Ingin Memasang Talang Air Di Mobil Sendiri, Begini Langkahnya

19/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil ada aksesoris yang namanya adalah door visor atau kerap disebut dengan talang air. Dari segi fungsi tidak hanya membuat tampilan mobil lebih sporty saja, akan tetapi juga sebagai alat untuk mencegah supaya air tidak masuk ke kabin mobil. Memasang talang air bisa dilakukan sendiri ataupun ke bengkel.

Jadi tidak semua mobil diberikan fitur ini sehingga saat tidak ada maka perlu memasang talang air sendiri. Namun tidak melakukan pemasangan juga tidak apa-apa, hanya saja tidak akan mendapatkan keuntungan dari door visor. Terutama saat hujan, Sobat pasti akan merasakan manfaat besar pada door visor.

Sebelum melakukan pemasangan terlebih dahulu mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Karena jika sudah siap semuanya maka proses pemasangan dapat dilakukan dengan baik, cepat dan hasil maksimal. Untuk talang air bisa membeli di toko online atau toko aksesoris mobil. Selain itu, pastikan juga membeli door visor yang sesuai dengan kendaraan yang dimiliki dan dapat dilakukan pemasangan sendiri.

Gambar ini menunjukkan talang air pada mobil

Talang air memiliki beberapa fungsi penting

>>> Baca Juga, Inilah Fungsi Talang Air, Ternyata Ada Banyak Lho

Jika ingin lebih praktis dan aman maka lakukan pembelian di dealer resmi. Kemudian alat yang dibutuhkan selanjutnya adalah perekat 2 sisi atau double tape yang nantinya akan digunakan sebagai perekat. Untuk double tape pastikan menggunakan yang 3M karena bahannya seperti busa dan memiliki daya rekat yang tinggi. Alat yang dibutuhkan selanjutnya adalah kain lap (kanebo atau lap biasa), larutan sabun dan guntung.

Langkah Memasang Talang Air Di Mobil Sendiri

1. Memisahkan Antara Satu Dengan Yang Lainnya Dan Mencobanya

Hal pertama yang perlu dilakukan adalah memisahkan door visor yang akan dipasang. Selain itu, sebelum melakukan pemasangan terlebih dahulu dilakukan percobaan tanpa lem. Pastikan talang air yang akan dipasangkan pada mobil plug n play atau pas tidak lebih atau kurang begitu juga dengan lekukannya. Jika lebih maka bisa memotongnya supaya bisa pas.

2. Membersihkan Permukaan Pintu dan Talang Air

Tahapan selanjutnya adalah melakukan pembersihan pada bagian permukaan pintu dan juga door visor serta tempat nantinya akan diberi double tape. Dengan begitu minyak, kotoran dan debu bisa hilang dan tidak mengganggu saat melakukan pemasangan dan talang air dapat menempel kuat tidak mudah lepas. Dalam prosesnya bisa menggunakan larutan sabun yang telah dipersiapkan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan percobaan pemasangan talang air sebelu diberikan lem

Percobaan pemasangan bertujuan untuk memastikan talang air pas ditempatnya

>>> Lihat Juga, Memilih Talang Air Diperlukan Saat Ingin Memasangkannya Di Mobil

3. Mengeringkan Permukaan Yang Dicuci

Dalam memasang talang air sendiri, proses selanjutnya adalah melakukan pengeringan pada permukaan yang telah dicuci. Gunakanlah kanebo supaya air dapat terserap dengan baik dan mengelapnya agar kering maksimal menggunakan lap biasa yang kering.

4. Memberi Double Tape

Selanjutnya berikanlah double tape pada talang air. Jadi dalam pemasangan door visor bukan tempat untuk dipasangi talang air yang diberikan double tape. Untuk lebih kuat berikan double tape secara merata pada permukaan talang air.

5. Proses Pemasangan dan Melekatkannya

Hal terakhir yang dilakukan adalah memasangkan talang air yang sudah diberikan double tape ke permukaan pintu atas. Pastikan kembali bahwa tidak ada kotoran di permukaan pintu tempat akan dipasang talang air. Pemasangan dilakukan secara hati-hati namun pasti supaya bisa presisi. Setelah terpasang di tempatnya tinggal melekatkannya dengan menekan door visor agar dapat maksimal tertempel pada permukaan pintu atas.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan melekatkan talang air di permukaan pintu atas

Tekan untuk merekatkan supaya dapat menempel sempurna

Itulah beberapa langkah dalam memasang talang air pada mobil. Cukup mudah bukan dalam proses pemasangannya. Hal terpenting dalam pembahasan ini adalah pemilihan talang air harus sesuai dengan kendaraan dan pembersihan juga harus maksimal. Jadi dalam pemasangan ada juga yang menggunakan lem bukan double tape.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International