Inilah Dampak Positif Dan Negatif Modifikasi Busi

14/03/2019 Abdul Tips & trik mobil

Busi merupakan salah satu bagian yang cukup penting pada kendaraan, kinerjanya yang maksimal sangat dibutuhkan untuk menjaga kinerja mesin tetap baik. Namun bagi sebagian pemilik ada yang melakukan modifikasi busi.

Bagi seorang modifikator, melakukan perubahan pada komponen kendaraan dari standarnya diubah sesuai yang diinginkan tentu memiliki kepuasan tersendiri. Hal tersebut bertujuan untuk mendapatkan kinerja pada mesin menjadi lebih baik, baik dari durability maupun performanya. Namun bagaimana jika modifikasi busi yang dilakukan oleh modifikator tersebut?

Gambar ini menunjukkan beberapa busi dalam kondisi baru dan bekas

Busi menjadi salah satu komponen penting pada mesin mobil

>>> Baca Juga, Bikin Performa Mobil Kembali Dengan Membersihkan Busi Mobil

Dalam hal tersebut dari pihak diko oktaviano selaku technical support NGK busi Indonesia ikut memberikan pengetahuannya. Jadi untuk melakukan modifikasi pada busi dapat dilakukan dengan melakukan pemangkasan elektroda ground. Selain itu ada kelebihan serta kekurangannya, jadi pelaku modifikator harus benar-benar mengetahuinya.

Adapun prinsip utama yang dimiliki oleh teknologi buasi adalah meredam efek quenching, yang mana diharapkan inti api tidak cepat padam ketika proses pengapian. Jadi ketika busi sedang bekerja pertumbuhan inti api terhalangi oleh bentuk dari elektroda. Oleh sebab itu para modifikator melakukan modifikasi busi dengan melakukan pemotongan pada elektroda ground dengan tujuan supaya penyebaran api dapat dipercepat.

Dalam melakukan modifikasi terdapat banyak pengubahan bentuk yang bisa dilakukan pada sumber api. Hanya saja banyak yang melakukan modifikasi hingga saat ini fokus melakukan pemangkasan pada elektroda ground yang disejajarkan dengan bagian elektroda pusat busi.

Dengan melakukan hal tersebut diharapkan percikan api yang terjadi bisa menjadi lebih bebas dan tidak ada halangan elektroda. Namun jangan salah, terdapat dampak positif dan negatif jika melakukan hal tersebut.

>>> Ingin membeli mobil baru? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi modifikasi busi dengan pemotongan elektroda ground

Modifikasi busi terdapat kelebihan dan kekurangannya

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

Melihat penjelasan di atas, tujuan dari pemotongan elektroda ground adalah supaya api dapat langsung bersentuhan dengan campuran udara dan bahan bakar. Hasilnya kompresi yang terjadi tidak ada hambatan. Hal tersebut juga bisa dikatakan untuk menekan efek quenching pada elektroda busi. Dengan melakukan pemotongan maka efek quenching jadi lebih sedikit sehingga menghasilkan api yang lebih besar.

Setelah melakukan modifikasi busi dengan cara di atas maka akselerasi pada kendaraan spontanitas akan terasa menjadi lebih baik. Namun perlu diketahui, bahwa ada juga efek negatif yang dihasilkan yaitu elektroda akan mengalami keausan yang tidak merata. Selain itu umur dari komponen busa menjadi lebih pendek serta saat terjadi kerusakan tidak akan bisa diprediksi waktunya.

Hal tersebut dikarenakan perubahan yang terjadi pada titik pengapian yang berakibat percikan listrik yang didapatkan juga akan mengalami pergeseran. Jika begitu maka keausan tidak akan merata pada sisi elektroda karena percikan listrik yang diterima oleh elektroda tidak fokus pada satu titik. Jadi saat berniat melakukan modifikasi jangan hanya melihat kelebihannya, namun juga perlu diketahui kekurangannya.

>>> Baca Juga, Mengetahui Tipe Busi, Ternyata Ada Banyak!

Gambar ini menunjukkan 5 buah busi dalam kondisi baru

Busi memercikkan api di ruang bakar pada mesin

Untuk busi standar menggunakan bahan nikel, sehingga untuk masalah keausan lebih cepat dibandingkan dengan busi berbahan logam mulia. Oleh sebab itulah bila ingin efek pengapian yang didapat lebih baik dari pihak NGK busi menyarankan untuk menggunakan yang berbahan material logam mulia seperti G-Power atau bisa juga menggunakan Iridium 1X dari NGK, tinggal mana yang lebih disuka.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai modifikasi busi. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit
    Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit Abdul Tips & trik mobil

    Mobil menjadi salah satu tunggangan yang diinginkan banyak orang. Selain karena kenyamanan yang ditawarkan juga bisa digunakan untuk bepergian ke suatu tempat yang diinginkan. Untuk membeli mobil ini memang harganya cukup mahal, namun sobat bisa memilikinya dengan membelinya dalam kondisi bekas yang harganya lebih terjangkau. Namun bagaimana dengan membeli mobil bekas over kredit?

  • Ingin Take Over Kredit Mobil, Perhatikan Hal Ini Untuk Keamanan
    Ingin Take Over Kredit Mobil, Perhatikan Hal Ini Untuk Keamanan Abdul Tips & trik mobil

    Berbagai alasan diberikan untuk menjual mobil kesayangannya seperti untuk modal usaha atau karena kebutuhan ekonomi. Akan tetapi bagaimana jika mobilnya baru saja beli dan dalam kondisi masih kredit?. Umumnya pemilik akan melakukan take over kredit mobil.

  • Ingin Menjual Mobil Secara Online, Begini Strategi Toyota
    Ingin Menjual Mobil Secara Online, Begini Strategi Toyota Abdul Tips & trik mobil

    Menjual mobil bisa menjadi salah satu pilihan saat ekonomi keluarga sedang mengalami kesulitan. Dengan melakukannya maka uang yang dihasilkan dapat digunakan untuk jadi modal dalam memulai bisnis baru. Menjual mobil secara online bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat agar dapat segera terjual.