Ingin Kinerja Wiper Maksimal Saat Hujan, Lakukan Hal ini

29/03/2018 Abdul Kosim Tips & trik mobil

Kinerja wiper sangatlah diperlukan terutama saat musim penghujan. Guyuran air hujan akan mengganggu kinerja kaca Mobil depan karena menjadi buram. Hal ini hanya dapat diatasi dengan menyalakan wiper supaya air hujan dapat tersapu habis mengikuti geraknya. Melihat hal tersebut, kinerja wiper maksimal sangat diperlukan. Jika tidak maka bisa saja kaca masih terhalangi oleh air hujan dan pandangan pengemudi terhadap jalan tidak jelas.

Apabila ingin membuat kinerja wiper maksimal, membutuhkan beberapa langkah yang harus dilakukan secara berkala. Hal tersebut meliputi pengecekan, perawatan dan pergantian. Langkah ini sangatlah diperlukan mengingat saat musim penghujan setiap hari kaca Mobil terkena air hujan.

Daripada penasaran, lebih baik Anda menyimak informasi selengkapnya di bawah ini yang bisa memberikan manfaat bagi pengendara Mobil khususnya.

1. Jaga selalu elastisitas karet wiper

Wiper terbuat dari beberapa bahan material yang tentunya berbeda seperti rangka besi dan juga karet. Karet ini berhubungan langsung dengan kaca Mobil dan tugasnya membersihkan kaca dari air dan kotoran yang menempel. Untuk menjaga bagian ini hal yang perlu dilakukan adalah memperhatikan saat parkir. Jadi ketika melakukan parkir sebaiknya hindari tempat yang terkena sinar matahari secara langsung. Panas matahari akan diserap oleh kaca Mobil sehingga dampaknya juga dirasakan oleh karet wiper.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan yang sedang melakukan pengecekan pada karet wiper

Karet wiper yang keras tidak dapat membersihkan kaca dengan maksimal

Apabila pemilik Mobil nekat memarkirkannya di tempat yang panas, maka karet tersebut akan cepat mengering dan mudah pecah. Jika tidak ada tempat lain maka solusinya adalah mengganjal wiper atau diangkat ketika ingin meninggalkannya.

>>> Mungkin tertarik, Tips Mencegah Timbulnya Goresan Saat Parkir Mobil

2. Hati-hati ketika mencuci wiper

Pada saat melakukan pencucian kendaraan sebaiknya lebih berhati-hati. Memang umumnya mereka melupakan bagian ini, akan tetapi jika ingin membersihkan jangan menggosok karet wiper karena bagian tersebut terlapisi oleh cairan khusus. Cairan tersebut memiliki fungsi untuk melindungi dan juga melembabkan karet wiper.

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memegang tangkai wiper dan menaikkannya

Menggosok karet wiper dapat menghilangkan pelindungnya

Lantas bagaimana cara mencuci karet wiper? Tenang karena hal tersebut tidak repot kok. Anda cukup menyiramnya dengan air bersih saja, setelah itu keringkan dengan membiarkannya terangkat. Jangan menggosoknya ataupun memberinya sabun.

3. Poros wiper juga perlu di cek

Agar kinerja wiper maksimal terdapat bagian lain yang membutuhkan perhatian yakni poros wiper. Cara merawatnya sangat mudah, hanya dengan memberikan pelumas saja secara berkala dengan tujuan mencegah poros mengalami keausan. Selain hal tersebut, tujuan lainnya adalah melancarkan gerak wiper saat melakukan tugasnya tanpa hambatan.

Gambar ini menunjukkan dua tangan memegang poros wiper dan yang satunya tangkai wiper

Cek tiap bagian pada wiper agar kinerjanya tetap maksimal

>>> Klik di sini untuk mengeupdate informasi harga Mobil terbaru

4. Mengisi cairan wiper

Mungkin Anda yang pernah membuka ruang mesin akan mengetahui bahwa terdapat tangki yang khusus untuk diisi cairan pembersih kaca. Pada umumnya pemilik Mobil mengisinya dengan menggunakan air biasa. Namun sangat disarankan untuk mengisinya dengan cairan yang dikhususkan untuk membersihkan kaca Mobil.

Gambar ini menunjukkan tangki air wiper sedang diisi cairan melalui sebuah botol khusus cairan wiper

Isi tangki wiper dengan cairan khusus pembersih kaca Mobil

Cairan khusus tersebut biasanya sudah ada kandungan yang membuat kaca Mobil menjadi licin dan kotoran yang menempel jadi mudah untuk dibersihkan. Dengan begitu maka pembersihan menjadi lancar tanpa adanya potensi wiper tersendat saat melakukan tugasnya. Tidak hanya itu saja, cairan ini juga melindungi karet wiper tetap maksimal dan kaca Mobil tidak mudah tergores.

5. Mengganti wiper secara berkala

Untuk memastikan kinerja wiper maksimal Anda harus selalu melakukan pemeriksaan. Apabila sudah muncul bunyi decitan atau karet wiper agak keras atau getas, maka sebaiknya pergantian segera dilakukan. Gantilah dengan yang baru supaya kembali melakukan kerjanya dengan baik dan pandangan pengemudi terhadap jalan lebih jelas.

Gambar ini menunjukkan beberapa buah wiper baru yag masih dalam kotak

Ganti wiper yang sesuai karena tiap merek emmiliki ukuran berbeda

Dalam melakukan pergantian karet atau dudukannya sebenarnya tergantung pemakaian. Biasanya karet wiper yang terawat melakukan pergantian 1 tahun sekali. Namun jika porosnya yang mengalami kerusakan juga perlu diganti dengan yang pas. Ukuran wiper berbeda-beda, jadi jangan sampai keliru ketika ingin melakukan pergantian.

>>> Klik di sini untuk mengeupdate tips dan trik lainnya

Share This:

Mungkin Anda mau membaca