Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

23/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

Mobil menjadi salah satu tunggangan yang diinginkan banyak orang. Selain karena kenyamanan yang ditawarkan juga bisa digunakan untuk bepergian ke suatu tempat yang diinginkan. Untuk membeli mobil ini memang harganya cukup mahal, namun sobat bisa memilikinya dengan membelinya dalam kondisi bekas yang harganya lebih terjangkau. Namun bagaimana dengan membeli mobil bekas over kredit?

Berbicara masalah membeli mobil bekas over kredit, tentunya terdapat keuntungan dan kerugiannya. Tidak ada yang sempurna, jadi perlu pertimbangan juga. Apabila penasaran, alangkah baiknya memperhatikan untung ruginya yang kami jelaskan di bawah ini.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang penyerahan kunci mobil di samping mobil warna kuning

Membeli mobil over kredit harganya lebih relatif murah

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lengkap mobil semua merk

Keuntungan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

1. Kondisi Masih Baru

Mobil over kredit umumnya masih dalam kondisi baru, hal tersebut dikarenakan pembeliannya baru saja dilakukan dan masih dalam masa kredit. Bahkan bisa dipastikan bahwa mesin mobil juga masih baru, dengan catatan pemilik sebelumnya tidak mengganti mesinnya.

2. Harga Relatif Lebih Murah

Harga yang lebih murah memang menjadi salah satu alasan bagi para pencari mobil over kredit. Memang harganya berbeda dengan kondisi baru atau harga pasarannya, karena umumnya pemilik menjualnya disebabkan oleh kondisi sulit dalam hal keuangan. Jadi bernegosiasi lah dengan penjual untuk masalah harga yang cocok. Sehingga tidak ada yang merasa dirugikan.

3. Garansi Mobil Masih Diberlakukan

Membeli mobil bekas over kredit umumnya masih memiliki garansi. Hal tersebut karena usia mobil yang masih muda sehingga sobat tidak perlu khawatir saat mengalami kerusakan. Tinggal mendatangi diler atau bengkel resmi saja dan mengutarakan keluhan yang dirasakan pada kendaraan.

>>> Baca Juga, Tips Menjual Mobil Dalam Masa Kredit Dengan Sistem Beli Putus

Gambar ini menunjukkan 2 orang sedang membuka pintu belakang mobil

Mobil over kredit biasanya masih memiliki garansi

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas? Dapatkan Berbagai Listing Dari Cintamobil.com

4. Memanfaatkan Premi Murah Asuransi

Asuransi pada mobil bekas berbeda dengan mobil baru. Tentunya dari segi harga lebih murah, umumnya premi asuransi pada mobil yang mempunyai usia lebih dari 5 tahun lebih mahal. Sementara untuk mobil over kredit memiliki usia masih muda sehingga nilai premi asuransinya lebih rendah.

5. Tenor Lebih Pendek

Ketika melakukan pembelian mobil over kredit umumnya sudah dibayarkan beberapa kali untuk angsuran bulanannya. Jadi sobat hanya perlu meneruskannya saja untuk bisa lunas 100%. Sebagai contoh pemilik sebelumnya mengambil kredit mobil dengan jangka 60 bulan dan telah dibayar sebanyak 25 bulan. Maka sobat hanya perlu melanjutkan 35 bulan setoran saja.

Apalagi tidak semua orang bisa kredit mobil baru, karena ada persyaratan yang diberlakukan dan juga survei. Namun berbeda dengan mobil over kredit karena tidak perlu survei seperti layaknya beli baru.

Disamping kelebihan yang ditawarkan, tentunya ada kelemahan yang didapat oleh pembeli.

>>> Baca Juga, Mengetahui Kekurangan Dan Keuntungan Membeli Mobil Secara Kredit

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang memegang sebuah mobil warna putih

Mobil over kredit usianya masih muda dan tergolong masih baru

Kelemahan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

1. Perlu Mengetahui Tentang Mesin Kendaraan

Seperti yang telah diketahui banyak orang, bahwa mobil over kredit usianya masih muda dan mesinnya juga kondisinya masih baru. Akan tetapi dengan begitu sobat tidak melakukan pengecekan secara menyeluruh pada kondisi mesin mobil. Ditambah lagi saat pemilik sebelumnya tidak merawat mobilnya dengan baik, bukan tidak mungkin mesin mobil mengalami masalah.

Oleh sebab itu pengecekan secara menyeluruh sangatlah diperlukan. Jika memang tidak bisa dapat mengajak teman atau saudara yang mengerti tentang permesinan sehingga bisa melakukan pengecekan.

2. Banyak Pihak Ikut Terlibat

Ketika berniat membeli mobil bekas over kredit perlu melibatkan banyak pihak sebagai saksi. Karena semua proses yang dilakukan juga perlu disesuaikan dengan prosedur hukum. Tujuannya agar tidak terjadi masalah di kemudian hari. Jadi ketika telah disepakati harga dan hal lainnya maka perlu memberitahukannya pada pihak leasing atau multifinance. Jika tidak maka di kemudian hari bisa saja terjadi masalah yang tidak diinginkan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International