Kekerasan Di Jalan Bisa Saja Terjadi, Hindari Jangan Emosi

Saat berkendara situasi bisa saja tidak sesuai keinginan. Kadang ada masalah pada pengendara lain yang terbilang sepele sampai masalah yang fatal sehingga bisa menimbulkan kekerasan di jalan. Seperti seorang pengendara mobil SUV yang marah-marah sampai naik ke atas kap mobil lain. Hal tersebut terjadi ketika berada di jalan Tol kota Jakarta dan itu merupakan salah satu perilaku yang negatif.

Kalau melihat perilaku tersebut memang tidak bisa dibenarkan. Karena jika dilakukan dapat menyebabkan konflik yang lebih besar diantara pengguna jalan. Oleh sebab itu sangat penting untuk bisa mengendalikan diri saat di jalan agar tidak mudah emosi agar tidak terjadi kekerasan di jalan.

Gambar ini menunjukkan 2 orang di samping mobil ingin berkelahi

Perkelahian tidak menyelesaikan masalah

>>> Baca Juga, Kematian Akibat Kecelakaan Lalu Lintas Lebih Tinggi Daripada Penyebab Lainnya

Memang kemarahan yang terjadi tentu memiliki penyebab. Selain itu rasa capek dan kondisi tubuh yang kurang fit bisa membuat seseorang cepat marah. Namun meskipun berat, pengendara diharapkan untuk bisa mengendalikan diri supaya tidak memunculkan dampak negatif yang bisa merugikan diri sendiri dan orang lain.

Sebetulnya salah satu penyebab yang sering terjadi sehingga membuat seseorang marah adalah stress. Pikiran yang sedang stress bisa membuat baper dan terbawa perasaan. Untuk menghindari masalah ini dapat dilakukan dengan cara berpikir positif dan tidur yang cukup sebelum menempuh perjalanan.

Jadi meskipun kegiatan keseharian super sibuk, namun tetap harus ada waktu yang cukup untuk beristirahat di malam hari. Dengan begitu ketika pagi hari pikiran menjadi fresh dan tubuh segar sehingga dapat beraktivitas kembali dengan lancar. Jangan sampai karena dirasa tubuh dalam kondisi fit kemudian tidak memperdulikan istirahat yang seharusnya dilakukan. Padahal dalam kondisi tersebut tubuh masih dalam kondisi yang lelah.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang memegangi kepala

mencegah stress lebih baik sebelum terjadi

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

 Jika sudah begitu maka saat terjadi kemacetan akan mudah stress dan emosi dapat langsung terpicu. Sebagai contoh saat ada pengendara lain menekan knalpot, maka bisa saja hal tersebut membuat marah. Oleh sebab itu mengatur perjalanan juga perlu dilakukan, seperti misalnya menentukan waktu perjalanan dan memperkirakan kapan terjadi kemacetan. Selain itu beristirahat sejenak selama perjalanan juga perlu untuk membuat tubuh tetap prima. Sehingga akan terhindar masalah kekerasan di jalan.

Dalam hal ini sobat bisa mengandalkan peta digital untuk mengetahui jarak, waktu tempuh dan juga jalur alternatif saat nantinya terjadi kemacetan. Bagi warga Jakarta misalnya, jalan Tol Cikampek sedang ada proyek infrastruktur yang massif, sehingga pengendara bisa melewati jalur Kali Malang sebagai jalan alternatif.

Selain hal tersebut, volume bahan bakar juga perlu diperhatikan. Alangkah baiknya mengisi full sebelum berangkat. Sobat juga bisa memanfaatkan info dari MID yang terdapat pada kendaraan untuk melakukan perhitungan kapan mengisi bensin kembali. Karena jika mengemudi dalam kondisi bahan bakar menipis maka akan timbul rasa was-was dan dapat membuat stress.

Di jaman sekarang social media dapat dimanfaatkan untuk mengetahui situasi dan juga perkembangan arus kendaraan yang nantinya akan dilewati. Dengan begitu sobat bisa sigap dan mengambil rute yang tepat sehingga terhindar dari kemacetan. Namun saat turun hujan waktu tempuh akan bertambah.

>>> Baca Juga, Empat Hal Berikut Bantu Mengurangi Stres Saat Jalanan Macet

Gambar ini menunjukkan banyak mobil di jalan dalam kondisi macet

Perhitungkan segala sesuatunya sebelum memulai perjalanan

Bagi pengendara diharapkan untuk memikirkan konsekuensi perilaku mudah marah di jalan, karena seperti yang telah diketahui bahwa melakukan perkelahian di jalan tentu akan merugikan diri sendiri dan berdampak pada pengendara lain.

Ketika terdapat pengendara lain yang melanggar aturan sebaiknya jangan langsung emosi. Apabila ingin memberi peringatan bisa memanfaatkan klakson dan juga lampu jauh namun tetap dalam porsi yang wajar.

Jangan malah ikut terpancing emosi, karena terjadinya kekerasan di jalan seperti perkelahian adalah keduanya emosi dan tidak ada yang mau mengalah. Dalam hal ini mengalah bukan berarti kalah, akan tetapi mengantisipasi agar tidak terjadi sesuatu hal yang lebih buruk. Jika terjadi keributan, berusahalah tidak ada yang melakukan kontak fisik. Lebih baik segera melapor masalah tersebut ke petugas polisi yang dekat dengan lokasi.

>>> Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International