Ini Manfaat Besar Dibalik Mobil Modern Yang Gampang Rusak Jika Benturan

19/01/2019 Fatchur Sag Tips & trik mobil

Dari sisi penampilan mobil-mobil zaman now alias mobil modern lebih keren dan menarik ketimbang mobil zaman dulu. Hanya saja dibanding mobil zaman dulu, mobil modern lebih mudah rusak, pecah, hancur jika berbenturan keras. Apa ini pertanda kurang berkualitas?

Penjualan mobil baru di Indonesia dan di tingkat global menunjukkan grafik peningkatan. Ini mengindikasi kalau mobil baru memiliki daya tarik yang cukup besar. Selain desain yang lebih menarik, dan futuristik, mobil baru umumnya dibekali fitur modern baik yang menunjang kenyamanan maupun mendukung keamanan dan keselamatan.

Dengan berbagai kelebihan yang dimiliki ada satu hal yang sering jadi perhatian banyak orang. Mobil modern dianggap terlalu ringkih dan tidak sekuat mobil-mobil zaman dulu. Sebagai misal saat terjadi benturan dengan objek lain baik itu ditabrak dari depan atau menabrak. Meski hanya benturan ringan bodi mobil depan meliputi bumper dan grill sering kali gampang rusak dari retak hingga pecah. Apalagi jika benturannya sangat keras, hampir bisa dipastikan bakal hancur berantakan.

Foto mobil ringsek di bagian depan

Mobil modern mudah rusak jika berbenturan

Beda dengan mobil zaman dulu yang dianggapnya sangat kuat dan tak gampang rusak saat terjadi benturan. Ini yang sering kali jadi bahan pembicaraan. Sudah tentu pemilik mobil jadi jengkel melihat kesayangannya rusak, padahal hanya terjadi 'benturan kecil'. Dianggapnya benturan kecil karena tak berdampak pada sopir dan penumpang.

>>> Tetap Waspada, Berikut Tips Melewati Proyek Pembangunan Jalan Supaya Aman

Benarkah Mobil modern kurang berkualitas?

Kalau mau menelisik lebih dalam dengan menggali informasi sebanyak mungkin dari berbagai sumber, seharusnya orang bersyukur tidak mengalami cidera berarti saat mobil yang ditumpanginya mengalami kecelakaan (menabrak atau ditabrak). Meski mobilnya hancur, nyawa masih selamat.

Mobil modern didesain dengan mengadopsi teknologi Crumple Zone oleh para perancangnya. Beberapa bagian memang dibuat lemah dibanding yang lain, seperti bagian depan dan belakang. Teknologi ini mengedepankan alasan keamanan pengemudi dan penumpang. Saat terjadi kecelakaan beberapa bagian bakal gampang rusak ringsek untuk meredam dan menyerap benturan sehingga tidak sampai ke kabin. Dengan begitu, pengemudi dan penumpang bakal lebih aman. Andaikan masih terdampak tidak akan se-ekstrim jika bodi mobil dibikin kokoh tanpa Crumple Zone.

>>> Bagaimana Untuk Menghindari Cedera Ketika Terjadi Kecelakaan

Gambar ilustrasi are Crumple Zone

Gambar ilustrasi material Crumple Zone

Foto uji tabrak Mitsubishi Xpander

Teknologi Crumple Zone menyerap energi benturan agar tidak sepenuhnya sampai ke kabin

Secara kesimpulan Mobil modern jelas lebih berkualitas dibanding mobil zaman dulu sebab lebih mengutamakan keselamatan, keamanan dan kenyamanan para penumpangnya.

>>> Menderita Penyakit Ini Dilarang Mengemudi Mobil

Gambaran teknologi Crumple Zone bisa Anda lihat pada video berikut:

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International