Jangan Dipaksakan, Berikut Beberapa Hal Perlu Dihindari Saat Belajar Mengemudi

23/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Bisa mengemudikan mobil bukan berarti harus punya mobil sendiri. Di jaman sekarang banyak orang yang belajar dengan teman ataupun sanak saudara. Mungkin di jaman dahulu mengemudikan mobil hanya orang tertentu saja. Nah bagi sobat yang ingin melakukannya, terdapat beberapa hal perlu dihindari saat belajar mengemudi.

Sebelum belajar mengoperasikan kendaraan, alangkah baiknya untuk mengetahui bagian-bagian yang dapat membuat mobil berjalan. Dengan begitu saat eksekusi tidak kebingungan mana yang harus diinjak atau yang akan dioperasikan terlebih dahulu. Jika sudah paham, ketahui beberapa hal perlu dihindari saat belajar mengemudi.

1. Salah Mengambil Jalur

Jalanan di Indonesia kebanyakan mempunyai 2 arah, jadi sobat perlu mengetahuinya. Saat belajar mengemudi diharapkan berkonsentrasi baik saat mengoperasikan pedal, perpindahan gigi dan juga jalur yang dilewati. Tetap berada di jalur sebelah kiri dan jangan memaksakan ke kanan jika tidak ada halangan. Karena saat konsentrasi terganggu dan kendaraan terlalu ke kanan beresiko tabrakan dengan mobil dari arah yang berlawanan.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita sedang memegang kemudi mobil dengan 2 tangan

Tetap rileks saat belajar mengemudi mobil agar sesuatu yang dipelajari dapat dipraktekkan dengan baik

2. Hindari Mengantri Di Belakang Kendaraan Yang Sedang Parkir

Seperti yang kita ketahui, jalanan di perkotaan sangat padat. Biasanya saat terjadi kemacetan mobil akan mengisi spot yang kosong di depannya. Namun dalam hal ini sobat perlu berwaspada, karena bisa saja mobil di depannya sedang parkir. Hal tersebut tidak lepas dari kendaraan yang sedang parkir liar atau mogok dan bisa juga ada angkutan umum yang sedang berhenti. Mungkin bagi yang sudah mahir hal tersebut tidak masalah karena bisa kembali ke jalurnya lagi. Namun bagi yang baru belajar tentunya akan terasa agak sulit untuk bisa mengambil jalur di kanan kembali, mengingat jalanan yang sedang dilewati sedang macet.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

3. Pandangan Teralihkan Oleh Sesuatu

Berkendara menggunakan mobil harus selalu berkonsentrasi, apalagi bagi yang baru belajar. Jangan sampai tergoda dengan keadaan sekitar seperti kendaraan lain, pengemudi atau penumpang kendaraan lain dan beberapa peristiwa di luar kendaraan. Apabila konsentrasi buyar dan teralihkan maka ketika kembali lagi ke pandangan yang seharusnya akan kaget dan terlambat dalam langkah antisipasi. Tentunya hal tersebut tidak diinginkan oleh semua orang, mungkin bagi yang sudah terbiasa mengemudikan mobil akan bisa memperkirakan dengan tepat antara jarak di depan sehingga bisa menengok sebentar ke arah lain.

Gambar ini menunjukkan seorang pria dan wanita sedang berada di dalam mobil

Pendamping saat belajar mobil sangatlah dibutuhkan

>>> Lihat Juga, Penelitian Ungkap 5 Lagu Paling Berbahaya Ketika Mengemudi, dan 5 Yang Teraman

4. Mendadak Kebingungan

Beberapa hal perlu dihindari saat belajar mengemudi selanjutnya adalah mendadak bingung kanan dan kiri. Hal ini biasanya terjadi bagi pengemudi yang baru belajar akibat teralihkan saat perpindahan gigi. Oleh sebab itu sangat disarankan ketika belajar mengemudi harus didampingi oleh seseorang yang sudah mahir mengemudi.

6. Tidak Peduli Dengan Zebra cross

Zebra cross merupakan salah satu tempat untuk menyebrang jalan. Memang tempat ini dibuat agar pejalan kaki lebih tenang saat menyebrang jalan. Dalam hal ini pengemudi mobil atau kendaraan lain harus  memperhatikan dan tidak boleh mengabaikannya. Bagi yang baru belajar mengemudi jangan abaikan, turunkan kecepatan supaya saat ada yang menyebrang tidak terjadi tabrakan. Begitu juga saat berada di lampu lalu lintas, jangan memaksakan melaju saat lampu yang menyala adalah merah.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar terlengkapnya hanya di sini

7. Stress Sampai Buat kaki Lemas

Kaki terasa lemas biasanya terjadi saat panik atau sedang menghadapi kondisi tertentu. Seperti misalnya saat akan putar balik namun tidak ada jalanan yang luas untuk melakukannya. Dalam prosesnya harus maju, mundur dan belok secara perlahan supaya mobil dapat berputar balik. Hal ini wajar dilakukan saat berada di jalan yang sempit. Jadi sebaiknya tetap rileks, jika dirasa tidak bisa maka lebih baik mencari area yang lebih luas.

Gambar ini menunjukkan 2 mobil dalam film Fast and Furious

Sesuatu yang dilakukan dalam film ada yang hanya rekayasa saja

8. Hindari Mengikuti Film

Beberapa hal perlu dihindari saat belajar mengemudi yang terakhir adalah tidak meniru adegan pada film. Seperti yang kita ketahui, beberapa adegan film dibuat rekayasa hanya untuk hiburan semata. Memang ada yang benar-benar bisa dilakukan, namun dalam kondisi belajar mengemudi sebaiknya mengikuti instruksi dari teman atau saudara yang sudah handal mengemudikan mobil.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya
    Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Pada saat kita melihat mobil kadang akan tampak sebuah antena yang berpostur kecil panjang dan lentur. Namun untuk mobil sekarang sudah menggunakan beberapa model yang berbeda untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga lebih terlihat praktis. Bagi sobat yang ingin melakukan penggantian bagian ini sebaiknya mengetahui jenis antena pada mobil.

  • Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil
    Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa aksesoris yang dipasangkan dengan fungsi tersendiri. Salah satu aksesoris yang mempunyai bentuk sirip ikan adalah shark fin yang letaknya berada di bagian atap mobil. Sebagian orang kadang melihat bagian ini merupakan tambahan belaka agar tampilannya tampak lebih keren. Tapi tahukah sobat, bahwa ternyata fungsi shark fin ternyata tidak hanya itu saja.

  • Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan
    Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.