Jaga Visibilitas Berkendara, Beberapa Cairan Pembersih Jamur Di Kaca Mobil

15/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kaca pada mobil menjadi bagian kendaraan yang sangat penting. Fungsinya adalah sebagai pelindung pengemudi dan penumpang saat di dalam kabin tapi tetap bisa melihat bagian luar kendaraan. Jika bagian kaca depan mobil berjamur maka akan mengganggu visibilitas pengemudi. Oleh sebab itu lakukan pembersihan dengan menggunakan cairan pembersih jamur di kaca mobil.

Jarak pandang terhadap jalan oleh pengemudi perlu maksimal supaya pengemudian dapat dilakukan dengan baik. Alhasil kenyamanan bisa didapatkan dan mengurangi resiko terjadi masalah di jalan. Dengan begitu pembersihan secara berkala perlu dilakukan. Tapi jika sudah terdapat jamur di kaca, maka prosesnya perlu menggunakan cairan pembersih jamur di kaca mobil.

Berkaitan dengan hal tersebut seperti dilansir dari laman Auto2000. Jadi terdapat 3 bahan yang dapat digunakan untuk menghilangkan jamur pada kaca mobil, apa sajakah itu?

1. Cairan Glass Cleaner

Produk satu ini berfungsi  untuk membersihkan kaca pada mobil. Isinya berupa cairan yang kental dan juga pekat bisa dipakai untuk bersihkan dan menghasilkan kilau pada kaca. Minyak dan jamur dapat diangkat walaupun telah mengakar pada pori-pori kaca mobil.

Gambar ini menunjukkan salah satu produk Glass Cleaner untuk bersihkan kaca mobil

Pembersihan perlu dilakukan secara berkala

>>> Baca Juga, Apakah Dapat Diklaim Asuransi Jika Kaca Mobil Pecah Karena Kejahatan?

2. Cairan Pembersih Kaca Aquarium

Cairan pembersih jamur di kaca mobil selanjutnya adalah cairan pembersih kaca aquarium. Untuk bentuknya cair dan encer serta di permukaan kaca mudah untuk diratakan. Memang dari fungsi utama bukan untuk kaca mobil jadi dalam menggunakannya tidak boleh asal-asalan. Jadi ketika membersihkan kaca mobil dengan cairan ini, segera setelahnya melakukan pembilasan menggunakan air bersih. Tujuannya adalah supaya tidak mengering dan menghasilkan bercak.

Yang perlu diperhatikan adalah efek yang dihasilkan oleh cairan ini yaitu gatal-gatal pada saat terpapar pada kulit. Oleh sebab itulah ketika membersihkan jamur di kaca dengan bahan ini disarankan menggunakan pelindung diri seperti sarung tangan dan lainnya yang diperlukan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan salah satu produk pembersih kaca aquarium

Bahan ini bisa membuat kulit gatal jadi berhati-hati

>>> Baca juga, Tips Memilih Kaca Film Mobil Yang Berkualitas

3. Pasta Gigi dan Alkohol

Bahan ini mudah didapatkan karena di rumah pasti memilikinya. Untuk bisa jadi ramuan yang dapat digunakan untuk membersihkan jamur pada kaca mobil, pemilik perlu mencampurnya dengan alkohol. Namun karena memang namanya alternatif, tentunya ada perbedaan. Jadi karena penguapan yang terbilang tinggi dan cepat kering maka  proses pembersihan butuh waktu lebih lama.

Untuk alkohol memakai yang memiliki kandungan 50 sampai 90% dan pasta giginya non gel yang umumnya memakai warna putih. Apabila kaca pada mobil ada jamur dan water spot maka dapat langsung menggunakan bahan ini di tempat yang ingin dibersihkan. Caranya mudah yakni dengan membasahi kain yang lembut pakai alkohol dan gosokkan pada tempat yang ada jamur dan waterspot. Hindari alkohol terkena cat pada bodi karena beresiko merusaknya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan pasta gigi dengan warna putih

Pasta gigi sangat mudah untuk didapatkan

Jika ditemukan jamur yang sulit dihilangkan bisa diolesi dengan pasta gigi dan tunggu sampai mengering. Jika sudah bilas menggunakan air bersih sambil menggosoknya memakai kain yang lembut. Setelah itu bilas kembali sampai bersih. Tahapan terakhir adalah mengeringkan sisa air memakai kanebo atau kain microfiber. Itulah beberapa cairan pembersih jamur di kaca mobil yang dapat digunakan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International