Inilah Plat Nomor Aceh

Plat nomor Aceh menjadi petunjuk identitas khas provinsi dengan julukan serambi Mekkah. Termasuk bagian dari plat nomor seluruh Indonesia, plat nomor kendaraan bermotor Aceh adalah panduan bagi siapa saja yang ingin mengunjungi provinsi di ujung utara pulau Sumatra.

Kendaraan bermotor yang semakin banyak jumlahnya di Indonesia tentu memerlukan pengelolaan yang tepat untuk memudahkan identifikasi,  pengaturan dokumentasi dan manajemen pajak. Pada sisi lain, daftar plat nomor seluruh Indonesia juga memberikan manfaat tersendiri dalam berbagai hal untuk semua pemerintahan daerah. Mulai dari perpajakan, pengaturan alokasi kebutuhan bahan bakar, hingga peraturan hal-hal lain yang berhubungan dengan lingkungan hidup.

Bicara soal plat nomor, keberadaan perangkat tersebut menjadi salah satu persyaratan kelayakan teknis laik jalan. Sebab, setiap kendaraan bermotor wajib dilengkapi dengan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) yang masih berlaku dan sesuai peruntukan jenis mobilnya dan masa berlaku pajak. Begitu pula, pengemudi kendaraan bermotor wajib melengkapi diri dengan Surat Izin Mengemudi (SIM) dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) yang masih berlaku..

>>> Baca juga:

 

Plat nomor Aceh memakai kode huruf BL

Plat nomor Aceh memakai kode huruf BL

1. Plat Nomor Aceh

Ketika masih menjadi bagian dari koloni Belanda dengan nama Hindia Belanda, wilayah Aceh sudah mengenal plat nomor untuk kendaraan bermotor. Apalagi saat itu pemerintah Hindia Belanda mewajibkan semua kendaraan bermotor untuk memiliki plat nomor sesuai wilayah masing-masing. Mulai dari Aceh hingga Papua, semua dapat jatah plat nomor.

Saat itu pemerintah Hindia Belanda menetapkan kode BL untuk plat nomor kendaraan bermotor di wilayah Aceh. Dan hingga saat ini, plat nomor kendaraan bermotor untuk Aceh masih tetap memakai kode BL.  

2. Plat Kendaraan Aceh

Semua kendaraan bermotor mulai dua roda (sepeda motor), empat roda (mobil) atau lebih dari empat roda (bus dan truk) yang digunakan di Aceh wajib memiliki plat nomor BL. Sebagai pemilik dan pengguna kendaraan bermotor, Anda wajib memasangkan plat nomor. Sebab, plat nomor dibuat secara resmi oleh pihak berwenang dan memiliki kode tertentu.

Saat digunakan, plat nomor berjumlah dua unit dan ditempatkan pada bagian depan dan belakang kendaraan bermotor. Kode pada plat nomor kendaraan bermotor kerap dijuluki sebagai nomor polisi. Dan isinya mengandung beragam informasi mengenai tahun pembuatan, merek, model, warna, VIN, nama dan alamat pemilik

>>> Baca juga:

3. Plat Nomor Daerah Aceh

Plat nomor BL digunakan pada semua kendaraan bermotor yang terdaftar pada kepolisian daerah (Polda) provinsi Aceh. Berlokasi di ujung paling utara pulau Sumatra, provinsi Aceh dengan ibukota Banda Aceh memiliki kode huruf untuk kendaraan bermotor yang sesuai dengan cakupan wilayah administrasinya. Berikut pengaturan administrasi plat nomor Aceh:

Kota /Kab

Huruf Belakang

Contoh

Kota Banda Aceh

A/J/L

BL 1234 AEF

Kota Langsa

F

BL 1234 FH

Kota Lhokseumawe

N

BL 1234 NC

Kota Sabang

M

BL 1234 MT

Kota Subulussalam

I

BL 1234 IOP

Kab. Aceh Barat

E

BL 1234 ER

Kab. Aceh Barat Daya

C

BL 1234 CG

Kab. Aceh Besar

B

BL 1234 BI

Kab. Aceh Jaya

W

BL 1234 WD

Kab. Aceh selatan

T

BL 1234 TG

Kab. Aceh Singkil

R

BL 1234 RC

Kab. Aceh Tamiang

U

BL 1234 UTY

Kab. Aceh Tengah

G

BL 1234 GX

Kab. Aceh Tenggara

X

BL 1234 XT

Kab. Aceh Timur

D

BL 1234 DD

Kab. Aceh Utara

K/Q

BL 1234 KIH

Kab. Bener Meriah

Y

BL 1234 YK

Kab. Bireuen

Z

BL 1234 ZI

Kab. Gayo Lues

H

BL 1234 HN

Kab. Nagan Raya

V

BL 1234 VX

Kab. Pidie

P

BL 1234 PW

Kab. Pidie Jaya

O

BL 1234 OX

Kab. Simeulue

S

BL 1234 ST

Plat Nomor Daerah Aceh

4. Cek Plat Nomor BL

Plat nomor kendaraan bermotor adalah salah satu identitas resmi selain STNK dan BPKB. Jadi plat nomor adalah tanda pengenal yang wajib terpasang serta dimiliki oleh setiap jenis kendaraan bermotor yang digunakan di jalan raya.  

Pengecekan plat nomor untuk mengetahui informasi tentang asal usul kendaraan bermotor, masa berlaku  pajak, informasi besaran nilai pajak tahunan atau lima tahunan, masa berlaku STNK, penggantian plat nomor, dan informasi lainnya bisa diperoleh di kantor Samsat terdekat.

5. Informasi Plat Nomor BL

Untuk mengetahui informasi tentang plat nomor Aceh pada kendaraan bermotor seperti besaran pajak yang belum dibayarkan, masa aktif plat nomor dan lainnya, Anda bisa mendapatkan penjelasan dari kantor Samsat terdekat.

Nah, saat ini, Anda tidak perlu datang ke kantor Samsat untuk mendapatkan informasi terkait plat nomor tersebut. Apalagi Aceh sudah menjadi salah satu provinsi yang menyediakan layanan e-SAMSAT atau akses online yang bisa diakses kapan saja dan di mana saja.

Jika ingin menggunakan cara online untuk mengecek plat nomor Aceh, ada beberapa langkah yang harus Anda lakukan, yaitu:

  • Klik dan kunjungi website e-SAMSAT provinsi Aceh di halaman "https://esamsat.acehprov.go.id/"
  • Setelah itu, isi data plat nomor di form yang sudah disediakan di dalam website
  • Klik tombol pencarian dan tunggu sebentar
  • Website akan secara otomatis menampilkan beragam informasi seperti jenis kendaraan yang dimiliki, tahun pajak, tanggal jatuh tempo, serta besaran pajak yang harus dibayarkan

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

 

FAQ umum

1. Dari mana plat BG?

Plat nomor BG berasal dari provinsi Sumatera Selatan. Jadi semua kendaraan bermotor yang terdaftar di Sumatera Selatan memakai plat nomor BG. Pemakaian plat nomor BG mencakup beberapa wilayah Sumatera Selatan di antaranya Lubuk Linggau, Pagar Alam, Prabumulih dan beberapa kabupaten lainnya.

2. Plat nomor F apa saja?

Plat nomor F adalah kode plat nomor untuk kendaraan bermotor yang berasal dari wilayah Bogor, Sukabumi dan Cianjur.

3. Apa arti Plat B?

Plat nomor dengan kode huruf “B” berlaku untuk semua kendaraan bermotor  yang terdaftar dalam wilayah kerja kepolisian kota Jakarta, Tangerang, Bekasi, Depok dan sekitarnya. Dengan demikian, pemakai plat nomor B tergabung dalam area Jabodetabek tanpa Bogor. Berikut pembagian pemakaian plat nomor B;

  • Jakarta Barat memiliki plat nomor B dan kode belakang B**.
  • Jakarta Pusat memiliki plat nomor B dan kode belakang P**.
  • Jakarta Selatan memiliki plat nomor B dan kode belakang S**.
  • Jakarta Timur memiliki plat nomor B dan kode belakang T**.
  • Jakarta Utara memiliki plat nomor B dan kode belakang U**.
  • Kota Tangerang memiliki plat nomor B dan kode belakang C**/V**.
  • Kota Depok memiliki plat nomor B dan kode belakang E**/Z**.
  • Kabupaten Bekasi memiliki plat nomor B dan kode belakang F**.
  • Kabupaten Tangerang memiliki plat nomor B dan kode belakang G**/N**.
  • Kota Bekasi memiliki plat nomor B dan kode belakang K**.
  • Kota Tangerang Selatan memiliki plat nomor B dan kode belakang W**.
Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International