Ingin Kredit Mobil Bekas, Begini Tahapan Yang Perlu Ditempuh

22/11/2020 Abdul Tips & trik mobil

Kredit mobil bekas dapat dipilih jika budget minim tapi ingin mempunyai sebuah kendaraan yang nyaman. Biasanya orang yang membeli mobil bekas dengan sistem kredit tidak ingin pengeluaran bulanan terlalu banyak dan tanggungan mobil bisa selesai dengan cepat.

Mempunyai mobil tidak perlu baru, kalau bisa tidak masalah kalau budget kurang mobil bekas bisa dijadikan salah satu pilihan. Layaknya mobil baru, mobil bekas juga dapat dibeli dengan sistem kredit. Tentunya dari segi uang muka dan cicilan bulanan akan lebih murah saat kredit mobil bekas.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil warna putih dijual

Mobil bekas bisa dipilih karena harga lebih murah

>>> Lihat Juga, Kredit Mobil Ditolak, Mungkin Ini Salah Satu Penyebabnya

Jadi membeli mobil bekas kalau lewat perorangan tentunya harus cash. Karena biasanya seseorang menjual mobilnya karena kebutuhan atau ingin segera ganti dengan yang baru. Selanjutnya untuk melakukan kredit umumnya dilakukan melalui showroom mobil bekas. Berikut beberapa cara yang aman dalam membeli mobil bekas dengan menggunakan sistem kredit.

1. Memilih Leasing Atau Bank Yang Terpercaya

Showroom biasanya bekerjasama dengan pihak Bank atau leasing dalam penjualan mobilnya. Nah Sobat bisa memilih leasing atau bank terpercaya yang ditawarkan oleh pihak showroom. Sobat bisa memilih yang dalam pengawasan OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu pilihlah yang mempunyai bunga paling ringan, Sobat juga bisa mencari informasi terkait bank ataupun leasing yang ditawarkan.

2. Menentukan Asuransi

Dalam melakukan kredit mobil bekas selanjutnya adalah dengan menentukan asuransi mobil. Sobat bisa memilih asuransi yang mempunyai jangka waktu yang disamakan dengan waktu cicilan kendaraan. Umumnya terdapat pilihan asuransi seperti TLO dan All Risk. Dalam hal ini pemilihan disesuaikan dengan karakteristik pribadi.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi isuransi mobil

Asuransi menjadi hal penting yang perlu dipertimbangkan

>>> Baca juga, Solusi Tak Sanggup Bayar Kredit Mobil

3. Pengajuan Kredit Mobil Bekas

Apabila telah memilih dan menyukai mobil bekas yang diinginkan. Maka lakukan pengajuan dengan pihak layanan pembiayaan seperti bank atau kantor leasing dengan penjual. Hal ini dilakukan saat membeli di perorangan, sedangkan biasanya kalau di showroom terima beres. Pastikan penjual membawa berkas lengkap dan pembeli membawa KK, KTP, slip gaji, rekening telepon, fotocopy rekening tabungan dan nomor listrik rumah. Berkas-berkas tersebut merupakan syarat pengajuan kredit mobil.

4. Survey Mobil Bekas

Apabila persyaratannya telah lengkap maka pihak leasing atau bank akan mensurvei kendaraan bekas yang akan di kredit. Jadi pihak petugas akan melihat mobilnya untuk memastikan apakah mobil dapat dikredit atau tidak. Sobat juga perlu mengetahui mengenai mobil yang bisa menggunakan sistem kredit, umumnya mobil memiliki umur maksimal adalah 10 tahun. Lebih dari itu biasanya tidak di acc.

5. Konfirmasi

Hal terakhir dalam melakukan kredit mobil bekas adalah menunggu konfirmasi. Apabila telah lolos dari survey maka Sobat akan dihubungi oleh pihak leasing atau bank untuk memberi konfirmasi apakah pengajuan disetujui atau tidak. Jika di acc maka Sobat akan dihubungi dan melakukan tanda tangan pada beberapa dokumen berkaitan dengan peraturan yang berhubungan dengan metode pembayaran, jumlah cicilan dan lainnya.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang bolpoin

Setelah tanda tangan maka pembeli sudah bisa membawa mobil dan resmi kredit mobil

Bila semuanya sudah selesai maka pihak leasing atau bank akan melakukan pencairan dana yang diberikan kepada pihak penjual. Nah setelah itu pembeli sudah resmi melakukan kredit mobil dan membayar cicilan tiap bulan sesuai kesepakatan.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International