Jangan Asal, Berikut Tips Mudah Memilih Wiper Mobil Yang Sesuai Kendaraan!

02/11/2018 Abdul Tips & trik mobil

Wiper merupakan salah satu bagian pada kendaraan dengan fungsi yang cukup penting. Untuk tugasnya sendiri adalah membersihkan kaca depan mobil dari basahnya air hujan. Saat umurnya telah habis tentu melakukan pergantian adalah satu-satunya jalan. Saat berniat membeli sebaiknya memilih wiper yang tepat, jangan sampai tergiur dengan harga yang lebih murah sehingga mendapatkan yang kurang baik.

Sebagian orang menghemat biaya sehingga memilih wiper dengan harga lebih murah namun mempunyai merek yang tidak jelas. Namun jika melakukan hal tersebut bukan berhemat namanya karena malah merepotkan diri sendiri. Dengan niat ingin hemat namun justru malah lebih boros karena harus mengganti wiper lebih sering.

Melihat fungsi wiper yang terbilang cukup penting, maka perhatikan beberapa hal berikut ini dalam memilih wiper mobil sesuai dengan kebutuhan.

1. Memperhatikan ukuran dari wiper blade

Gambar ini menunjukkan beberapa buah wiper mobil dengan ukuran dan model berbeda

Terdapat beberapa model dan ukuran wiper mobil

Pada saat membeli wiper tidak boleh sembarangan, dalam segi panjang harus sesuai dengan sebelumnya. Jadi cek dengan teliti bahwa ukuran wiper yang akan dibeli sama dengan yang akan diganti. Karena saat menggunakan wiper yang tidak pas atau ukurannya lebih pendek mempunyai resiko dapat menimbulkan kerusakan. Masalah yang terjadi pada bagian dinamo wiper ataupun beberapa mekanik pada wiper.

>>> Baca juga, Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

2. Memperhatikan kualitas karet wiper yang dimiliki

Gambar ini menunjukkan wiper mobil ditempatkan pada atas kap mobil warna putih

Karet wiper yang baik memiliki tekstur yang memiliki ketebalan rata dan teksturnya halus tapi kesat

Dalam memilih wiper juga harus memperhatikan karet yang dimiliki. Lihat pada bagian karetnya, apakah ketebalannya rata atau tidak. Selain itu perhatikan juga pada bagian tekstur yang dimiliki oleh karet wiper. Seharusnya tekstur karet tidaklah terlalu kasar, akan tetapi cukup halus namun kesat. Apabila wiper yang sobat pilih mempunyai tekstur cukup halus, kesat serta ketebalan yang dimiliki benar-benar rata, maka komponen tersebut mempunyai kualitas yang baik.

>>> Lihat juga, Tips Mudah Merawat Karet Wiper Mobil Dengan Baik

3. Perhatikan kerangka wiper

Gambar ini menunjukkan kerangka wiper dan karet wiper untuk mobil

Kerangka wiper yang bengkok karena masalah bisa mengganggu kinerjanya

Beberapa masalah dapat terjadi pada suatu barang yang akan dibeli. Kondisi tersebut tidak hanya terjadi pada barang seken saja, karena kadang ditemui barang baru namun sudah mengalami masalah. Begitupun saat membeli wiper, perhatikan dengan teliti kerangkanya, apakah bermasalah atau tidak. Meskipun kondisinya baru, bisa saja wiper yang dipilih ternyata bengkok. Bahkan kadang ada pembeli yang tidak tahu bahwa kondisinya ternyata kurang bagus atau mempunyai cacat. Oleh sebab itu ketelitian sangatlah dibutuhkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui spesifikasi lebih jelas tentang Mobil

4. Mencoba wiper

Gambar ini menunjukkan dua buah tangan memgang wiper pada mobil

Mencoba wiper dahulu saat membeli akan didapati yang benar-benar tepat

Untuk mendapatkan wiper sesuai dengan mobil yang sobat miliki, cara paling ampuh adalah dengan mencobanya langsung. Dengan begitu akan didapatkan wiper yang pas dan tidak khawatir lagi kepanjangan atau terlalu pendek. Jika tidak ingin keliru dan takut tidak sesuai bisa menggunakan cara ini yakni dengan membawa kendaraan sampai ke depan toko penjual wiper. Namun jangan lupa tetap memperhatikan kondisi kerangka, tekstur karet wiper dan juga kondisi lainnya pada wiper baru.

>>> Baca juga, Mengenal Sistem Wiper Mobil Dan Juga Fungsinya

5. Tetap teliti ketika membeli secara online

Gambar ini menunjukkan seorang perempuan sedang memegang ponsel

Saat membeli wiper secara online harus lebih detail dalam melihat deskripsi barang

Beberapa kemudahan di jaman sekarang telah dirasakan, seperti membeli wiper mobil melalui online. Jadi tinggal pegang smartphone saja lalu kirim uang dan tinggal tunggu barang sampai di rumah. Akan tetapi dengan kemudahan yang ditawarkan tentu mempunyai kekurangannya. Adapun kelemahan belanja online adalah pembeli tidak tahu kondisi barangnya sebelum sampai rumah, pembeli hanya melihat fotonya dan juga penjelasan deskripsi produk.

Untuk meminimalisir terjadinya masalah dalam memilih wiper kemudian membelinya secara online terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan.

  • Bandingkan satu produk dengan produk lainnya
  • Pastikan penjual fast respon dan ramah
  • Tanyakan garansi
  • Lihat testimoni atau rating pembeli sebelumnya terhadap penjual

Dengan memperhatikan beberapa hal tersebut diharapkan dapat menghindari penipuan ataupun kecurangan yang dilakukan oleh penjual.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International