Ingin Beli Mobil, Perhatikan Dahulu 2 Hal Penting Dalam Spesifikasi Mobil

18/11/2019 Abdul Tips & trik mobil

Ketika berniat membeli mobil tentunya akan melihat beberapa spesifikasi kendaraan, terutama di kolom mesin. Namun sebenarnya terdapat 2 hal penting dalam spesifikasi mobil yang perlu diperhatikan, apa sajakah itu?

Jadi 2 hal penting dalam spesifikasi mobil meliputi jarak sumbu roda (wheelbase) dan ground clearance. Yang mana untuk ground clearance adalah jarak bagian bawah mobil atau sasis dengan dasar ban. Namun biasanya lebih gampang disebutkan oleh kebanyakan orang jarak dengan tanah. Hal tersebut tidak masalah asalkan paham dengan kata-kata yang dimaksudkan.

Gambar ini menunjukkan beberapa mobil dan orang dalam ruangan

Terdapat beberapa pertimbangan saat ingin membeli mobil

>>> Baca Juga, Mau Beli Mobil, Pahami Perbedaan Kredit Mobil Syariah Dan Konvensional

Adapun ground clearance yang ideal terbilang sangat penting pada mobil, terutama untuk kendaraan penumpang. Hal tersebut dikarenakan panjang travel suspensi akan berpengaruh dengan kenyamanan dan performa suspensi. Jadi semakin tinggi ground clearance menunjukkan bahwa suspensinya juga lebih panjang. Apalagi di Indonesia tidak semua jalanan mulus, kadang kita menemui jalanan yang tidak rata atau bergelombang sehingga membutuhkan jarak mobil dengan tanah yang tinggi.

Untuk ground clearance pada mobil yang dijual di Indonesia terbagi jadi 3 kategori yakni rendah, sedang dan tinggi. Untuk yang rendah ukuran ground clearancenya adalah 170mm sampai 180 mm. Yang mana jarak tersebut digunakan mobil seperti Toyota Agya dan All New Sienta.

Kategori selanjutnya adalah sedang, yang mana tingginya adalah 190mm sampai 200 mm. Salah satu mobil yang menggunakan tinggi ground clearance sedang adalah Toyota Avanza yang merupakan kendaraan keluarga sejuta umat.

Untuk yang terakhir adalah kategori tinggi dengan ukuran lebih dari 200 meter. Yang mana tinggi tersebut biasanya dimiliki oleh mobil dalam segmen SUV seperti Toyota Rush yang tingginya 220 mm.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan ilustrasi tinggi ground clearance pada kendaraan

Melintasi jalanan yang rusak dan bergelombang membutuhkan ground clearance yang tinggi

>>> Baca Juga, Kelebihan Dan Kekurangan Membeli Mobil Bekas Over Kredit

Selanjutnya untuk 2 hal penting dalam spesifikasi mobil adalah soal wheelbase. Yang mana banyak yang menilai bahwa wheelbase juga mempunyai peranan terhadap performa suatu kendaraan. Hal tersebut jika dilakukan peninjauan dari segi kenyamanan. Terutama untuk tempat duduk paling belakang dan juga kapasitas bagasi yang dimiliki oleh kendaraan.

Jadi ketika wheel base yang dimiliki mobil sudah ideal, maka kenyamanan juga akan dirasakan oleh penumpang yang duduk di baris belakang. Lazimnya adalah semakin panjang jarak sumbu roda yang dimiliki suatu kendaraan, maka akan membuat aktivitas mengemudi semakin asik.

Seperti yang diketahui, wheelbase sendiri merupakan jarak antara pusat roda belakang dengan pusat roda depan. Pada mobil dengan 4 roda maksudnya adalah jarak horizontal dari sentral rotasi roda depan dan roda belakang. Pada saat mobil dalam kondisi seimbang maka semua torsi yang melakukan kinerjanya adalah nol.

Jarak sumbu roda memiliki pengaruh terhadap besaran gaya yang bekerja pada setiap pasang roda mobil. Jadi ketika semakin panjang jarak sumbu roda maka gaya yang dihasilkan pada roda menjadi lebih stabil. Hal inilah yang dapat membuat kenyamanan mengalami peningkatan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan ilustrasi wheelbase pada mobil

Whellbase mobil berpengaruh pada dimensi dan kenyamanan

Jadi agar kenyamanan lebih didapatkan, Sobat bisa melihat 2 hal penting dalam spesifikasi mobil seperti yang telah dijelaskan di atas. Tentunya setiap orang yang membeli mobil mengharapkan kenyamanan maksimal yang dapat dirasakan oleh diri sendiri dan keluarga. Bagi Sobat yang suka jelajah dan berpetualang serta sering melintasi jalanan yang kurang baik bisa memilih mobil dengan ground clearance yang tinggi. Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan, semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca