Ingin Memasang Alarm Mobil, Perhatikan Hal Ini Terlebih Dahulu

03/05/2021 Abdul Tips & trik mobil

Mobil membutuhkan sistem keamanan karena termasuk barang mewah. Tindak kejahatan bisa saja terjadi dan orang tidak bertanggung jawab berusaha untuk mengambilnya. Salah satu sistem keamanan pada mobil adalah alarm, tidak semua mobil diberikan fitur ini terutama mobil keluaran lama. Oleh sebab itu memasang alarm mobil diperlukan.

Memasang alarm mobil membuat pemilik bisa merasakan beberapa manfaatnya. Seperti misalnya mencegah pencurian, mengetahui mobil saat diparkir dan lainnya. Pada segmen kali ini kami membahas mengenai pemasangannya. Jadi ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum memasangkan mobil dengan alarm.

1. Pemilihan Central Lock Dan Alarm

Ketika berniat melakukan pembelian central lock dan juga alarm maka yang didapat adalah satu paket yang terdiri dari 4 komponen. Komponen tersebut adalah lock actuator, kabel dipasang pada pintu, 4 kawat penarik dan pendorong serta yang terakhir adalah komponen central lock dengan 8 titik konektor. Hal yang perlu diperhatikan adalah ketika membeli perlu dicocokkan dengan tipe kendaraan.

Gambar ini menunjukkan komponen alarm mobil

Alarm mobil menjadi salah satu fitur penting untuk keamanan kendaraan

>>> Baca Juga, Mengenal Fitur FCM Dan UMS Pada Mobil Dukung Keselamatan Berkendara

Jadi ketika di toko aksesoris bisa menjelaskan mengenai mobil apa yang akan dilakukan pemasangan alarm. Dengan begitu hasilnya akan sesuai dan tepat sehingga tidak menimbulkan masalah. Mengingat alarm berhubungan dengan sistem kelistrikan pada kendaraan yang membuat pemasangan perlu dilakukan secara hati-hati.

2. Mengenal Kabel dan Fungsinya

Pada saat membeli central lock maka soal kabelnya cukup membingungkan. Jadi satu kabel mempunyai 5 jenis dengan warna yang berbeda dan dalam pemasangan tidak boleh sembarangan supaya tidak konsleting. Sebelum melakukan pemasangan perlu diketahui terlebih dahulu fungsi masing-masing kabelnya.

Adapun kelima kabel tersebut secara umum terbagi jadi 2 jenis yakni kabel pada central lock dan kabel kelistrikan. Nah untuk warna merah terhubung dengan aki mobil dan warna hitam ke bagian bodi aki. Sementara kabel warna merah hitam tertuju ke bagasi dan coklat ke bagian lampu sein kanan dan kiri. Untuk kabel terakhir yakni pink terhubung dengan speaker. Kebanyakan pabrik menggunakan warna yang sama, namun untuk lebih jelasnya bisa menyerahkan pada ahlinya dalam memasang alarm mobil.

>>> Lihat Juga, Banyak Yang Belum Tahu, Mengenal Fungsi Kabel Grounding Pada Mobil

Gambar ini menunjukkan beberapa komponen pada alarm mobil lengkap dengan kabel

Pemilihan alarm penting sebelum memasangnya

3. Menyembunyikan Posisi Sirine

Jadi dengan adanya alarm bisa mencegah tindak pencurian dengan memunculkan suara. Oleh sebab itu sirine alarm perlu dipasangkan pada kendaraan dan ditempat yang aman. Tujuannya adalah saat alarm berbunyi karena ada pencurian, pelaku tidak bisa dengan mudah mematikannya. Untuk disarankan adalah di bagian bodi mobil dalam yang tidak bisa digapai oleh tangan serta tidak dapat dilihat secara langsung.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Ada Fitur GPS

Adapun hal terakhir yang perlu diperhatikan saat memilih alarm adalah terdapat fitur GPS. Jadi untuk model baru alarm sudah terdapat GPS sehingga dapat memberikan bantuan maksimal ketika ada tidak pencurian yang terjadi. Ketika mobil dibawa orang lain bisa diketahui posisinya sehingga mudah untuk menemukan mobil yang dimiliki. Ditambah lagi, fungsi lainnya adalah untuk membuat mesin mobil mati. Pada saat dalam kondisi terburu-buru dan ingin mematikan mesin mobil dengan segera tinggal menggunakan remote alarm. Saat berada di parkiran yang luas mobil juga akan mudah ditemukan dengan adanya GPS.

Gambar ini menunjukkan ponsel yang dapat mengoperasikan mesin kendaraan

Adanya GPS bisa diketahui mobil sedang ada dimana

Demikianlah informasi mengenai hal yang perlu diperhatikan saat ingin Memasang alarm mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti
    Mengenal Fungsi Dan Tanda Oli Gardan Pada Mobil Perlu Diganti Abdul Tips & trik mobil

    Oli menjadi salah satu bagian penting pada kendaraan, dimana fungsinya menjadi pelumas. Namun oli sendiri terdapat beberapa di dalam mobil, dari mulai oli mesin, oli rem, oli transmisi, oli gardan dan lainnya. Banyak orang yang mengetahui tentang oli mesin atau hanya mengganti oli pada mobil saja. Hal tersebut tidak masalah, asalkan dibawa ke bengkel resmi secara berkala maka pihak mekanik akan mengurusnya. Nah kali ini kami akan membahas mengenai oli gardan pada mobil.

  • Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho!
    Jangan Menghalangi Mobil Ambulans Saat Berkendara Di Jalan, Ada Sanksinya Lho! Abdul Tips & trik mobil

    Di jalan terdapat beragam jenis kendaraan dan pengguna jalan. Ada yang menjadi prioritas dan ada yang biasa saja, semuanya harus saling mengerti dan jangan menang sendiri. Salah satu yang perlu diprioritaskan saat berada di jalan adalah mobil ambulans. Bahkan terdapat sanksi menghalangi mobil ambulans di jalan ketika sedang membawa orang sakit atau jenazah.

  • Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional
    Merawat Panoramic Sunroof Juga Perlu, Agar Lebih Awet Dan Tetap Fungsional Abdul Tips & trik mobil

    Panoramic sunroof merupakan salah satu fitur pada mobil yang tidak semua mobil memilikinya. Meskipun begitu, pada mobil yang ada fitur tersebut diharapkan untuk merawat panoramic sunroof. Dengan melakukan perawatan diharapkan fungsinya tetap terjaga dengan baik.

International