Jangan Mengarahkan AC Ke Wajah, Ini Bahayanya!

04/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

AC pada Mobil berfungsi untuk memberikan kesegaran saat berada di dalam kabin Mobil. Dengan adanya fitur ini memberikan kenyamanan yang lebih saat menempuh perjalanan. Bahkan biasanya seseorang yang kadang pusing saat berkendara, hal tersebut tidak terjadi lagi. Namun tahukah Anda, bahwa mengarahkan AC ke wajah bisa menimbulkan bahaya.

Di Indonesia mempunyai iklim tropis, sehingga kinerja AC yang prima sangat dibutuhkan. Namun kadang penumpang serta pengemudi jarang memperhatikan masalah mengarahkan AC ke wajah. Yang mana hal tersebut terbilang bahaya. Tidak hanya itu, bahkan pada leher dan punggung juga bisa mempunyai resiko.

Berikut ini merupakan beberapa bahaya yang dapat ditimbulkan jika mengarahkan AC ke wajah yang dilansir dari Halosehat dan Bersosial.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang merasakan kesejukan AC di dalam mobil

Suhu AC mobil yang sejuk dapat memberikan kenyamanan selama berkendara

>>> Mungkin Tertarik, Agar Berkendara Tetap Nyaman, Kenali Gejala AC Rusak

1. Lumpuh sebelah pada wajah (Bell’s Palsy)

Jika terlalu lama AC menyembur ke bagian wajah, dapat beresiko terjadi gangguan saraf. Jadi jika terjadi terlalu lama dapat menimbulkan saraf pada wajah membengkak, dengan begitu penumpang atau pengemudi yang terkena akan terasa wajahnya lumpuh sebelah. Adapun tanda yang dirasakan adalah bagian sebelah mata terasa perih ketika mencuci muka dikarenakan  mata tidak bisa ditutup seperti biasanya.

Tanda lainnya adalah saat minum maka air akan meler dikarenakan mulut mencong. Selain itu saat bicara terasa susah atau pelo. Pada umumnya masalah tersebut terjadi pada  anak muda dan remaja, akan tetapi bisa juga orang tua dapat terkena. Untuk mengatasinya dapat memberikan antivirus, vitamin saraf dan anti inflamasi. Dengan pengobatan yang benar, maka penderita akan sembuh dalam jangka kurun waktu sekitar 1 hingga 6 minggu. Namun alangkah baiknya jika mengalaminya melakukan pemeriksaan di dokter untuk kepastiannya.]

>>> Baca juga, Mengetahui Fungsi AC Mobil Di Musim Hujan Yang Perlu Diperhatikan

2. Bahu beku (Frozen Shoulder)

Adapun akibat mengarahkan AC ke wajah selanjutnya adalah frozen shoulder. Yang mana biasanya akan terasa ketika bangun tidur di pagi hari. Pada bagian lengan terasa berat ketika akan digerakkan yang berakibat ruang gerak serasa dibatasi.

Masalah tersebut dikarenakan udara yang dingin dari AC Mobil secara terus menerus terkena tubuh bagian atas. dengan begitu sistem saraf menjadi terganggu. Jika mengalami masalah ini sebaiknya segera dilakukan pemeriksaan untuk segera dilakukan pengobatan. Jika dibiarkan saja maka beresiko tambah parah dan perlu dilakukan operasi. Umumnya untuk pengobatannya diberikan obat anti radang dan nyeri. Selain itu, terdapat terapi untuk melemaskan bahu.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan menekan tombol mengatur arah AC mobil

Ubahlah arah AC mobil jangan menuju ke wajah

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

3. Penyakit Carpal Tunnel Syndrome

Biasanya seseorang yang terkena penyakit ini akan merasakan rematik serta kesemutan. Hal tersebut dikarenakan udara dingin dari AC mobil terus menerus menuju ke bagian saraf yang terdapat pada pori-pori pergelangan tangannya. Gangguan saraf yang terjadi  bisa berakibat nyeri dan kesemutan pada tangannya, Umumnya yang kerap mengalaminya adalah ibu jari, jari tengah dan juga jari telunjuk. Biasanya sakit akan terasa ketika di malam hari ataupun saat terkena angin dari AC mobil.

4. Tengeng Pada Leher (Tortikolis)

Bahaya selanjutnya yang dapat dirasakan saat mengarahkan AC ke wajah adalah leher tengeng. Mungkin sobat  pernah mengalami peristiwa salah bantal yang menjadikan leher terasa kaku dan sulit untuk digerakkan. Umumnya gerakan yang sulit seperti menengok ke kanan atau ke kiri. Apabila dipaksakan maka akan terasa nyeri. Jadi penyakit ini bisa timbul karena saraf terus menerus terkena udara dingin. Jadi tidak hanya karena salah posisi tidur saja untuk dapat terkena gejala tersebut. Untuk pengobatannya umumnya diberi obat anti radang atau leher disuntik. Namun apabila sobat mengalaminya sebaiknya menghindari udara dingin terlebih dahulu agar cepat sembuh.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Kulit Menjadi Kering

Terjadinya masalah pada bagian kulit tidak terjadi hanya karena terkena sinar matahari saja, akan tetapi jika dalam kondisi yang terlalu dingin juga bisa menimbulkan dampak yang kurang baik pada kulit. Jadi ketika berada di dalam mobil terlalu lama dalam kondisi AC menyala terus menerus maka dapat menimbulkan tubuh menjadi kekurangan air, begitupun pada kulit. Jadi kulit juga memerlukan kandungan air agar tetap sehat.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang mengatur arah hembusan AC mobil

Arah hembusan AC mobil dapat diatur sesuai selera

6. Nafas Jadi Sesak

Adapun hal terakhir yang bisa terjadi apabila mengarahkan AC ke wajah adalah nafas jadi sesak. Hal tersebut karena udara yang keluar dari AC mempunyai sedikit kandungan oksigen. Jadi ketika AC didekatkan pada angin yang keluar dari kisi-kisi AC maka udara di area wajah menjadi buruk. Hal tersebut karena oksigen sedikit dan karbon dioksida yang justru lebih banyak. Apabila kekurangan oksigen hasilnya adalah sesak nafas yang juga bisa menjadi penyebab timbulnya penyakit asma.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International