Jangan Terlena Saat Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus

05/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Di jaman sekarang sudah banyak diketahui bahwa jalan tol menjadi salah satu pilihan pengemudi mobil untuk dapat sampai tujuan. Bahkan sekarang jalan tol Trans Jawa sudah dapat dilewati. Bagi pengemudi diharapkan jangan terlena saat melintasi jalan tol lurus dan mulus.

Jalan tol relatif kondisinya sangat halus dan pengemudi bisa memacu kendaraannya dengan lebih cepat. Bahkan saat melaju pelan malah bisa mengganggu kendaraan lain. Beberapa peraturan juga perlu ditaati agar tercipta keamanan dan kenyamanan selama melintasinya. Akan tetapi kadang terdapat pengendara yang terlena saat melintasi jalan tol lurus dan mulus sehingga membuatnya memacu kendaraan dengan melebihi batas kecepatan.

Gambar ini menunjukkan gerbang tol dan beberapa kendaraan akan masuk ke dalam

Sebelum melewati jalan tol pastikan karte e-Toll ada saldonya

>>> Baca Juga, Persiapan Sopir Saat Mudik Lebaran Dengan Mobil Pribadi Juga Diperlukan

Jika seseorang bertindak begitu maka bisa beresiko terjadi kecelakaan. Apalagi saat kecelakaan dalam kecepatan tinggi bisa berakibat fatal baik bagi pengemudi itu sendiri, kendaraan atau pengendara lain yang terkena imbasnya. Oleh sebab itu sangat disarankan untuk tetap mematuhi peraturan yang telah diberikan.

Beberapa peraturan yang perlu dipatuhi saat melintasi jalan tol seperti kecepatan, umumnya akan banyak terdapat rambu-rambunya, sebagai contoh min 60 km/jam dan max 80 km/jam. Selain itu saat ingin menyalip gunakan lajur kanan dan kendaraan berat seperti bus dan truk berada di lajur kiri. Beberapa peraturan ditujukan untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi semua orang yang melintasinya.

Bagi sobat yang melintasi jalan tol lurus dan mulus diharapkan selalu fokus dan waspada. Apalagi saat musim mudik lebaran yang membuat jalan tol tidak seperti biasanya tapi sedikit ramai. Hal yang bisa dialami pengendara saat melintasi jalan tol adalah timbul rasa kantuk, memang terbilang sepele namun jika disepelekan bisa timbul bahaya.

Jadi ketika pengemudi merasa ngantuk karena jalanan yang dilewati lurus dan kondisinya sangat mulus maka segera lakukan cara yang bisa membuat fokus kembali pulih. Seperti misalnya menyalakan musik, mengobrol dengan penumpang dan hal lain yang terpenting fokus berkendara kembali dan rasa kantuk hilang.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan kondisi jalan Tol Trans jawa kondisi mulus dan lurus

Jalan tol yang lurus dan mulus bisa membuat pengemudi terlena

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Agar selamat sampai tujuan saat melintasi jalan tol dan tetap terasa nyaman, maka beberapa persiapan perlu dilakukan. Berikut ini merupakan tips dari Hargamobil.com untuk sobat yang kerap melintasi jalan tol.

  1. Memastikan kondisi audio mobil dalam keadaan baik, sehingga nantinya selama perjalanan bisa menemani pengemudi. Dengan mendengarkan lagu kesukaan dapat mengusir rasa bosan dan ngantuk selama perjalanan.
  2. Kalau bisa jangan mengemudi sendiri, dengan saudara atau teman yang selalu menemani dapat terhindar dari beberapa masalah. Sebagai contoh adalah selama perjalanan bisa mengobrol sehingga tidak akan terasa sudah sampai tujuan. Apalagi saat timbul rasa kantuk maka teman yang duduk disamping pengemudi akan menyadarkannya dan fokus terhadap jalan dapat kembali. Ditambah lagi saat teman yang diajak bisa mengemudi maka dapat bergantian dalam menyetir.
  3. Membawa cemilan dan minuman bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat. Banyak yang melakukan hal tersebut untuk menemani perjalanan terutama saat melintasi jalan tol. Memang hal tersebut terbilang cukup ampuh untuk menghilangkan kebosanan, namun jangan lupa untuk tetap fokus terhadap jalanan.

>>> Baca Juga, Menhub Berikan Tips Mudik Lewat Jalan Tol Satu Arah 263 Km

Gambar ini menunjukkan jalan tol dan terdapat beberapa kendaraan di depan

Tetap fokus meskipun sedang lewat jalan tol

Nah bagi sobat yang Melintasi Jalan Tol Lurus Dan Mulus diharapkan untuk tetap fokus dan menaati peraturan. Tujuannya adalah agar tetap aman dan nyaman serta terhindar dari hal-hal yang membahayakan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan
    Tips Mencuci Mobil Ala Profesional Dari Nissan Abdul Tips & trik mobil

    Mencuci mobil untuk hasil maksimal biasanya dibawa ke tempat cuci professional. Dalam hal ini melakukannya dapat 1 bulan sekali, karena jika seminggu sekali maka biaya pengeluaran jadi membengkak. Jika kondisi mobil sudah kotor padahal belum ada satu bulan jangan khawatir. Dari pihak Nissan memberikan tips mencuci mobil ala professional yang dapat dilakukan.

  • Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi
    Ketahui Keuntungan Mobil Standar Pabrik Sebelum Melakukan Modifikasi Abdul Tips & trik mobil

    Salah satu hal bagi pemilik kendaraan yang bisa membuat kecanduan dan terasa mengasyikkan adalah melakukan modifikasi. Hal tersebut dikarenakan mobil yang dimiliki akan mengalami perubahan akibat penambahan aksesoris ataupun perubahan bentuknya. Namun namanya modifikasi tentunya ada efek samping sebagai konsekuensinya. Namun tahukah sobat, bahwa terdapat beberapa keuntungan mobil standar pabrik jika tidak dilakukan modifikasi.

  • Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo
    Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo Abdul Tips & trik mobil

    Membawa barang bawaan memang menjadi salah satu hal yang perlu bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan agar saat sampai tujuan bisa melakukan aktivitas dengan lebih sempurna sehingga tercipta kenyamanan. Namun yang perlu diingat adalah mengatur barang di bagasi mobil tidak boleh terlalu tinggi karena berpotensi bahaya.