Jalur Penyelamat Darurat Harus Dikosongkan, Ini Tujuannya

19/02/2021 Abdul Tips & trik mobil

Jalur penyelamat darurat dikenal juga dengan area emergency escape ramp berfungsi untuk meminimalisir terjadinya akibat yang lebih parah saat terjadi masalah seperti rem blong. Jadi bahaya bisa saja lebih besar ketika terjadi rem blong dan tidak ada jalur penyelamat di sekitar.

Infrastruktur jalan dibuat untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara. Bahkan pembuatannya ditujukan pula untuk menuju ke suatu daerah lebih cepat seperti pembuatan jalan tol. Dalam proses pembuatannya sudah dipikirkan dan pertimbangan dilakukan terkait faktor keselamatan. Seperti misalnya jalan yang terlalu tajam menanjak akan diatur hingga jadi lebih rendah, kemudian yang menurun tajam akan dibuat melandai. Bahkan jalur penyelamat darurat dipikirkan juga untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Gambar ini menunjukkan proses pembuatan jalur penyelamat darurat

Pembuatan jalur penyelamat darurat untuk  menyelamatkan kendaraan dan seseorang di dalam mobil saat rem blong

>>> Tips Memecahkan Kaca Mobil Saat Dalam Kondisi Darurat

Bagi Sobat yang mengemudikan mobil atau sepeda motor tentunya pernah melihat jalur buatan  yang posisinya di sebelah kiri dan buntu. Bentuknya juga dibuat menanjak dengan model bergelombang atau mirip tangga. Nah itu merupakan jalur penyelamat yang disiapkan untuk pengendara yang mengalami masalah di jalan. Biasanya jalur tersebut akan ditemukan di jalan menurun yang rawan kendaraan mengalami rem blong. Selain itu terdapat juga rambu yang menunjukkannya umumnya berupa tulisan dengan tanda panah yang memiliki ukuran besar.

Jalur penyelamat dipakai untuk membuat kendaraan dan orang didalamnya selamat saan mobil dalam kondisi berjalan dan mengalami masalah. Tujuan adanya jalur tersebut adalah supaya tidak mengalami kecelakaan yang lebih fatal lagi. Biasanya ditujukan pada kendaraan yang rem blong dan melewati jalan menurun.

Segala jenis kendaraan baik besar, kecil dan lainnya saat rem blong disarankan untuk menuju jalur penyelamat. Kalau soal penyebab kita tidak membahas dalam artikel ini, akan tetapi biasanya saat kendaraan mengalami rem blong bisa mengakibatkan kecelakaan dengan korban yang tidak sedikit, bahkan sampai terjadi kecelakaan beruntun.

Gambar ini menunjukkan sebuah truk berada di jalur penyelamat darurat

Pengendara diharapkan mengosongkan jalur penyelamat darurat

>>> Mobil Mogok Bikin Panik, Sediakan Peralatan Darurat Kendaraan Untuk Penanganan

Jalur Penyelamat Darurat Harus Dikosongkan

Meskipun terdapat jalur penyelamat, tapi peran pengendara lain juga penting dalam hal ini. Dengan begitu fungsi dan manfaatnya bisa dimaksimalkan, salah satunya adalah dengan mengosongkan area tempat untuk penyelamatan darurat. Jangan sampai dipakai untuk menempatkan barang, berjualan ataupun hanya parkir sebentar.

Kita ambil gambaran, jika ada pengemudi yang mendapati rem blong maka saat ada jalur penyelamat maka akan membelokkan dan mengarahkan kendaraan ke jalur tersebut. Jika terdapat objek lain, orang atau kendaraan lain maka proses masuknya jadi tidak mulus. Bahkan bisa juga mencoba menghindari objeknya dan membuat mobil terbalik.

Gambar ini menunjukkan rambu-rambu jalur penyelamat darurat

Ada rambu petunjuk ketika ada jalur penyelamat darurat

Tidak hanya itu saja, saat ada kendaraan mengalami rem blong peranan kendaraan lain juga penting. Seperti memberikan jalan supaya mobil yang mengalami rem blong bisa menuju jalur penyelamat darurat dengan lancar. Pacu kendaraan ke tempat aman dan menghindari jalur yang akan dilewati kendaraan dengan kondisi rem blong.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini
    Mobil Tidak Dipakai Dalam Waktu Lama, Jangan Lupa Periksa Komponen Ini Abdul Tips & trik mobil

    Mobil tidak selamanya akan digunakan terus menerus untuk mendukung aktivitas. Kadangkala kita menemui suatu kondisi yang membuat mobil berdiam di garasi rumah tanpa dipakai. Jika mengalaminya maka terdapat komponen mobil yang perlu diperiksa. Tujuannya memastikan kondisinya tetap baik dan saat digunakan kembali tidak bermasalah.

  • Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil
    Agar Lebih Hemat, Begini Tips Mengatur Uang Saat Berkendara Jarak Jauh Pakai Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mengemudikan mobil tidak hanya dalam jarak dekat saja, akan tetapi jarak jauh uga kadang dilakukan. Entah itu ingin pergi ke tempat saudara, pergi wisata atau memang ada acara tertentu. Dalam hal ini mengatur uang sangat diperlukan supaya perjalanan dapat lancar dan kebutuhan di jalan bisa tercukupi.

  • Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar?
    Benarkah AC Mobil Mati Dapat Buat Irit Bahan Bakar? Abdul Tips & trik mobil

    Saat ini AC menjadi salah satu fitur yang terbilang wajib pada mobil. Hal tersebut karena dengan adanya fitur tersebut membuat perjalanan jadi lebih nyaman. Bahkan saat seseorang kerap merasa pusing ketika naik mobil tanpa AC, dengan adanya AC beberapa orang hilang rasa pusingnya. Yang kerap diperbincangkan adalah saat AC mobil mati bisa membuat konsumsi bahan bakar menjadi lebih hemat, benarkah?

International