Ingin Membeli Mobil Pick Up Bekas, Ini Yang Perlu Diperhatikan

06/12/2019 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat beragam jenis kendaraan yang dijual di pasaran. Apalagi mobil bekas, banyak peminat yang mencarinya dengan alasan harga lebih terjangkau. Bagi Sobat yang membutuhkan sebuah mobil untuk kebutuhan angkut barang maka jenis Pick Up solusinya. Membeli mobil Pick Up bekas juga tidak boleh sembarangan, ada hal-hal yang perlu diperhatikan.

Mobil Pick Up menjadi salah satu favorit yang dijadikan sebagai kendaraan niaga. Hal tersebut tidak lepas dari fungsinya untuk membawa barang. Sehingga banyak pemilik yang memanfaatkannya sebagai sarana berdagang seperti menjual makanan, pakaian, sayuran dan lainnya. Jika Sobat ingin membeli mobil Pick Up bekas sebaiknya lebih berhati-hati. Karena bisa saja mobil yang dijual sebelumnya telah dipakai kerja keras sehingga jangan berharap kondisinya mulus seperti non niaga.

Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan saat membeli mobil Pick Up dalam kondisi bekas:

1. Menyesuaikan Dengan Kebutuhan

Gambar ini menunjukkan mobil Pick Up tampak samping

Mobil Pick Up bisa dipakai untuk berdagang atau bisnis jualan

Dalam membeli mobil Pick Up, hal pertama yang perlu diperhatikan adalah kebutuhan atau untuk apa mobil tersebut. Sebagai contohnya adalah menjual atau membawa air isi ulang, maka kebutuhannya adalah mobil dengan bak yang luas. Sobat bisa memilih Daihatsu Gran Max atau DFSK Super Cab. Namun apabila ingin dipakai berdagang menjual sayuran atau makanan, maka Sobat bisa memilih Daihatsu Hi-Max atau Suzuki Carry 1.0.

>>> Lihat Juga, Daftar Harga Suzuki Mega Carry Pick Up : Mobil Niaga Suzuki Teman Usaha Terbaik

2. Memperhatikan Kondisi Dari Sasis Mobil

Gambar ini menunjukkan bagian bawah mobil pick up

Sasis menjadi tulang punggung mobil Pick Up

Saat sudah menentukan mobil yang akan dibeli, selanjutnya adalah melakukan pemeriksaan ketika menemukan mobil yang sesuai. Dalam pengecekannya tergolong mudah karena bisa dilihat secara langsung melalui bawah bak mobil. Langkah ini diambil untuk memastikan bahwa tidak ada yang keropos, bengkok ataupun berkarat. Jika bagian ini bermasalah, maka durabilitas yang dimiliki mobil Pick Up juga berkurang. Salah satu tulang punggung mobil Pick Up adalah pada sasisnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

3. Mengecek Bak Mobil

Gambar ini menunjukkan mobil Pick Up membawa barang

Mobil Pick Up biasa membawa beban banyak

Tips membeli mobil Pick Up bekas selanjutnya adalah melihat kondisi bak mobil. Bagian ini merupakan tempat utama barang bawaan, jadi wajar bila perlu dicek. Untuk melakukannya bisa dengan mudah melihatnya, pastikan kondisinya tidak berkarat ataupun keropos. Kalau hanya baret saja atau penyok sedikit bisa dimaklum, mengingat mobil jenis ini digunakan untuk mengangkut barang. Namun jika Sobat mencari yang mulus tidak ada penyok atau baret juga tidak masalah, hanya saja tergolong sulit.

>>> Baca Juga, Daftar Harga Daihatsu Gran Max Pick Up 2019, Mobil Niaga Dengan Harga Pas Di Kantong

4. Memeriksa Suspensi Mobil

Gambar ini menunjukkan roda mobil dan suspensi belakang mobil Pick Up

Suspensi belakang mobil Pick Up terkenal akan ketangguhannya

Suspensi bagian belakang mobil Pick Up biasanya mengandalkan per daun yang mempunyai kekuatan yang tidak diragukan lagi. Pada saat memeriksa mobil bekas Pick Up sebaiknya cek bagian suspensi tersebut. Pastikan anting per atau pegangan dan juga shockbreaker dalam kondisi yang baik. Untuk bagian depan umumnya memakai per keong sehingga saat ditunggangi akan terasa empuk. Untuk mengeceknya bisa dilihat apakah ada kebocoran atau tidak.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

5. Mengecek Kelengkapan Surat Kendaraan

Gambar ini menunjukkan surat kendaraan meliputi BPKB dan STNK

Kelengkapan surat kendaraan harus ada

Adapun tips membeli mobil Pick Up bekas yang terakhir adalah dengan memeriksa kelengkapan surat kendaraan. Hal ini penting agar tidak terjadi masalah di kemudian harinya. Adapun surat kendaraan yang penting tersebut adalah STNK, BPKB, surat mengenai KIR dan faktur  (jika ada). Pastikan semuanya lengkap dan asli, mengingat sekarang ada yang memalsukan surat kendaraan yang meresahkan para pembeli mobil bekas.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca