Kaget! Ini 7 Provinsi yang Paling Sepi Kendaraan di Indonesia

23/10/2017 Yogi Rachmat Febrinandi Tips & trik mobil

Dewasa ini,penggunaan kendaraan khususnya kendaraan pribadi udah menjadi kebutuhan biasa sehari-hari dalam kehidupan, terutama di daerah perkotaan. Tentu saja, semakin banyaknya orang pakai kendaran, jalanan semakin macet. Meski begitu, di Indonesia ternyata masih ada beberapa daerah yang sangat sepi kendaraan.

Dikutip dari katadata.com, Provinsi Maluku Utara merupakan wilayah dengan rata-rata jumlah kendaraan bermotor per kilometer terkecil di Indonesia. Menurut sebuah survei, daerah ini rata-rata jumlah kendaraan hanya 11 unit per satu kilometer.

Seseorang naik sepeda motor di jalan besar usng pinggirnya banyak pohon.

Jumlah kendaraan di Maluku hanya 11 unit per satu kilometer.

Di samping Maluku Utara, di Indonesia terdapat enam provinsi lain dengan rasio kepadatan kendaraan terhadap panjang jalan sangat kecil atau kurang dari 100 unit per kilometer. Dalam daftar provinsi-provinsi tersebut terdapat Kalimantan Tengah, Sumatera Barat, Gorontalo, Maluku, Nusa Tenggara Timur, dan Papua. Menurut Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, tujuh provinsi ini memiliki rasio jumlah kendaraan terendah di Indonesia.

sebuah jalan bersih ada banyak pohon di pinggirnya yang tidak ada kendaraan apa pun.

Masih banyak provinsi-provinsi yang sangat sepi kendaraan di Indonesia 

Kawasan timur Indonesia mendominasi wilayah-wilayah dengan rasio kepadatan kendaraan terkecil. Salah satu alasan menyebabkan keadaan ini yaitu provinsi-provinsi tersebut terlalu luas, lalu penduduknya juga tidak ramai  jika dibandingkan dengan kawasan Jawa atau kota-kota pusat ekonomi di Indonesia. Apalagi, bidang ekonomi di provinsi-provinsi ini juga masih berkembang secara pelan. Pemerintah terus mengupayakan peningkatan infrastruktur maupun ekonomi di wilayah ini untuk menunjang pertumbuhan ekonomi nasional.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International