Jangan Gagal Fokus, Lihat Tips Jaga Konsentrasi Saat Mengemudi Mobil

28/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat mengemudikan mobil diharapkan untuk tetap fokus dan konsentrasi. Karena jika tidak maka resiko kecelakaan dapat terjadi dan tentunya hal tersebut tidak diinginkan. Jadi terdapat beberapa hal dan kebiasaan yang dapat mengganggu konsentrasi saat mengemudi mobil.

Tidak dipungkiri, faktor penyebab konsentrasi saat mengemudi mobil terganggu semakin banyak. Namun kadang hal tersebut dari pengendaranya sendiri yang tidak memperhatikan segala sesuatunya dengan baik. Sebagai contoh adalah head unit, apabila pengemudi sering mengotak-atik selama perjalanan maka fokus terhadap jalan jadi hilang.

Melihat hal tersebut, dari pihak GEM Motoring Assist yang merupakan organisasi asal Inggris ikut memberikan beberapa perhatian. Jadi beberapa tips diberikan supaya pengemudi bisa lebih fokus selama perjalanan menggunakan mobil.

Berikut beberapa tips supaya dapat konsentrasi saat mengemudi mobil dikutip dari Motor1:

1. Tidak Bermain Smartphone

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang smartphone dibelakangnya ada kemudi mobil yang buram

Bermain smartphone saat mengemudi dapat membuat konsentrasi pengemudi berkurang

‘Tidak ada hari tanpa smartphone’ itu yang menjadi ungkapan banyak orang saat ini. Setiap hari dan waktu smartphone tidak akan ketinggalan, kalau ada waktu luang kebanyakan orang akan mengeluarkannya dan bermain sejenak sekedar untuk update status. Namun pada saat mengemudi sebaiknya menghindarinya dengan mengistirahatkan smartphone dan meletakkannya agak jauh dari Sobat. Apabila ada panggilan atau hal lain yang mengharuskan mengambil smartphone maka sebaiknya memberhentikan mobil di tepi jalan atau tempat yang aman baru buka smartphone.

>>> Baca Juga, Mengemudi Sendiri Di Malam Hari, Begini Tipsnya Agar Aman

2. Sebelum Perjalanan Lebih Baik Melihat Rute Dahulu

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang mengatur layar navigasi

Pahami rute perjalanan sebelum mengemudi agar konsentrasi tetap terjaga

Ketika akan menempuh perjalanan kadang navigasi dibutuhkan supaya dapat sampai tujuan lebih cepat dan terhindar dari kemacetan. Apalagi lokasi yang dituju belum pernah didatangi, maka dengan mengandalkan navigasi dari head unit ataupun melalui smartphone akan sangat membantu. Jika begitu sebaiknya mengatur rute perjalanan sejak awal sehingga saat mobil mulai berjalan tidak perlu mengutak-atiknya lagi. Selain itu, amati rute yang akan dilewati agar dapat mempersiapkan diri saat ada belokan yang nantinya akan dilewati. Jika ada perubahan jalur atau rute jalan maka sebaiknya berhenti sejenak dan melakukan pengaturan ulang.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

3. Mengatur Playlist Musik Sebelum Mobil Dijalankan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menunjukk layar pada head unit

Usahakan mengatur musik sebelum melakukan perjalanan

Konsentrasi saat mengemudi mobil sangat dibutuhkan agar tercipta keselamatan dan kenyamanan serta keamanan selama perjalanan. Jika Sobat suka mendengarkan music sambil mengemudi, alangkah baiknya melakukan pengaturan pada playlist musik sebelum perjalanan. Dengan begitu saat sudah di jalan maka konsentrasi tidak akan terpecah dan tetap bisa mendengarkan lagu kesukaan.

>>> Baca Juga, Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melewati Jalanan Gelap Dengan Mobil

4. Tidak Makan Sambil Mengemudi

Gambar ini menunjukkan seorang pria sedang makan sambil mengemudi

Jika ingin makan sebaiknya berhenti sejenak

Pada saat mengemudi mobil tidak boleh mencampurnya dengan aktivitas lain seperti makan siang makan malam ataupun sarapan pagi. Jika Sobat melakukannya maka tangan tidak akan 100% sigap, begitu juga mata tidak akan sepenuhnya fokus pada jalan. Ditambah lagi makanan yang dimakan bisa berpotensi meninggalkan kotoran seperti remah dan membuat interior mobil jadi kotor. Jadi pada saat menempuh perjalanan jauh sebaiknya istirahat sejenak untuk sekedar makan dan juga minum.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

5. Jaga Kondisi Tubuh Agar Tetap Segar Dan Waspada

Gambar ini menunjukkan banyak orang dan mobil sedang berhenti di rest area

Untuk beristirahat selama perjalanan jauh bisa memanfaatkan rest area

Pada saat menempuh perjalanan jauh dapat menimbulkan rasa bosan sehingga konsentrasi saat mengemudi jadi terganggu. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan melakukan istirahat setiap 2 jam atau setelah menempuh jarak 120 km. Untuk waktu istirahat 15 menit juga sudah cukup dengan minum air putih ataupun kopi dan jangan lupa sedikit berjalan-jalan kecil.

6. Membuat Penumpang Agar Sibuk Atau Memanfaatkannya

Kadang penumpang juga bisa membuat fokus berkendara jadi berkurang, terutama anak-anak. Jadi sebaiknya buat para penumpang sibuk dengan aktivitas di dalam mobil sehingga tidak mengganggu Sobat saat mengemudi. Ajak mereka bernyanyi, berdiskusi ataupun tebak-tebakan. Hal tersebut juga bisa membuat rasa bosan karena perjalanan jauh jad hilang.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips supaya dapat konsentrasi saat mengemudi mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International