Jangan Terpancing Saat Disalip Sopir Ugal-Ugalan, Tetap Berkendara Dengan Aman

26/06/2020 Abdul Tips & trik mobil

Sebagai pengguna jalan di Indonesia, kerap kali kita menemukan pengemudi yang ugal-ugalan dan tidak beraturan. Karakter yang ingin selalu menang sendiri menjadi salah satu penyebab kenapa banyak yang masih ugal-ugalan di jalanan. Padahal teknik mengemudi seperti ini cenderung ceroboh dan tidak memikirkan keselamatan sekitar sehingga berpotensi menyebabkan kecelakaan. Bagi Sobat yang disalip sopir ugal-ugalan jangan sampai terpancing untuk mengikutinya.

Umumnya pengemudi yang ugal-ugalan memiliki emosi yang kurang stabil. Mereka berkendara sering kali dengan tergesa-gesa, tak jarang menyerobot jalan milik orang lain, terkadang juga tidak segan menyerempet mobilnya ke mobil yang lain. Jadi saat disalip sopir ugal-ugalan sebaiknya jangan mengikutinya dan tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas.

Jika sudah bertemu dengan model pengemudi seperti ini, lebih baik diam dan fokus pada kendaraan yang dikemudikan. Jika dilawan, biasanya mereka akan memarahi balik. Oleh karena itu, berikut tips berkendara aman meski disalip sopir yang ugal-ugalan seperti dikutip dari berbagai sumber.

Tips Berkendara Aman, Disalip Sopir Ugal-Ugalan

1. Konsentrasi

Gambar ini menunjukkan seorang pengemudi mobil memegang setir dengan melihat map di HP

Utamakan keselamatan selama di jalan

>>> Baca juga, Beberapa Tips Mendeteksi Kerusakan Kopling Mobil Dengan Cara Sederhana

Di jalanan kamu akan menemukan orang dengan berbagai karakter mengemudi. Ada yang sangat berhati-hati sehingga membawa mobilnya terkesan pelan, ada juga yang mengemudi dengan standar mengemudi dan terakhir mengemudi dengan cara ugal-ugalan.

Untuk menghadapi ketiga karakter pengemudi tersebut kamu harus lebih meningkatkan konsentrasi agar lebih mudah memahami diantara karakter tersebut. Selalu fokus dan konsentrasi ke arah depan juga dapat membantu kamu mengemudi dengan cara aman dan meminimalisir  terjadinya kecelakaan.

2. Tentukan Jadwal Mengemudi

Rencanakan waktu mengemudi seperti waktu, jalan yang dilalui dan tempat istirahat. Jika tidak ingin kewalahan menghadapi pengemudi yang ugal-ugalan pilihlah waktu yang tepat seperti pada pagi menjelang siang, pilih juga jalan yang tidak terlalu padat lalu lintas, serta pastikan jalanan tersebut memiliki space untuk kamu istirahat sejenak.

3. Pastikan Memperhatikan Jarak Mobil

Menurut ahli, disarankan untuk menjaga jarak aman antara mobil kamu dengan mobil yang lainnya dengan minimal 3-4 meter. Dengan cara seperti ini pengemudi yang ugal-ugalan tidak akan mudah menyerempet mobil yang kamu kemudikan dan tidak lama kemudian jarak pandang terhadap pengemudi seperti ini segera menghilang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan pengemudi mobil di depan ada kendaraan lain

Perhatikan jarak kendaraan dan jangan terlalu dekat dengan mobil yang melaju sembarangan

>>> Baca Juga, Beberapa Potensi Bahaya Saat Belajar Mengemudi Otodidak, Perlu Diwaspadai

4. Berkendara Defensif

Jika bertemu dengan pengemudi yang ugal-ugalan, anggap saja mereka berada di zona bahaya yang rawan kecelakaan. Sehingga kamu akan lebih waspada dan otomatis konsentrasi akan meningkat.

5. Jangan Terpancing Emosi

Pengemudi yang agresif akan mudah memancing emosi kamu, namun disarankan untuk tidak melakukan teriakan yang kurang pantas atau terpancing beradu kendaraan di jalanan saat disalip sopir ugal-ugalan. Selain tidak mendapatkan apa-apa, hal yang demikian dapat menjadi penyebab kecelakaan. Hindari juga untuk memasang gestur marah dan saling kontak mata, karena bisa jadi mereka tertantang dan malah cari gara-gara dengan kamu.

6. Selalu Mematuhi Rambu Lalu Lintas

Pengemudi yang baik akan selalu mematuhi aturan-aturan dalam berkendara di jalan raya, termasuk rambu lalu lintas. Agar terhindar dari pengemudi yang ugal-ugalan fokuslah dengan rambu yang ada di jalanan, bahkan jika kamu yang melanggar bisa jadi malah kamu yang akan dicap sebagai pengemudi yang ugal-ugalan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kendaraan sedang berada di lampu lalu lintas

Jangan terpancing sopir ugal-ugalan, tetap patuhi rambu-rambu lalu lintas

7. Letakkan Benda-Benda Penting Di Tempat Yang Mudah Diingat

Konsentrasi akan redup jika kamu malah sibuk mencari barang-barang penting dalam berkendara. Barang penting yang dimaksud seperti dompet, e-toll, uang kecil untuk membayar parkir, makanan, dan lain-lain. Persiapan yang matang akan menyelamatkan kamu dari potensi ugal-ugalan di jalanan.

Itulah tips berkendara aman saat disalip sopir ugal-ugalan. Dengan membaca ini semoga pembaca lebih mengatasi kemungkinan dirinya bertemu dengan sopir yang ugal-ugalan. Semoga bermanfaat, dan yang paling penting cara di atas jangan lupa diterapkan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International