Jangan Konsumsi Saat Mengemudi, Berikut Makanan Yang Dapat Membuat Ngantuk

06/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Salah satu hal yang perlu benar-benar diperhatikan adalah rasa kantuk. Jangan sampai saat berkendara dalam kondisi mengantuk karena bisa menimbulkan bahaya selama perjalanan. Tapi tahukah sobat, bahwa rasa kantuk yang timbul bisa disebabkan oleh makanan yang dikonsumsi. Jadi pengemudi harus benar-benar waspada akan hal tersebut, mengetahui makanan yang dapat membuat ngantuk sangat diperlukan.

Memang tidak hanya makanan saja yang bisa menimbulkan rasa kantuk selama berkendara. Seperti misalnya saat kelelahan mengemudi karena jarak yang ditempuh cukup jauh. Sehingga pengemudi perlu untuk beristirahat supaya tubuh kembali fit dan perjalanan dapat dilakukan dengan lancar. Namun pada segmen kali ini pembahasan mengenai makanan yang dapat membuat ngantuk.

Dengan mengetahui makanan apa saja yang bikin ngantuk, diharapkan pengemudi bisa fokus selama berkendara dan terhindar dari resiko kecelakaan. Berikut beberapa makanan yang perlu diwaspadai dan kalau bisa jangan dikonsumsi saat mengemudi mobil.

1. Roti Gandum

Gambar ini menunjukkan roti gandum  dalam kondisi telah di iris iris

Roti gandum biasanya dikonsumsi oleh seseorang yang sedang diet

Makanan pertama adalah roti gandum, biasanya orang yang ingin melakukan diet disarankan untuk mengkonsumsinya. Akan tetapi jika terlalu berlebihan dapat membuat kadar gula mengalami kenaikan. Namun  kandungan glukosa yang dimiliki oleh roti gandum  bisa mengalami penurunan dengan cepat. Hasilnya seseorang yang mengkonsumsinya bisa lebih cepat ngantuk apabila dibandingkan dengan yang tidak mengkonsumsinya.

>>> Baca Juga, Wow, Ini Dia Makanan Anti Ngantuk Bagi Pengendara Yang Perlu Dibawa!

2. Oatmeal

Gambar ini menunjukkan makanan sereal yang diletakkan di mangkok merah

Oatmeal disebut juga sebagai makanan sereal

Oatmeal atau makanan sereal yang sudah dikenal bahwa bisa membuat rasa kantuk menghampiri orang yang memakannya.  Bahkan terdapat orang yang mengatakan bahwa oatmeal adalah obat tidur. Hal tersebut dikarenakan oatmeal dapat memicu produksi dari insulin yang terdapat pada tubuh manusia dan kadar gula juga ikut ditingkatkan. Tidak hanya itu saja, oatmeal memiliki kandungan melatonin yang dapat membuat tubuh seseorang yang memakannya jadi lebih tenang.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Ceri

Gambar ini menunjukkan ceri yang masih berada di pohon

Buah ceri banyak disukai banyak orang

Makanan yang dapat membuat ngantuk selanjutnya adalah ceri. Yang mana untuk makanan ini merupakan jenis buah yang memiliki warna merah agak keunguan. Dalam hal ini, jika hanya mengkonsumsi satu atau 2 buah saja tidak masalah.   Namun perlu diketahui, bahwa buah leci memiliki kandungan melatonin yang terbilang tinggi sehingga dapat membuat tubuh jadi rileks. Inilah alasan mengapa ceri menjadi salah satu makanan yang bikin ngantuk jika mengkonsumsinya berlebihan.

>>> Lihat Juga, Mengetahui Keuntungan Dan Kerugian Membawa Makanan Saat Berkendara

4. Kacang Kenari

Gambar ini menunjukkan kacang yang sudah dikelupas kulitnya

Kacang kenari bisa membuat hormon darah meningkat

Kacang kenari mempunyai rasa yang gurih dan enak, akan yang perlu diperhatikan adalah ketika makan terlalu banyak maka melatonin akan jadi berlebihan. Hasilnya hormon darah meningkat dan mengalami kenaikan sehingga bisa timbul rasa kantuk. Jika sudah begitu maka sebaiknya beristirahat dan jangan memaksakan mengemudi karena beresiko bahaya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Almond

Gambar ini menunjukkan almond yang terdapat pada mangkok warna coklat

Almond mempunyai kandungan triptofan & magnesium

Sobat bisa percaya atau tidak, bahwasanya almond dapat membuat detak jantung jadi lebih stabil. Kandungan didalamnya adalah triptofan serta magnesium yang tergolong tinggi. Kedua kandungan tersebut bisa menjadikan tubuh lebih rileks dan secara perlahan menimbulkan rasa kantuk. Sehingga saat ingin berkendara jangan mengkonsumsi makanan ini.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai makanan yang dapat membuat ngantuk. Usahakan menghindarinya saat berniat berkendara, apalagi perjalanan yang ditempuh cukup jauh. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca