Jadilah Penumpang Mobil Yang Baik Untuk Meningkatkan Keselamatan Di Jalan

07/09/2020 Abdul Tips & trik mobil

selama berkendara tidak hanya terdapat pengemudi saja, namun ada penumpang di dalam mobil. Terdapat peranan penting penumpang yang dapat mendukung keselamatan berkendara. Dengan menjadi penumpang mobil yang baik dapat membuat perjalanan lebih menyenangkan dan keselamatan lebih terjaga.

Menjadi penumpang mobil yang baik sangat disarankan. Peran yang dimainkan penumpang cukup penting. Karena perilaku dan sikap dapat berpengaruh terhadap pengemudi baik itu yang negatif maupun positif. Kita ambil contoh saat penumpang marah sehingga membentak atau ngomel kepada pengemudi karena ada yang dikira salah sehingga emosi kedua belah pihak terpancing.

Alhasil pengemudi pun kurang waspada dan saat ada bahaya kurang bisa mengantisipasi dengan baik karena ada penumpang yang bikin kesal. Jika sudah begitu resiko terjadi kecelakaan jadi lebih besar.

Oleh sebab itulah terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya membuat pengemudi merasa nyaman dan dapat menjadi penumpang mobil yang baik.

1. Membantu Pengemudi Melakukan Tugasnya

Untuk bantuan yang diberikan pengemudi terhadap pengemudi bisa melakukan beberapa hal seperti menjawab telepon, membantu dalam navigasi, menemani pengemudi agar selalu waspada dan bisa mengingatkan saat terdapat bahaya di depan. Dengan peranan yang aktif tugas pengemudi pun lebih ringan dan kewaspadaan tetap terjaga yang membuat keselamatan jadi meningkat.

gambar ini menunjukkan 3 orang sedang berada di dalam mobil

Penumpang juga bisa mendukung keselamatan berkendara

>>> Baca Juga, Mengapa Orang Enggan Pakai Sabuk Pengaman? Ini Alasannya

Beberapa hal kecil memang kadang bisa dilakukan oleh pengemudi, namun hal tersebut tentu perlu mengalihkan perhatian terhadap jalan meskipun hanya sesaat. Untuk contohnya adalah membuka botol air, mengambil kartu toll, mengambil uang receh untuk orang yang menyebrangkan jalan dan lainnya. Dengan bantuan yang diberikan penumpang maka pengemudi akan tetap fokus pada jalanan. Namun minta izin dulu ketika ingin membantu agar tidak mengganggu sehingga konsentrasi mereka tetap terjaga.

2. Menjaga Emosi Pengemudi Mobil

Untuk jadi penumpang mobil yang baik memang harus memperhatikan segala sesuatunya. Agar gangguan dapat diminimalisir sebaiknya sebagai penumpang tidak mengganti music sesukanya sendiri, berbicara keras di telpon ataupun mengomentari cara mengemudi pengemudi.

Selain hal tersebut, termasuk juga tidak memancing pengemudi supaya melanggar lampu merah. Penumpang juga jangan memarahi pengemudi saat salah saperti salah rute jalan. Karena jika melakukan hal tersebut bisa membuat emosi pengemudi meningkat dan menjadi penyebab terjadi kecelakaan.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan penumpang sedang memegang fitur audio mobil

Penumpang bisa meringankan pengemudi dalam melakukan beberapa hal seperti menyalakan audio

>>> Lihat Juga, Jangan Terpancing Saat Disalip Sopir Ugal-Ugalan, Tetap Berkendara Dengan Aman

3. Berusaha Untuk Tidak tidur

Pada saat semua penumpang di dalam mobil tidur maka bisa membuat pengemudi merasa kantuk dan ingin tidur juga. Jika sudah begitu maka lebih baik pinggirkan mobil dan beristirahat sejenak. Oleh sebab itulah sebagai penumpang sebaiknya tidak tidur dan berbincang-bincang dengan pengemudi secara santai dan tema yang ringan. Sobat bisa membantu untuk memutarkan music kesukaan atau membaca navigasi ke tempat yang dituju. Apabila bisa dapat bergantian dalam mengemudi terutama saat perjalanan jauh.

4. Menjaga Anak-Anak Yang Berada Di Belakang

Saat berkendara bersama anak-anak, sebagai penumpang mobil yang baik maka dapat duduk bersama anak-anak. Dengan begitu anak-anak tidak mengganggu pengemudi di depan. Hiburlah dengan sesuatu yang mereka sukai agar dapat tenang dan merasa senang selama perjalanan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan seorang penumpang menunjuk jalan di depan

Saat berada di jalan yang baru dilewati penumpang bisa membantu menunjukkan arah

5. Pengemudi Salah, Ingatkan Dengan Baik-Baik

Pada saat pengemudi mobil melakukan kesalahan seperti berkendara terlalu agresif atau memotong jalan, Sobat bisa mengingatkan dengan cara yang baik. Hal tersebut bertujuan untuk menjaga emosi pengemudi dan tentunya meningkatkan keselamatan.

Demikianlah informasi mengenai menjadi penumpang mobil yang baik. Semoga bermanfaat dan bisa membuat keselamatan jadi meningkat selama perjalanan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International