Ini Komentar Pertama Presdir Baru Daihatsu Soal Mereka China

07/06/2018 Fat Tips & trik mobil

Pemain lama industri otomotif dalam negeri tak memungkiri kedatangan merek China, Wuling dan Dongfeng Sokon (DFSK) makin memperketat persaingan. Merek China memberikan beragam pilihan kepada masyarakat soal memilih mobil idaman. Apa komentar Presiden Direktur Astra Daihatsu Motor (ADM) yang baru?

Gambar DFSK Glory 580 yang digadang jadi penantang Honda CR-V

Perlahan tapi pasti merek China terus berupaya menggerogoti dominasi merek Jepang di Indonesia

>>> Sindiran Merek China, Harga Mobil Di Indonesia Kemahalan Dan Tak Masuk Akal

Meski kedua merek China di atas belum memberikan pengaruh kuat pada merek-merek Jepang, para produsen Jepang tidak lantas terlena. Mereka tetap waspada dengan sepak terjang merek China yang makin lama makin agresif dan menunjukkan kekuatannya.

Tak terkecuali Astra Daihatsu Motor (ADM). Tetsuo Miura, Presiden Direktur ADM yang baru mengaku respek terhadap dua merek China di atas. Miura bahkan menyebut kalau keduanya terbilang sangat kuat dan berani bermain di ranah yang selama ini didominasi merek-merek Jepang. Terlebih jika melihat soal harga jual produknya yang lebih murah dibanding merek Jepang.

“Mereka sungguh strong, terutama soal harganya yang sangat kompetitif. Wuling, Dongfeng, harganya bisa 20 persen sampai 30 persen lebih murah daripada merek-merek normal Jepang. Jadi mereka sangat kuat saya pikir,” tutur Miura, Senin (4/6/2018).

Gambar Wuling Cortez saat diperkenalkan kepada media akhir tahun 2017

Ambisi besar Wuling adalah memiliki model di semua segmen yang ada di Indonesia tanpa kecuali

>>>  Terus ikuti perkembangan berita otomotif dan harga mobil di hargamobil.com

Apakah Daihatsu merasa ngeper dengan sepak terjang merek China?

Bagi Daihatsu, sepak terjang dan agresifitas merek China bukan jadi alasan untuk minder. Justru hal tersebut menjadi pendorong kuat bagi Daihatsu untuk terus maju dan berkembang.

Menurut Daihatsu, untuk maju produsen mobil tidak bisa hanya mengandalkan produk dan harga saja. Tapi juga layanan yang diberikan pasca mobil itu dibeli konsumen.

“Tak hanya dari sisi produk, tapi juga dari seluruh aktivitas marketing yang kami lakukan, termasuk sales dan aftersales service,” tutur Miura.

“Pada sisi penjualan kami memiliki keuntungan, di mana kami punya sejarah panjang di negeri ini. Jadi aktivitas yang komprehensif dari sisi penjualan dan aftersales service, pemasok, dan jalinan hubungan dengan Astra International, membuat kami memiliki keuntungan lebih dari mereka,” kata Miura menambahkan.

Hal-hal tersebut di atas cukup jadi tameng bagi Daihatsu dalam menghadang laju deras merek China di Indonesia untuk saat ini.

>>> Cari mobil buat keluarga? Di cintamobil.com saja, harganya bagus dan menguntungkan!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca