Jangan Sampai Melakukannya! Ini Kesalahan Kredit Mobil Bekas Yang Harus Dihindari

11/09/2018 Abdul Tips & trik mobil

Di jaman sekarang mempunyai Mobil bukan lagi sesuatu yang wow ataupun pemborosan. Hal tersebut dikarenakan banyak aktivitas atau pekerjaan yang membutuhkan kinerja dari kendaraan yang nyaman untuk menjalaninya. Bahkan untuk mendapatkannya juga semakin mudah, jika tidak bisa beli baru maka Mobil bekas pun jadi. Bagi sobat yang ingin kredit Mobil bekas, jangan sampai melakukan kesalahan yang akan dijelaskan di bawah.

Harga Mobil memang bervariasi, dari mulai harga di bawah 100 juta hingga miliaran. Nah tinggal sobat menyesuaikan budget yang dimiliki. Jika berminat Mobil dengan kelas menengah ke atas akan tetapi budget tidak mumpuni, maka sobat bisa mencoba kredit Mobil bekas yang diminati. Dengan begitu mempunyai Mobil idaman tidak hanya impian saja.

Berikut ini beberapa kesalahan yang kadang dilakukan pembeli saat melakukan kredit Mobil bekas.

1. Buta soal mesin

Gambar ini menunjukkan seorang laki-laki sedang melihat kondisi mesin Mobil

Jika tidak tahu soal mesin sebaiknya mengajak mekanik terpercaya atau teman yang paham soal mesin

Saat ingin mempunyai Mobil tentu harapannya adalah mesinnya bagus dan tidak bermasalah. Selain itu tidak perlu melakukan perawatan yang harus mengeluarkan biaya mahal karena kerusakan yang parah. Jadi ketika ingin membeli Mobil bekas bisa mengajak teman atau saudara untuk melakukan pengecekan.

2. Bernafsu ketika test drive

Gambar ini menunjukkan seorang pria memberikan kunci pada seorang wanita di dalam Mobil

Manfaatkan momen test drive dengan sebaik-baiknya

Saat menunggangi Mobil idaman yang diincar, biasanya konsumen tergesa-gesa ingin memacunya dengan cepat dan membawanya pulang. Hal ini tidak direkomendasikan ya sobat!

Jadi lebih baik dimulai dengan menyalakan mesin dan lihat kondisi knalpot apakah keluar asap hitam atau tidak. Jika dirasa aman mulailah berkendara dengan perlahan, rasakan dan dengarkan kondisi mesinnya serta periksa fitur yang di dalam Mobil. Pastikan semuanya dalam kondisi normal.

>>> Mungkin tertarik, Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan Saat Melakukan Test Drive

3. Tidak mengajak mekanik atau orang yang paham dengan mesin

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria sedang melihat mesin kendaraan

Mengajak mekanik atau teman yang paham soal mesin sangat diperlukan supaya mendapatkan Mobil bekas berkualitas

Saat menuju showroom atau orang yang menjual Mobil bekas, sebaiknya bawalah seorang mekanik terpercaya. Hal ini masih berhubungan dengan point 1, jika tidak mengerti soal mesin. Dengan mengajak seorang teman atau mekanik dapat memberikan penilaian sehingga bisa dijadikan pertimbangan untuk mendapatkan Mobil yang berkualitas.

4. Melupakan catatan servis

Gambar ini menunjukkan sebuah lembaran kertas yang berisi catatan serservis kendaraan

Melihat catatan servis dapat diketahui perawatan yang dilakukan oleh pemilik sebelumnya

Kesalahan saat kredit Mobil bekas yang sering terjadi adalah tidak melihat catatan servisnya. Dengan melihatnya dapat diketahui perawatan yang sebelumnya pernah dilakukan oleh pemilik sebelumnya. Dengan begitu akan diketahui seluk beluk masalah yang pernah terjadi, apakah pernah mengalami kerusakan parah atau tidak.

>>> Klik di sini untuk mendapatkan saran membeli Mobil terbaik

5. Tidak mengetahui sejarah Mobil

Gambar ini menunjukkan sebuah Mobil terlihat samping dan bagian depan penyok

Ketahui sejarah Mobil apakah pernah tabrakan atau terendam banjir supaya mendapat mobkas terbaik

Tidak hanya catatan servis saja, bahkan sejarah kendaraan juga perlu diketahui. Jadi pastikan Mobil belum pernah mengalami tabrakan hebat ataupun terendam banjir serta hal lain yang berpotensi menyebabkan kerusakan berkelanjutan. Untuk mengetahuinya bisa menanyakannya pada pemilik Mobil.

6. Menghitung cicilan bulanan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang memegan bolpoin sedang menulis di atas kertas

Menghitung pengeluaran bulanan beserta kredit untuk menentukan cicilan yang sesuai

Saat ingin kredit Mobil bekas jangan lupakan bahwa setiap bulan harus melakukan pembayaran dengan tertib. Jadi sebelum memutuskan meminang sebuah kendaraan sebaiknya memperhitungkan dengan baik berapa cicilan bulanannya. Pastikan tidak membebani ekonomi keluarga. Ditambah lagi jangan terlalu lama, karena setiap orang akan mempunyai rasa tenang jika tidak memiliki hutang.

>>> Baca juga, Mau Beli Mobil Bekas Rp 100 Jutaan, Ada Banyak Pilihannya!

7. Tanpa perbandingan

Namanya Mobil bekas harganya jauh lebih murah dibandingkan dengan barunya. Apalagi dengan sistem kredit, tentu mempunyai Mobil idaman bukan lagi hanya impian saja. Bahkan jangan melupakan untuk mempertimbangkannya dengan matang, supaya tidak ada kekecewaan di kemudian hari.

Gambar ini menunjukkan 2 orang pria dan 1 wanita sedang berdiri di samping Mobil

Melakukan perbandingan di beberapa tempat penjualan Mobil bekas untuk mendapatkan yang terbaik

Tidak hanya itu saja, banyak perusahaan yang menawarkan diskon atau potongan kredit Mobil bekas serta memberikan penawaran yang menarik. Jangan tergiur dulu, coba bandingkan dengan perusahaan lain dan juga melakukan perhitungan biaya DP serta cicilan tiap bulannya.

Bahkan di jaman sekarang sudah banyak Mobil bekas yang dijual dengan 2 cara yaitu online dan offline. Jadi sobat bisa melakukan perbandingan dan pengecekan harga tanpa harus mengunjungi setiap perusahaan. Pantau terus perusahaan jual beli mobkas dan bandingkan dengan perusahaan lain soal harganya, dengan begitu pasti ada kesempatan mendapatkan Mobil bekas yang istimewa.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International