Kelebihan dan Kekurangan Mobil dengan Penggerak Roda Depan

02/04/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Mobil merupakan salah satu kendaraan yang diminati oleh masyarakat Indonesia. Terdapat 3 sistem powertrain pada suatu kendaraan yakni FWD (penggerak roda depan), RWD (penggerak roda belakang) dan AWD (penggerak 4 roda). Jadi 3 sistem di atas memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Namun kali ini kami hanya akan membahas kelebihan dan kekurangan Mobil dengan penggerak roda depan.

Beberapa Mobil memang disesuaikan dengan kegunaannya dan apa aktifitas yang dilakukan. Seperti misalnya untuk para pelaku usaha menggunakan Mobil pick up, untuk keluarga Mobil MPV dan untuk touring atau melintasi segala medan menggunakan Mobil jenis SUV. Sementara itu, Mobil dengan penggerak roda depan biasanya untuk Mobil dengan kapasitas kecil. Namun ternyata tidak begitu, karena ada pula Mobil keluarga yang menggunakan sistem ini seperti Honda Mobilio.

Lantas apa sih kelebihan dan kekurangan Mobil dengan penggerak roda depan. Simak ulasannya di bawah ini.

- Untuk kelebihan yang pertama adalah biaya produksi yang tergolong rendah. Hal tersebut dikarenakan suku cadang yang terdapat pada Mobil dengan sistem penggerak FWD relatif sedikit. Selain itu pemasangannya juga cukup mudah sehingga biayanya juga tidak tinggi.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil warna silver sedang melaju di jalanan basah yang membelok kekiri

Tiap Mobil dengan powertrain berbeda memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing

- Dengan mengandalkan produksinya dengan biaya yang rendah, menjadikan harga yang ditawarkan juga sangat terjangkau. Dengan begitu maka untuk masyarakat kelas menengah bisa mendapatkan kendaraan impiannya dengan lebih cepat.

- Handling pada Mobil dengan penggerak roda depan lebih mantap jika dibandingkan dengan Mobil yang menggunakan sistem penggerak roda depan.

>>> Mungkin tertarik, Hal yang membuat Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan

- Saat melintasi jalanan yang licin, traksi yang dimiliki lebih baik. Hal ini dikarenakan sistem penggeraknya yang menggunakan roda depan.

- Lebih irit bahan bakar karena berat yang dimiliki lebih ringan. Hal ini dikarenakan poros gardan yang fungsinya sebagai penyalur tenaga mengarah ke belakang sehingga sangat efektif.

Berbicara masalah kelebihan, tentunya kurang adil jika tidak disertai kekurangannya. Nah, simak di bawah ini tentang kelemahan sistem penggerak roda depan.

Gambar ini menunjuukkan beberapa komponen mobil dengan penggerak roda depan dan juga kendaraan terlihat transparant

Mobil dengan sistem penggerak roda depan kurang bertenaga saat di tanjakan

>>> Klik di sini untuk mengeupdate informasi harga Mobil terbaru

- Mobil dengan penggerak roda depan sangat rentan terkena kerusakan terutama pada sistem penggeraknya. Hal tersebut dikarenakan tenaga pendorong dan juga penggerak terpaku pada roda depan saja. Jadi kinerjanya begitu berat, sangat berbeda dengan penggerak roda belakang yang memberikan roda depan satu tugas yaitu menggerakkan Mobil ke kanan atau ke kiri.

- Dengan penggerak roda di bagian depan menjadikan Mobil akan lebih cenderung bergerak ke kanan dan ke kiri. Hal tersebut biasanya terjadi ketika sedang melakukan akselerasi yang tinggi.

- Saat berada di tanjakan, Mobil terasa kurang tenaga. Tidak seperti Mobil tipe RWD yang lebih lancar ketika melaju di jalan menanjak.

- Pada saat melakukan pengereman, Mobil dengan sistem penggerak FWD akan rentan terjadi selip. Hal tersebut karena ban depan selain menggerakkan Mobil juga sebagai penahan berat kendaraan.

- Saat Mobil diisi penuh oleh penumpang, maka akan susah dikendalikan. Apalagi saat dalam kecepatan tinggi, membutuhkan kewaspadaan yang lebih supaya dapat stabil.

Gambar ini menunjukkan komponen daro mobil penggerak roda depan

Mobil dengan penggerak roda depan akan lebih irit BBM

Setelah melihat kelebihan dan kekurangan sistem penggerak roda depan, tinggal bagaimana menurut Anda. Jika ingin membeli Mobil jenis ini maka harus siap dengan kelebihan serta kelemahannya. Jangan sampai Anda mengeluh akan kekurangan yang dimiliki, namun cobalah untuk mengatasinya dengan tenang sehingga Mobil dapat nyaman ketika dikendarai.

Demikianlah informasi tentang kelebihan dan kekurangan Mobil dengan penggerak roda depan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International