Jangan Buru-Buru, Berikut Persiapan Mudik Ala Daihatsu Yang Dapat Dilakukan

20/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Bulan Ramadhan menandakan bahwa lebaran akan segera tiba, banyak orang yang tinggal di perkotaan atau sedang merantau mempersiapkan perjalanan untuk mudik. Perjalanan yang dilakukan menuju ke kampung halaman agar bisa berkumpul dengan keluarga tercinta. Beberapa hal perlu diperhatikan, namun tenang karena berikut ini terdapat informasi tentang persiapan mudik ala Daihatsu.

Daihatsu sendiri merupakan salah satu produsen mobil ternama yang memasarkan produknya di penjuru dunia, salah satunya adalah Indonesia. Pihaknya juga tidak tinggal diam berkaitan dengan masalah lebaran tahun ini. Jadi dengan memberikan informasi persiapan mudik ala Daihatsu diharapkan dapat memberikan rasa lebih aman dan nyaman karena semuanya telah dipersiapkan.

Gambar ini menunjukkan seorang wanita dan anak-anak sedang mempersiapkan perjalanan

Tips mudik dari Daihatsu agar pemudik bisa lebih aman dan nyaman selama perjalanan

>>> Baca Juga, Waspada, Puasa Lebih Mudah Mengantuk Saat Mengemudi

Dari pihak Bambang Supriyadi selaku Head Product Improvement/ EDER Dept Technical Service Division PT Astra Daihatsu Motor mengatakan, bahwasanya terdapat 3 hal yang perlu dipersiapkan sebelum melakukan perjalanan mudik ke kampung halaman.

Hal pertama yang perlu dipersiapkan adalah pemudi atau orangnya terlebih dahulu. Artinya sebelum menempuh perjalanan mudik maka kondisi tubuh harus benar-benar dalam kondisi fit. Jangan sampai melakukan perjalanan tanpa istirahat yang cukup.

Selanjutnya yang menjadi hal kedua persiapan mudik ala Daihatsu adalah pada mobil yang akan digunakan. Dari pihak Bambang memberikan penjelasan, bahwasanya pada kendaraan yang perlu diperhatikan terdapat 5 komponen yaitu engine, steering, suspensi, ban dan kelistrikan. Kelima komponen tersebut menjadi hal yang paling krusial saat menggunakan mobil untuk menempuh perjalanan mudik.

Contohnya seperti pada bagian ban mobil, apabila sudah gundul atau telah berumur maka perlu dilakukan penggantian sebelum digunakan mudik. Sedangkan untuk mesin perlu dilakukan pengecekan, apakah terdapat kebocoran atau tidak dan ada asap yang keluar atau tidak. Karena jika terdapat asap menandakan bahwa  mesin dalam kondisi tidak sehat.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan mobil Daihatsu sedang berada di bengkel

Sebelum digunakan mudik cek kondisi mobil dan pastikan kondisinya prima

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

“Sedangkan steering dan kelistrikan hanya sekadar checking saja, bahwa ini bushingnya masih oke, oblaknya juga tidak ada. Hanya pengecekan secara visual dan function saja,” ujar Bambang saat berada di Jakarta pada hari Kamis tanggal 9 Mei 2019.

Pihaknya juga menambahkan, beberapa bagian yang juga tidak kalah pentingnya adalah dengan melakukan pemeriksaan pada bagian oli mesin, oli transmisi, air radiator, minyak rem dan juga air wiper.

Persiapan mudik ala Daihatsu yang ketiga adalah situasi. Pada saat ini memang semuanya dipermudah namun tetap perlu persiapan. Sebagai contoh saat melintasi jalan tol dari Jakarta menuju ke Weleri yang mempunyai jarak 380 kilometer, kemudian sampai Semarang bisa mencapai 450 kilometer. Dengan jarak tersebut perkiraan sampai ke tujuan adalah 4 sampai 5 jam.

“Padahal sepanjang jalan segala sesuatu bisa saja terjadi. Maka calon pemudik mesti aware mempersiapkan diri, jadi fisik dan mental siap,” tuturnya.

Jadi selama perjalanan 4 sampai 5 jam tersebut pengemudi perlu mempertimbangkan dirinya dan juga penumpang yang dibawanya. Dalam hal ini beristirahat di rest area merupakan solusi yang tepat. Seperti yang kita tahu, bahwa rest area juga tersedia di tepi jalan tol maupun jalan utama. Jadi tidak perlu khawatir untuk mencari tempat istirahat sejenak.

>>> Lihat Juga, Sambut Mudik, Hyundai Gelar Program Pemeriksaan Gratis 15 Pekerjaan

Gambar ini menunjukkan banyak mobil terjebak macet di jalan

Saat musim mudik jalanan kerap sekali mengalami kemacetan

Begitu juga saat bersama sang buah hati yang masih kecil, maka membawa mainan kesukaan menjadi salah satu solusi agar tidak bosan selama perjalanan. “Karena sekali anak rewel, maka psikis supir akan capek juga,” kata dia.

Demikianlah informasi tentang tips persiapan mudik ala Daihatsu. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca