Kelebihan Dan Kekurangan Tempat Cuci Mobil Manual

Salah satu perawatan mobil yang cukup dianjurkan adalah mencuci mobil. Dalam hal ini dapat dilakukan sendiri atau membawa ke salon mobil. Tempat pencucian mobil terdapat dua jenis yakni otomatis dan manual. Pada pembahasan kali ini kami akan memberikan informasi mengenai tempat cuci mobil manual.

Sedikit penjelasan, tempat pencucian mobil otomatis proses pencuciannya menggunakan alat dan pengemudi tidak perlu keluar dan waktunya cepat. Sementara tempat pencucian mobil manual terbilang lebih lama dan dikerjakan oleh 2 sampai 3 orang teknisi dalam proses pembersihan mobil.

Gambar ini menunjukkan seseorang mencuci kolong mobil warna putih

Tempat mencuci mobil manual bisa lebih detail dalam pembersihan

>>> Baca Juga, Mengapa Harus Cuci Mobil Setelah Terkena Air Hujan, Ini Penjelasannya!

1. Kelebihan Tempat Cuci Mobil Manual

Berbeda dengan yang otomatis, untuk tempat cuci mobil manual mengandalkan teknisi untuk prosesnya. Umumnya akan dikerjakan 2 sampai 3 orang teknisi dan bila banyak konsumen biasanya satu mobil akan dikerjakan 1 orang teknisi saja.

Dengan proses pengerjaan yang dilakukan manual maka untuk kebersihan tentu lebih detail. Alhasil pembersihan bisa mendapatkan hasil yang lebih maksimal dibandingkan dengan yang memakai alat untuk proses pembersihan. Bahkan pemilik mobil dapat request pada beberapa bagian pada kendaraan yang ingin dicuci seperti ban cadangan ataupun ruang mesin mobil. Tidak hanya itu saja, saat proses pencucian Sobat bisa ngopi terlebih dahulu atau sambil menunggu di tempat yang telah disediakan. Bila berada di tempat cuci mobil yang besar biasanya tempat tunggunya juga nyaman.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil sedang dicuci mobil

Pengerjaan bisa dilakukan lebih 1 orang

>>> Baca Juga, Mencuci Kolong Mobil, Jangan Lupa Cek Bagian Ini!

2. Kekurangan Tempat Cuci Mobil Manual

Setelah membahas kelebihan dari tempat cuci mobil manual, tentunya perlu dibahas juga kekurangannya. Adapun salah satu kekurangannya adalah waktu yang dibutuhkan untuk membersihkan kendaraan lebih lama. Bahkan kalau tempat cucinya professional dan hasilnya memuaskan bisa antri beberapa orang. Sobat tidak bisa langsung menyerobot meskipun sedang terburu-buru.

Kekurangan selanjutnya adalah waktu membawa ke tempat pencucian mobil harus menyediakan waktu luang. Karena selain menunggu proses pencucian juga akan lebih lama saat harus antre. Memang dari segi biaya memang lebih murah dibandingkan tempat mencuci mobil otomatis yang mengandalkan alat otomatis. Namun bagi Sobat yang tidak memiliki banyak waktu luang karena kesibukan pekerjaan atau lainnya dan ingin mencuci mobil dengan rutin, tempat mencuci mobil manual terbilang kurang tepat.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan  beberapa mobil antri untuk cuci mobil

Di tempat cuci manual profesional bisa antri beberapa mobil

Meskipun begitu tetap ada solusi mengatasi masalah tersebut, yaitu dengan membawa mobil ke tempat cucian mobil manual dan ditinggal. Hal tersebut dapat dilakukan jika aktifitas di hari itu hanya sebentar saja dan masih dalam waktu salon mobil buka. Bisa juga dengan menyuruh orang kepercayaan untuk membawa mobil ke tempat cuci mobil manual dan menunggunya sampai selesai. Hanya saja biasanya akan ada tambahan biaya untuk orang yang menunggu, entah uang rokok atau buat beli minum.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

FAQ umum

1. Berapa biaya cuci mobil?

  • Biaya cuci mobil manual mulai dari Rp20 - Rp50 ribu;
  • Biaya cuci mobil hidrolik dari Rp35 - Rp60 ribu;
  • Biaya cuci mobil otomatis dari Rp25 - Rp80 ribu.

*Biaya cuci mobil di berbagai kota di Indonesia

2. Kapan mobil harus di cuci?

Tergantung pada kondisi cuaca, Anda harus di cuci mobil 1-2 kali dalam seminggu jika Anda sering mobil secara rutin

3. Apa manfaat mencuci mobil?

Manfaat mencuci mobil secara rutin:

  • Kaca mobil kamu tidak akan mengalami masalah seperti kotoran membandel yang menempel, jamur,..
  • Visibilitas kaca mobil tetap terjaga
  • Keselamatan kamu juga lebih terjaga

4. Cuci steam mobil berapa?

Biaya cuci steam mobil mulai dari Rp20 - 50 rb.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ini Lho Plat Nomor Banten
    Ini Lho Plat Nomor Banten Anto Tips & trik mobil

    Sebenarnya, plat nomor kendaraan bermotor dapat menjadi salah satu acuan tepat untuk mengetahui lokasi kita saat berada di satu daerah. Supaya tidak bingung, perhatikan dengan cermat plat nomor kendaraan bermotor tersebut.

  • Inilah Plat Nomor Aceh
    Inilah Plat Nomor Aceh Anto Tips & trik mobil

    Plat nomor Aceh menjadi petunjuk identitas khas provinsi dengan julukan serambi Mekkah. Termasuk bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Aceh adalah panduan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi provinsi di ujung utara pulau Sumatra.

  • Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya
    Pilihan Aki Mobil Avanza dan Cara Menggantinya Fat Tips & trik mobil

    Aki mobil Avanza paling recommended memang Toyota Genuine Parts. Meski demikian, ada pilihan lain yang tak kalah bagusnya dengan parts original tersebut.

Harga mobil terbaru

International