Inilah Fungsi Talang Air, Ternyata Ada Banyak Lho

24/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Fungsi talang air terdapat beberapa dan menjadi salah satu aksesoris yang bisa tergolong penting pada kondisi tertentu. Bagi sobat yang belum mengetahui mengenai fungsi dari door visor, maka sangat tepat masuk ke Hargamobiol.com.

Talang air merupakan nama lain dari door visor. Bagian ini merupakan aksesoris tambahan yang mempunyai fungsi cukup penting. Jika dilihat memang tampak seperti hiasan saja sehingga mobil jadi lebih menarik, namun apa sebenarnya fungsi talang air di mobil?

Gambar ini menunjukkan talang air milik Daihatsu Sigra

Talang air punya banyak fungsi

>>> Baca Juga, Beberapa Faktor Yang Menjadi Penyebab Aquaplaning Pada Mobil

Untuk posisinya berada di bagian atas jendela mobil yang ditempatkan pada bracket di atas pintu kendaraan. Kerana fungsinya maka memasang komponen ini termasuk standar pembuatan kendaraan. Berikut ini merupakan beberapa fungsi talang air di mobil yang dilansir dari laman resmi Suzuki.

1. Membuat Tampilan Mobil Lebih Menarik

Adapun fungsi pertama talang air adalah sebagai aksesoris yang bisa membuat tampilan lebih indah. Memang kadang ada mobil yang telah diberikannya, namun beberapa mobil belum diberikan. Meskipun begitu sobat bisa memasangnya sendiri.

2. Mencegah Air Masuk ke Kabin Saat Hujan

Ketika sedang musim hujan, door visor menjadi salah satu aksesoris pendukung yang cukup penting. Jadi adanya talang air mencegah air hujan untuk masuk ke kabin mobil. Seperti misalnya saat membuka jendela mobil dan tiba-tiba hujan turun, dengan begitu Sobat mempunyai waktu menutup jendela sebelum air masuk. Begitupun ketika AC di mobil bermasalah, sobat bisa membuka sedikit kaca untuk meminimalisir adanya embun di kaca. Bahkan saat membayar parkir air hujan tidak masuk ke dalam kabin.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan Talang air pada mobil Toyota Vios

Posisi talang air di atas jendela mobil

>>> Lihat Juga, Mengemudi Mobil Saat Angin Kencang, Ada Hal Yang Perlu Diperhatikan

3. Menjaga Komponen Di Kabin Mobil

Fungsi talang air di mobil selanjutnya adalah menjaga komponen yang berada di dalam mobil. Seperti yang telah diketahui bahwa mobil memiliki beberapa komponen kelistrikan di dalam yang dapat menimbulkan reaksi saat terkena air. Salah satu contohnya adalah power window yang rawan terkena air saat hujan dan jendela mobil terbuka. Pada saat turun hujan dengan adanya talang air maka bagian ini akan aman, mengingat saat tidak ada talang air dengan kaca jendela terbuka sedikit saja air bisa masuk dan mengenai power window.

4. Mencegah Tangan Basah Saat Dijulurkan Keluar

Kadang kita perlu mengambil tiket, membayar tol, bayar parkir dan lainnya. Pada posisi tersebut pengemudi harus mengulurkan tangannya. Dengan adanya door visor maka dapat membuat area yang basa di tangan jadi dipersempit. Namun saat tidak ada talang air maka tangan akan basah semua dan air pun masuk ke kabin mobil.

5. Membantu Udara Bersirkulasi Di Dalam kabin

Pada saat mobil terparkir talang air bisa berfungsi untuk membantu udara di kabin melakukan sirkulasi. Saat cuaca sedang terik maka kabin mobil akan terasa panas saat diparkirkan di luar ruangan. Sehingga udara di dalam kabin jadi terperangkap dan jadi panas. Dengan membuka jendela sedikit maka udara dalam kabin mobil tetap terjaga. Selain itu, sela jendela yang terbuka tertutup oleh talang air sehingga tampak jendela mobil tertutup sepenuhnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan talang air pada mobil ditunjuk panah merah

Talang air juga membuat tampilan jadi lebih menarik

6. Suara Bising Berkurang

Adapun fungsi talang air di mobil yang terakhir adalah mengurangi suara bising seperti suara mesin. Adapun kerjanya adalah aliran udara diarahkan oleh mesin sehingga tidak masuk ke kabin mobil. Dengan begitu suara bising bisa berkurang dan kenyamanan di dalam mobil jadi meningkat.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International