Ingin Lap Microfiber Awet Dan Dipakai Berulang-Ulang, Begini Tipsnya!

06/10/2019 Abdul Tips & trik mobil

Pada saat melakukan pembersihan atau mencuci mobil, pemilik biasanya mengandalkan kain lap microfiber. Memang banyak dijual di pasaran beberapa jenis kain lap yang diperuntukkan kendaraan. Adapun bahan dasar dari kain microfiber adalah benang yang mempunyai tingkat kehalusan kurang dari 1 denier/filament dan diklaim lebih halus dibandingkan sutra.

Lap microfiber kerap dipakai untuk membersihkan kaca dan juga bodi mobil. Keunggulan yang dimiliki cukup banyak seperti dalam menyerap cairan, membersihkan debu, tahan lama, dapat digunakan berkali-kali dan cepat mongering. Jadi dengan sekali beli bisa dipakai berkali-kali dan tetap maksimal untuk melakukan kinerjanya.

Gambar ini menunjukkan beberapa kain microfiber dijadikan satu

Penggunaan lap microfiber mendapatkan hasil yang maksimal

>>> Baca Juga, nilah 3 Kain Pencuci Mobil Yang Baik Untuk Merawat Bodi Kendaraan

Untuk kualitas yang dimiliki cukup mumpuni dengan perpaduan yang sempurna sehingga hasilnya jadi lebih lembut. Di dalam kain microfiber terdapat 20% polyamide yang merupakan produk dari Nylon merupakan bagian serta kain yang dapat menyerap dan juga menghilangkan kotoran. Selanjutnya adalah 80% Polyester yang mempunyai manfaat untuk membersihkan kotoran dan residu lebih maksimal.

Meskipun begitu, agar dapat digunakan dalam waktu lama, kain microfiber perlu dilakukan perawatan. Karena tidak sedikit pula yang mengeluhkan kain yang dimiliki malah mengering seperti kerupuk atau masalah lainnya. Dalam hal perawatannya terbilang sederhana, namun kadang pemilik kurang begitu memperhatikan.

1. Mencucinya Sebelum Digunakan

Pada saat membeli lap microfiber diharapkan mencucinya terlebih dahulu sebelum pemakaian. Tujuannya adalah supaya lap dapat beradaptasi terhadap air. Caranya tergolong mudah yaitu dengan merendamnya menggunakan air hangat tanpa diberi pelembut ataupun detergen dalam beberapa mesin. Setelah itu dilanjutkan pemerasan dan kemudian dijemur. Dalam penjemuran tidak dilakukan di bawah sinar matahari secara langsung, jadi cukup terkena angin saja.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seseorang sedang memmbersihkan kaca depan mobil dengan wiper terangkat

Banyak jenis kain pembersih yang dijual di pasaran

2. Memisahkan Jika Penggunaannya Berbeda

Apabila proses pembersihan yang dilakukan terhadap beberapa fungsi, maka diharapkan untuk mempunyai lebih dari 1 kain microfiber. Sebagai contoh dalam proses mencuci mobil, ada yang dipakai untuk mengeringkan dan untuk pengaplikasian wax. Jadi antara lap untuk pengaplikasian wax dan pengeringan diharapkan memakai kain yang berbeda. Jangan 1 kain dibuat keduanya atau dicampur karena dari segi hasil tentu kurang begitu maksimal dan mengurangi daya tahan dari kain microfiber yang dimiliki.

3. Melakukan Pencucian Setelah Pemakaian

Adapun tahapan terakhir ini yang sering terlewat. Hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, misalnya karena sudah capek atau hal lainnya sehingga tidak sempat untuk melakukannya. Jadi setelah lap microfiber digunakan sebaiknya mencucinya tanpa memakai pelembut ataupun detergen. Proses ini sama dengan poin pertama yang telah disebutkan. Setelah itu keringkan dengan menjemurnya, tapi cukup dianginkan saja jangan langsung terkena sinar matahari. Dengan melakukan hal tersebut, di lain waktu saat akan menggunakannya kembali bisa langsung dipakai.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang kain microfiber warna biru ditempelkan pada kaca

Disarankan untuk menggunakan lebih dari satu microfiber saat melakukan beberapa fungsi

Melihat 3 tips dalam perawatan agar lap microfiber lebih awet dan digunakan berkali-kali, sebenarnya terlihat mudah memang. Namun saat terserang rasa malas dan sedang terburu-buru, kadang pemilik lalai dalam melakukan poin no 3. Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca