Jangan Lupa Matikan Mesin Saat Mengisi Bahan Bakar Mobil Di SPBU, Ini Resikonya

06/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Mengisi bahan bakar mobil saat berada di SPBU perlu mematikan mesin kendaraan. Hal tersebut karena percikan api bisa dipicu oleh adanya aliran listrik statis. Jika sudah begitu maka resiko bahan bakar jadi terbakar bisa terjadi.

Kecelakaan bisa saja terjadi pada seorang pengemudi karena kelalaiannya. Seperti baru-baru ini yang terjadi, dimana seorang pengendara menderita luka bakar karena saat mengisi bahan bakar mobil di SPBU tidak mematikan mesin mobilnya. Hal tersebut terjadi di Selangor Malaysia.

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil terbakar di SPBU

Kebakaran mobil di SPBU juga beresiko buat SPBU terbakar

>>> Baca Juga, Apakah Gonta-ganti Bahan Bakar Berbahaya Bagi Mesin Kendaraan?

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Sinar Harian pada 2/9/2020. Mobil yang dikendarai oleh seseorang yang telah disebutkan adalah Audi. Akibat kecelakaan tersebut membuat pintu belakang terbakar 10% dan bagian pompa bensin 30%. Usia pengendara tersebut adalah 31 tahun dan saat kejadian pria itu tersambar api di beberapa bagian yakni tangan, kaki dan wajah. Hal tersebut terjadi saat melakukan pengisian bahan bakar karena tidak mematikan mesin.

Berkaitan dengan hal tersebut pihak Sony Susmana selaku Director Training SDCI (Safety Defensive Consultant)  menyebutkan, bahwasanya ketika melakukan pengisian bensin pada mobil atau sepeda motor sangat berbahaya jika mesin dalam kondisi menyala karena berpotensi menyebabkan kebakaran.

"Alasan mesin kendaraan harus dimatikan saat mengisi bensin karena ada aliran listrik statis. Aliran listrik ini bisa memicu muatan listrik menjadi tidak stabil di dekat selang bensin," ujarnya dikutip dari laman iNews.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan pengisian bahan bakar pada mobil

Matikan mesin saat isi bahan bakar mobil

>>> Mungkin tertarik, Pertamina Sudah Punya Pertamax Turbo, BBM Dengan Standar Emisi Euro4, Tinggal Perluas Distribusi

Dari pihak Sony kembali menambahkan, dalam sistem kelistrikan yang terdapat pada kendaraan ketika kondisinya tidak stabil maka berpotensi memunculkan percikan api. Jika hal tersebut terjadi maka akan berbahaya saat terkena uap dari bahan bakar yang berada di sekitar selang BBM. Adapun dampak terburuknya adalah bisa menjadikan mobil terbakar.

Tidak hanya soal mesin menyala saat mengisi bahan bakar mobil saja, untuk faktor lainnya yang bisa menjadi penyebab kebakaran di SPBU adalah menggunakan ponsel. Jadi ketika ponsel dipakai menelpon maka aliran listrik statis dapat muncul.

Pihak Sony juga menambahkan, untuk masalah yang paling berbahaya ketika mengisi bahan bakar di SPBU adalah ketika mobil distarter. Hal tersebut dikarenakan saat menstarter kendaraan daya listrik yang dibutuhkan lebih banyak. Oleh sebab itu saat melakukan pengisian bahan bakar sebaiknya mematikan mesin terlebih dahulu.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan beberapa larangan saat berada di SPBU

Ada beberapa larangan saat berada di SPBU dan mengisi bahan bakar

Bahkan di SPBU sudah tertempel atau ada tulisan mengenai beberapa larangan saat mengisi bahan bakar mobil. Itu bukan pajangan tapi untuk dipatuhi kepada semua pengendara yang ingin mengisi bahan bakar.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International