Kegunaan Adaptor Pelek Dan Spacer Untuk Memodifikasi Mobil

20/02/2021 Abdul Tips & trik mobil

Modifikasi mobil bisa membuat tampilan mobil lebih menarik dan sesuai keinginan. Salah satu hal yang biasanya dilakukan adalah dengan melakukan perubahan pada peleknya. Ketika menginginkan penggantian pelek berbeda pada mobilnya, bisa membuat tampilan lebih sporty, tergantung desain dan ukuran peleknya. Oleh sebab itu pemilik mobil membutuhkan adaptor pelek dan spacer.

Adaptor pelek dan spacer biasanya digunakan para modifikator saat ingin melakukan penggantian pelek. Pasalnya penggantian bagian Velg mobil saja bisa membuat tampilan mobil lebih meningkat dan tampak berbeda dengan yang lain. Bahkan kepuasan bisa didapatkan dengan melakukannya. Yang terpenting, pelek aslinya disimpan sehingga nantinya bisa dilakukan pemasangan kembali.

Gambar ini menunjukkan Adaptor Pelek dan Spacer pelek mobil

Modifikasi pelek mobil banyak dilakukan oleh pemilik mobil

>>> Waspada! Membeli Velg Bekas Untuk Mobil Tidak Boleh Sembarangan

Adaptor Velg Pada Mobil

Adapun fungsi dari adapter ditujukan saat melakukan penggantian pelek yang tidak standarnya. Dalam hal ini maksud standarnya adalah terdapat perbedaan pada ukuran PCD dan juga jumlah baut pada pelek mobil. Jadi ukurannya ada perbedaan dengan pelek bawaan dari pihak pabrikan. Pada saat pelek yang dipasangkan di mobil berbeda spesifikasinya maka bisa kesulitan dalam pemasangannya.

Dengan mengandalkan adaptor velg, maka pemasangan bisa dilakukan dengan lebih mudah. Untuk contohnya adalah pelek bawaan menggunakan 4 buah baut dan pelek untuk menggantinya mempunyai 5 buah baut. Tentu kalau dipasangkan secara langsung tidak akan bisa. Oleh sebab itulah dengan menggunakan adaptor pelek bisa membuat kekurangan baut tersebut ditutupi sehingga pelek berbeda bisa dipasangkan dengan baik.

Gambar ini menunjukkan penambahan adaptor pelek mobil

Dengan adaptor pelek mobil maka sebelumnhya 4 baut bisa untuk 5 baut

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Spacer Pada Mobil

Selanjutnya untuk pembahasan Adaptor pelek dan spacer, Jika dibandingkan adaptor pelek, spacer mempunyai fungsi yang berbeda. Memang dari segi fungsinya sama-sama untuk melakukan pemasangan pelek modifikasi, namun berbeda dalam kegunaannya. Pada saat melakukan penggantian pada pelek yang dimiliki dengan besa standarnya, spacer berguna untuk pengganjalnya. Jadi dengan adanya spacer maka  ketebalan offset pada pelek mobil bisa bertambah.

Jadi terdapat beberapa jenis pelek yang mempunyai offset terlalu positif, padahal untuk keselamatan bisa berbahaya. Pada saat kelewat positif offset yang dimiliki pelek maka bisa beresiko terjadinya gesekan pada komponen di kaki-kaki seperti misalnya tie rod. Tidak sampai disitu saja, radius putar yang dimiliki juga terbatas saat offset nya tidak sesuai sehingga saat berbelok akan sulit.

>>> Mengenal PCD Pelek Mobil Agar Sesuai Dengan Kendaraan Sebelum Membeli

Namun terdapat beberapa keuntungan menggunakan spacer yang bisa dirasakan oleh pemilik kendaraan. Untuk yang pertama adalah tampilan dari ban mobil tampak menonjol. Jadi pada saat seseorang ingin mempunyai tampilan menonjol pada peleknya tapi dananya belum cukup, maka Sobat bisa mengandalkan  spacer. Namun terdapat ketentuan yang perlu diperhatikan yakni maksimalnya yaitu hanya 2 cm saja. Selain itu perlu memastikan kenormalan dari daya punter dari baut dan pelek. Yang perlu diperhatikan adalah saat menggunakan spacer diharapkan tidak menumpuknya karena saat melaju dalam kecepatan tinggi bisa berbahaya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah spacer pelek mobil

Spacer bisa juga dijadikan pengganjal agar ketebalan offset bertambah

Keuntungan yang didapat selanjutnya adalah dapat dipakai untuk mengatasi masalah pelek yang kandas. Biasanya hal ini terjadi pada model velg dengan tapak yang lebar. Ketika mobil berbelok umumnya pelek dengan model ini secara perlahan jadi kandas. Jadi untuk bagian dalam dari pelek mobil kandas menuju pada lower arm kendaraan. Yang perlu diperhatikan adalah saat untuk mengatasi masalah tersebut sebaiknya menggunakan spacer yang mempunyai ketahanan sangat baik. Jika tidak maka resikonya adalah komponen lain di kaki-kaki kendaraan bisa mengalami kerusakan.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan menganai fungsi adaptor pelek dan spacer. Semoga bermanfaat dan saat melakukan modifikasi utamakanlah kenyamanan, keamanan dan keselamatan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International