Jalur Penyelamat Darurat Harus Dikosongkan, Ini Tujuannya

Jalur penyelamat darurat dikenal juga dengan area emergency escape ramp berfungsi untuk meminimalisir terjadinya akibat yang lebih parah saat terjadi masalah seperti rem blong. Jadi bahaya bisa saja lebih besar ketika terjadi rem blong dan tidak ada jalur penyelamat di sekitar.

Infrastruktur jalan dibuat untuk memberikan kenyamanan kepada pengendara. Bahkan pembuatannya ditujukan pula untuk menuju ke suatu daerah lebih cepat seperti pembuatan jalan tol. Dalam proses pembuatannya sudah dipikirkan dan pertimbangan dilakukan terkait faktor keselamatan. Seperti misalnya jalan yang terlalu tajam menanjak akan diatur hingga jadi lebih rendah, kemudian yang menurun tajam akan dibuat melandai. Bahkan jalur penyelamat darurat dipikirkan juga untuk meminimalisir hal yang tidak diinginkan.

Gambar ini menunjukkan proses pembuatan jalur penyelamat darurat

Pembuatan jalur penyelamat darurat untuk  menyelamatkan kendaraan dan seseorang di dalam mobil saat rem blong

>>> Tips Memecahkan Kaca Mobil Saat Dalam Kondisi Darurat

Bagi Sobat yang mengemudikan mobil atau sepeda motor tentunya pernah melihat jalur buatan  yang posisinya di sebelah kiri dan buntu. Bentuknya juga dibuat menanjak dengan model bergelombang atau mirip tangga. Nah itu merupakan jalur penyelamat yang disiapkan untuk pengendara yang mengalami masalah di jalan. Biasanya jalur tersebut akan ditemukan di jalan menurun yang rawan kendaraan mengalami rem blong. Selain itu terdapat juga rambu yang menunjukkannya umumnya berupa tulisan dengan tanda panah yang memiliki ukuran besar.

Jalur penyelamat dipakai untuk membuat kendaraan dan orang didalamnya selamat saan mobil dalam kondisi berjalan dan mengalami masalah. Tujuan adanya jalur tersebut adalah supaya tidak mengalami kecelakaan yang lebih fatal lagi. Biasanya ditujukan pada kendaraan yang rem blong dan melewati jalan menurun.

Segala jenis kendaraan baik besar, kecil dan lainnya saat rem blong disarankan untuk menuju jalur penyelamat. Kalau soal penyebab kita tidak membahas dalam artikel ini, akan tetapi biasanya saat kendaraan mengalami rem blong bisa mengakibatkan kecelakaan dengan korban yang tidak sedikit, bahkan sampai terjadi kecelakaan beruntun.

Gambar ini menunjukkan sebuah truk berada di jalur penyelamat darurat

Pengendara diharapkan mengosongkan jalur penyelamat darurat

>>> Mobil Mogok Bikin Panik, Sediakan Peralatan Darurat Kendaraan Untuk Penanganan

Jalur Penyelamat Darurat Harus Dikosongkan

Meskipun terdapat jalur penyelamat, tapi peran pengendara lain juga penting dalam hal ini. Dengan begitu fungsi dan manfaatnya bisa dimaksimalkan, salah satunya adalah dengan mengosongkan area tempat untuk penyelamatan darurat. Jangan sampai dipakai untuk menempatkan barang, berjualan ataupun hanya parkir sebentar.

Kita ambil gambaran, jika ada pengemudi yang mendapati rem blong maka saat ada jalur penyelamat maka akan membelokkan dan mengarahkan kendaraan ke jalur tersebut. Jika terdapat objek lain, orang atau kendaraan lain maka proses masuknya jadi tidak mulus. Bahkan bisa juga mencoba menghindari objeknya dan membuat mobil terbalik.

Gambar ini menunjukkan rambu-rambu jalur penyelamat darurat

Ada rambu petunjuk ketika ada jalur penyelamat darurat

Tidak hanya itu saja, saat ada kendaraan mengalami rem blong peranan kendaraan lain juga penting. Seperti memberikan jalan supaya mobil yang mengalami rem blong bisa menuju jalur penyelamat darurat dengan lancar. Pacu kendaraan ke tempat aman dan menghindari jalur yang akan dilewati kendaraan dengan kondisi rem blong.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International