver

Dengan ukuran bodi yang lebih besar, memang menjamin kabin menjadi lebih lapang dan nyaman. Tetapi hal itu berimbas kepada kemampuan manuver dalam artian kurang gesit jika bergerak di jalan yang relatif sempit.

3. Tidak Ada Transmisi Manual

Kini semua Honda CR-V dilengkapi dengan transmisi CVT yang diklaim lebih efisien dan halus. Dengan demikian, tidak ada pilihan transmisi manual yang selama ini menjadi idaman bagi pengemudi dengan karakter mengemudi agresif.

4. Driving Mode Terbatas

Untuk SUV dengan kelas harga Rp 500-an juta, Honda CR-V generasi kelima ini tidak dilengkapi fitur pilihan driving yang lengkap, seperti eco, sport, dan normal. Yang ada hanya fitur ECON driving.

5. Kaki-kaki

Suspensi Honda terkenal memiliki karakter mantap dan stabil. Namun jika sudah waktunya diremajakan, siapkan dana yang sesuai karena memang harganya setara dengan performanya.

IV. Kesimpulan

Setelah menilik kelebihan dan kekurangan yang melekat pada Honda CR-V, keputusan akhir berada di tangan konsumen untuk menentukan apakah SUV ini layak dimiliki atau tidak.

V. Spesifikasi Honda CR-V (2022)

Dimensi CRV 2022

Panjang x Lebar x Tinggi

4.623 mm x 1.855 mm x 1.679-1.689 mm

Jarak Sumbu Roda

2.660 mm

Ground Clearance

198 mm

Mesin CRV 2022

Tipe Mesin

L15BE, I-4, DOHC 16 katup VTEC, turbo

R20A, I-4, SOHC 16 katup, i-VTEC

Tenaga Maksimal/rpm

193 PS / 5.600 rpm (1,5 liter)

154 PS / 6.500 rpm (2,0 liter)

Torsi Maksimal/rpm

243 Nm / 2.000-5.000 rpm (1,5 liter)

189 Nm / 4.300 rpm (2,0 liter)

Transmisi

CVT

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling CRV 2022

Suspensi Depan

MacPherson Strut

Suspensi Belakang

Multi Link

Rem Depan

Cakram ventilasi

Rem Belakang

Cakram solid

Ukuran Ban

235/65 R17 & 235/60 R18

 

FAQ umum

1. Siapa Rival Honda CR-V?

Kompetitor yang langsung berhadapan dengan Honda CR-V antara lain Mazda CX-5, MG HS, Nissan X-Trail

2. Bisakah Honda CR-V menggunakan bensin jenis Pertalite?

Dibolehkan namun tidak direkomendasikan untuk pemakaian kontinyu. Maksudnya, dibolehkan memakai Pertalite untuk kondisi tertentu dan mendesak. Jika ada SPBU lain yang menyediakan bahan bakar dengan RON sesuai spesifikasi, segera gunakan bensin tersebut.  

3. Mengapa harga dan pajak Honda CR-V mahal?

Harga dan pajak Honda CR-V tergolong mahal karena disesuaikan dengan berbagai faktor seperti kategori (jenis) kendaraan, kapasitas mesin dan nilai teknologi. Sebagai gambaran, pajak Honda CR-V berkisar Rp 1,8 jutaan hingga Rp 8 jutaan.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International