Ingin Liburan Dengan Mobil Di Bulan Ramadhan, Perhatikan Hal Ini!

14/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Bulan Ramadhan bukan berarti kita bisa bermalas-malasan di rumah. Karena jika kita hanya berdiam saja maka bisa membuat tubuh tambah lemas dan serasa ingin tidur melulu. Salah satu solusinya adalah dengan bepergian atau berjalan-jalan sehingga tubuh fresh. Nah bagi sobat yang berniat liburan dengan mobil, terdapat beberapa hal yang perlu dipertimbangkan.

Liburan dengan mobil selama bulan Ramadhan bisa menjadi salah satu pilihan yang tepat agar tidak jenuh di rumah. Selain dapat membuat tubuh segar juga dapat memberikan hiburan sambil menunggu waktu berbuka. Namun terdapat hal yang perlu diperhatikan agar perjalanan menjadi nyaman dan puasa tidak batal.

1. Lokasi Tujuan Liburan

Gambar ini menunjukkan salah satu lokasi wisata terdapat banyak air

Liburan di bulan puasa carilah tempat yang sejuk

Saat memutuskan untuk pergi ke suatu tempat dengan kondisi tetap berpuasa diharapkan mencari yang tidak terlalu banyak makanan dan minuman. Selain itu carilah lokasi yang sejuk dan tidak panas, karena hawa panas bisa membuat tubuh cepat lemas sehingga beresiko berbuka lebih cepat. Tidak hanya itu saja, kalau banyak penjual makanan dan minuman tentunya akan menjadikan godaan semakin berat.

>>> Baca Juga, Tips Berkendara Selama Puasa Ala Dokter

2. Perhatikan Teman Atau Saudara Yang Diajak

Gambar ini menunjukkan sekeluarga berada di dalam kendaraan

Sesama orang yang berpuasa tidak akan mudah tergoda dengan orang lain

Mengajak orang liburan untuk menyenangkannya bisa mendapatkan pahala. Akan tetapi yang perlu diperhatikan adalah yang diajak puasa atau tidak. Masa iya sobat berpuasa tapi yang diajak malah tidak. Jika begitu maka bisa saja sobat ikut  tergoda dan membatalkan puasa. Meskipun kadang iman kita kuat, namun alangkah baiknya jika pergi liburan mengajak yang sama-sama berpuasa. Tujuannya agar tidak canggung selama berada di tempat wisata.

Namun berbeda jika yang diajak adalah anak kecil, tentunya mau puasa atau tidak bukan menjadi masalah.

>>> Baca Juga, Waspada, Puasa Lebih Mudah Mengantuk Saat Mengemudi

3. Mengatur Waktu Yang Tepat

Gambar ini menunjukkan mobil SUV warna hitam dekat pepohonan

Waktu yang tepat membuat liburan tambah nyaman

Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya saat liburan dengan mobil di bulan puasa adalah waktu yang tepat. Seperti yang sudah diketahui, bahwa sore hari kerap terjadi kemacetan di jalan raya. Hal tersebut dikarenakan banyak orang yang ingin segera berbuka, baik dilakukan di warung pinggir jalan atau di rumah bersama keluarga. Jadi alangkah baiknya jika ingin liburan sekedarnya bisa berangkat pagi dan sore sudah sampai rumah. Namun jika ingin lebih puas, maka bisa pulang sehabis buka di restoran atau warung pinggir jalan.

Selain itu, apabila tempat yang dituju umumnya panas. Maka alangkah baiknya berangkat di siang hari agar sampai tujuan sudah tidak terlalu panas. Saat liburan bersama keluarga memang menjadi salah satu momen yang menyenangkan, apalagi ditambah dengan bulan penuh rahmat yakni Ramadhan.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Membawa Bekal Untuk Berbuka

Gambar ini menunjukkan makanan dan buah berada di atas dashboard

Bekal yang dibawa untuk berjaga-jaga jika sudah waktu berbuka

Untuk bekal bisa diperlukan juga bisa tidak. Pasalnya saat liburan di bulan Ramadhan dan sedang berada di dalam mobil, membawa bekal tidak ada salahnya. Tujuannya adalah untuk berjaga-jaga siapa tahu saat datang waktu berbuku sedang terjebak kemacetan. Sehingga bekal ini dapat digunakan untuk membatalkan puasa saat datang waktu berbuka.

Untuk bekal yang dibawa disarankan adalah makanan ringan dan juga minuman. Kalau nasi bisa berhenti di warung atau restoran. Jika tidak maka bisa makan di rumah bersama keluarga, dengan begitu kebahagiaan akan lebih terasa.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai beberapa hal yang perlu diperhatikan saat liburan dengan mobil di bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya
    Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Pada saat kita melihat mobil kadang akan tampak sebuah antena yang berpostur kecil panjang dan lentur. Namun untuk mobil sekarang sudah menggunakan beberapa model yang berbeda untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga lebih terlihat praktis. Bagi sobat yang ingin melakukan penggantian bagian ini sebaiknya mengetahui jenis antena pada mobil.

  • Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil
    Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa aksesoris yang dipasangkan dengan fungsi tersendiri. Salah satu aksesoris yang mempunyai bentuk sirip ikan adalah shark fin yang letaknya berada di bagian atap mobil. Sebagian orang kadang melihat bagian ini merupakan tambahan belaka agar tampilannya tampak lebih keren. Tapi tahukah sobat, bahwa ternyata fungsi shark fin ternyata tidak hanya itu saja.

  • Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan
    Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.