Ini Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos Perlu Diperhatikan

01/07/2020 Abdul Tips & trik mobil

Tenaga mesin mobil ngempos bisa saja terjadi karena beberapa hal. Pemilik mobil perlu mengetahuinya supaya dapat dilakukan penanganan dengan segera sehingga mobil dapat kembali prima. Saat mobil maksimal dalam bekerja maka kenyamanan akan dirasakan dan di dalam kendaraan akan terasa lebih menyenangkan.

Pernahkah kamu mendapati tenaga mesin mobil ngempos? Nah, salah satu masalah mobil yang kerap ditemui dan sangat mengganggu aktivitas tentunya terkait masalah gas pada mobil yang tidak berfungsi sesuai dengan yang semestinya. Masalah mesin tersebut bisa jadi disebabkan oleh sejumlah faktor yang tidak kamu ketahui sebelumnya. Salah satu masalah yang cukup sering terjadi yakni gas mobil yang tidak bertenaga alias ngempos.

Berikut beberapa fakta penyebab tenaga mesin menjadi ngempos, seperti kami sadur dari berbagai sumber.

Penyebab Tenaga Mesin Mobil Ngempos

1. Mesin Mobil Yang Overheating

Gambar ini menunjukkan mesin mobil dalam kondisi berasap

Jika mesin overheat maka perlu pemeriksaan di bagian radiator mobil

>>> Baca Juga, Mengetahui Perbedaan Tenaga Dan Torsi Mesin Mobil

Penyebab tenaga mesin ngempos pertama datang dari mesin yang mengalami kepanasan atau overheating. Biasanya mesin yang kepanasan disebabkan oleh pendingin yang bekerja secara tidak optimal sehingga menyebabkan metal yang ada di dalam mesin memuai. Terutama pada bagian piston atau silinder mesin mobil kamu.

Jika piston memuai, piston akan mengalami pergesekan dengan bagian dinding silinder yang menjadi lebih besar. Sehingga pergerakannya akan jauh lebih berat dan tenaga mesin kendaraan kamu akan berkurang atau hilang sama sekali. Jika sudah begitu, mobil akan mengalami gejala kekurangan tenaga atau ngempos.

2. Filter Udara Di Dalam Mobil Kotor

Filter udara umumnya harus didukung oleh asupan oksigen yang bersih untuk melakukan pembakaran terhadap sisa-sisa berbagai bentuk debu dan kotoran. Jika filter udara dibiarkan dalam keadaan kotor, maka kinerja filter menjadi bermasalah karena pori-pori di filter tersebut tersumbat oleh debu dan kotoran. Sehingga apabila udara dan oksigen yang dikirim ke ruang pembakaran akan berdampak terhadap performa gas mobil kamu, yang menjadikan mobil menjadi ngempos.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan filter udara pada mobil

Filter udara perlu dibersihkan secara berkala

>>> Baca Juga, Mengenal Komponen Engine Mounting Dan Tanda Mengalami Masalah

3. Sistem Pengapian Yang Bermasalah

Penyebab tenaga mesin mobil ngempos selanjutnya karena sistem pengapian yang bermasalah. Sistem pengapian merupakan alat penting di mobil terutama gas pada mobil karena saling berintegrasi dengan proses pembakaran. Pastikan selalu memperhatikan kesehatan sistem pengapian di mobil kamu. Jika bermasalah, bisa jadi itu menjadi salah satu penyebab mobil mengalami kurang tenaga atau ngempos.

4. Busi Yang Kotor

Baik mobil dan motor seringkali gas yang ngempos dikaitkan dengan busi yang kotor. Busi sendiri termasuk bagian komponen yang berhubungan langsung dengan sistem pembakaran pada kendaraan.

Untuk itu, selalu menjaga kebersihan busi dari kerak atau kotoran yang menempel. Komponen busi tersebut akan sangat berpengaruh terhadap proses pembakaran pada mesin mobil. Lain halnya jika busi jarang diganti dan dibiarkan kotor, maka akan sangat berpeluang membuat mobil kamu kurang bertenaga atau ngempos.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan busi mobil dipegang dengan tangan

Jika busi bermasalah bisa karena sistem pembakaran tidak maksimal

Itulah artikel Penyebab Tenaga Mesin mobil Ngempos. Sungguh merepotkan ketika bepergian jauh namun di tengah perjalanan mobil yang dikemudikan menghadapi masalah seperti itu. Oleh karenanya dengan mengetahui akar masalah mesin menjadi ngempos, diharapkan kesadaran kamu terhadap kesehatan mobil ya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International