Ini Kelebihan dan Kekurangan Honda HR-V. Tetap Berminat?

SUV kompak Honda ini bukan hanya menawarkan fungsi utama sebagai alat transportasi harian. Juga mampu mewakili citra diri dan status sosial pemiliknya.

Bagi kalangan eksekutif muda dengan segudang mobilitas, mobil sudah menjadi yang wajib dimiliki. Selain untuk mendukung mobilitas harian, mobil juga dianggap sebagai cermin karakter pemiliknya. Itu sebabnya, para eksekutif muda cenderung memilih mobil dengan tampilan elegan dan sporty yang salah satunya adalah Honda HR-V.

Menilik aspek teknis, Honda HR-V masuk kategori crossover yang memadukan karakter sedan dan SUV. Ciri sedan tercermin melalui platform bodi monocoque plus desain elegan sporty, sedangkan aura SUV tampak dari ground clearance relatif tinggi dan tampilan gagah. Dan inilah ulasan plus minus bagi para peminatnya

Kelebihan dan Kekurangan Honda HR V

Honda HR-V menjadi SUV kompak favorit dalam pasar otomotif Indonesia

I. Sekilas Honda HR-V

Kiprah Honda HR-V di Indonesia dimulai sekitar awal tahun 2000-an. Saat itu Honda HR-V generasi pertama (kode bodi GH, versi 3 pintu dan 5 pintu) masuk Indonesia melalui jalur IU (importir umum). Dengan demikian Honda HR-V generasi pertama tidak pernah dijual resmi oleh PT Honda Prospect Motor (HPM) yang menjadi APM (agen pemegang merek) untuk mobil Honda di Indonesia. 

Kemudian dalam gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) yang berlangsung September 2014, HPM secara resmi merilis Honda HR-V generasi kedua (kode bodi RV) yang menggunakan Global Small Platform. Masih dalam tahun yang sama (akhir 2014), Honda HR-V mulai diproduksi di pabrik Honda di Karawang, Jawa Barat. Saat itu Honda HR-V tersedia dengan pilihan mesin 1,5 liter dan 1,8 liter. Selanjutnya pada Maret 2022, HPM meluncurkan Honda HR-V gen-3 dengan mesin 1,5 liter NA dan 1,5 liter turbo plus transmisi CVT serta fitur keselamatan Honda Sensing menjadi kelengkapan standar untuk semua varian. 

II. Kelebihan Honda HR-V

1. Desain Memikat

Honda HR-V tampil dengan bahasa tubuh Stand Out Design yang elegan dan sporty. Wajahnya tampil dengan gril besar berlapis krom yang memanjang dari kiri ke kanan. Lalu lampu proyektor LED menegaskan kesan kekinian disertai DRL LED. 

2. Kabin Mewah dan Nyaman

Nuansa interior didominasi warna hitam dengan kombinasi panel aksen silver-chrome dan pemakaian atap panoramic sehingga memberikan kemewahan dan kenyamanan. Pengaturan kursi pengemudi cukup lengkap (maju-mundur, naik-turun). 

Kelebihan Honda HRV indonesia

Kabin Honda HR-V didominasi warna hitam yang bernuansa elegan dan sporty

3. Pilihan Varian 

Tersedia empat varian Honda HR-V 2022 sesuai kebutuhan konsumen. Mulai dari Honda HR-V S CVT (Rp 362,9 juta), Honda HR-V E CVT (Rp 382,9 juta), Honda HR-V SE CVT (Rp 403,1 juta) dan Honda HR-V Turbo RS (Rp 513,9 juta). Untuk mesin terdapat pilihan 1,5 liter NA (121 ps) dan 1,5 liter turbo (177 ps) tinggal dipilih sesuai selera.

4. Dimensi Pas

Secara keseluruhan Honda HR-V memiliki ukuran bodi yang termasuk kompak. Alhasil membantu manuver dalam kondisi lalu lintas di jalanan Jakarta yang padat dan juga jalan sempit di beberapa kawasan.

5. Kelengkapan Fitur

Satu nilai jual unggulan Honda HR-V adalah fitur keselamatan Honda Sensing yang kini menjadi kelengkapan standar. Dengan demikian, cocok bagi konsumen yang mementingkan fitur standar kendaraan, bukan semata penampilan saja

6. Suspensi Mantap

Satu ciri khas Honda adalah suspensi yang mantap dan stabil. Paduan MacPherson strut di bagian depan dan torsion beam menghasilkan kestabilan yang sangat baik untuk meredam kondisi jalan bergelombang dan tidak rata.

III. Kekurangan Honda HR-V

Kekurangan Honda HR-V indonesia

Mesin 1,5 liter turbo menjadi trend kekinian, kapasitas kecil dengan performa tinggi dan efisien

1. Harga Mahal

Dari segi harga, Honda HR-V ditawarkan dengan banderol yang lebih mahal jika dibandingkan beberapa mobil lain sekelasnya. Sebagai komparasi, Suzuki SX4 S-Cross dijual dengan harga Rp 340,4 juta, atau pilihan lain seperti Hyundai Creta (mulai dari Rp 281,5 juta)

2. Suspensi Keras

Karena mengutamakan stabilitas, tentu saja peredaman suspensi dirasakan cukup keras. Sebetulnya hal itu masih bisa dicarikan solusinya dengan memakai perangkat suspensi aftermarket yang lebih empuk  

3. Hanya Ada Transmisi CVT

Semua varian Honda HR-V hanya dipasarkan dengan transmisi CVT yang diklaim lebih efisien dan halus. Alhasil tidak ada pilihan transmisi manual yang menjadi favorit para pengemudi dengan karakter mengemudi agresif. Padahal selama ini Honda terkenal berkat keasyikan mengemudi terutama untuk produk dengan transmisi manual

4. Belum ada varian hybrid

Melihat banderol harga yang sudah menembus lebih dari Rp 500 juta, idealnya Honda HR-V tersedia dengan varian hybrid. Sebab, beberapa merek sudah menyediakan pilihan varian dengan mesin konvensional dan hybrid. 

IV. Kesimpulan

1. Kesimpulan Honda HR-V

Usai membaca ulasan tentang kelebihan dan kekurangan yang menjadi karakter pada Honda HR-V, silakan konsumen menimbang-nimbang untung rugi sebelum menentukan keputusan akhir. Apakah tetap jadi membeli SUV kompak ini atau pindah ke lain merek.

Spesifikasi Honda HR-V indonesiaHonda HR-V generasi pertama masuk Indonesia lewat jalur IU sekitar tahun 2000

2. Spesifikasi Honda HR-V (2022)

Dimensi

Panjang x Lebar x Tinggi

4.330 x 1.790 x 1.580 mm

Jarak Sumbu Roda

2.610 mm

Ground Clearance

190 mm

Mesin

Tipe Mesin

L15, I-4, DOHC 16 katup VTEC, turbo 

L15, I-4, DOHC 16 katup, i-VTEC

Tenaga Maksimal/rpm

121 ps/6.600 rpm (1,5 liter NA)

177 ps/6.000 rpm (1,5 liter turbo)

Torsi Maksimal/rpm

145 Nm/4.300 rpm (1,5 liter NA)

240 Nm/1.700 - 4.500 rpm (1,5 liter turbo)

Transmisi

CVT 

Sistem Penggerak

Penggerak Roda Depan / Front Wheel Drive (FWD)

Handling

Suspensi Depan

MacPherson Strut 

Suspensi Belakang

Torsion Beam 

Rem Depan

Cakram ventilasi 

Rem Belakang

Cakram solid 

Ukuran Ban

215/60 R17 96H & 225/50 R18 95V 

 

FAQ umum

1. Apakah Honda HR-V kuat menanjak?

Sebetulnya tidak ada masalah bagi Honda HR-V untuk melewati jalan menanjak. Asalkan tidak melebihi sudut tanjak 15 derajat dan tidak mengangkut beban muatan yang berlebihan. 

2. Berapa pajak Honda HR-V?

Besaran pajak untuk Honda HR-V tahun 2022 berkisar mulai dari Rp 4,5 juta hingga Rp 6.4 juta (pajak tahunan, belum termasuk biaya lain-lain). 

3. Honda HR-V masuk kategori mobil apa?

Menurut klasifikasi Gaikindo, Honda HR-V termasuk dalam kategori SUV 4x2.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

Harga mobil terbaru

International