Ingin Beli Honda CR-V Bekas Gen 3, Perhatikan Hal Ini Dulu!

06/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Honda CR-V merupakan mobil SUV tangguh yang mempunyai reputasi yang sangat baik. Dihadirkan sejak tahun 2007 untuk memenuhi kebutuhan berkendara masyarakat Indonesia, terutama yang suka melewati segala medan jalan. Bahkan Mobil Honda CR-V bekas yang merupakan generasi ketiga tersebut juga masih banyak diminati.

Selain itu, mobil generasi ketiga dari CR-V ini meman modelnya sangat up to date dan perbedaannya sangat signifikan dibandingkan model sebelumnya. Bahkan apabila perbandingan dilakukan dengan mobil baru harga Rp. 200 jutaan, Honda CR-V bekas generasi ketiga ini masih dapat ikut bersaing.

Untuk harganya sendiri terbilang masih sangat baik, yang mana dalam kondisi bekas biasanya dijual dengan harga kisaran Rp. 150 jutaan. Sangat berbeda dengan para kompetitornya dengan harga sekitar Rp 140 jutaan mempunyai tahun keluaran yang sama.

Apakah sobat tertarik ingin membelinya? Jangan sembarangan, berikut beberapa hal yang perlu diperhatikan agar mendapatkannya dalam kondisi yang benar-benar baik.

1. Perhatikan Bagian Mesin

Gambar ini menunjukkan mesin Honda CR-V gen 3

Mesin Honda CR-V cukup mumpuni

>>> Lihat Juga, Daftar Harga Honda CR-V April 2019: Mobil SUV Dengan Pilihan Kapasitas 5 Dan 7 Penumpang

Salah satu hal yang patut menjadi pertimbangan saat beli mobil bekas adalah usia pakainya. Dalam hal ini sobat bisa melihatnya langsung di bagian odometer berapa total jarak tempuh yang dilakukan kendaraan. Dengan begitu sobat bisa memperkirakan kondisi mesinnya, apakah sudah diajak bekerja keras atau pemakaian normal.

“Odometer banyak bisa jadi mobil lelah, tapi itu buat patokan saja, yang terpenting cek langsung sebelum beli,” Ucap Sarto Rombe selaku Service Manager Honda Megatama Kapuk, Jakarta Utara.

Setelah itu, jika dipastikan dalam pemakaian normal maka selanjutnya adalah memeriksa bagian ruang mesinnya tidak terjadi kebocoran.

“Pastikan mesin dalam kondisi kering, tanpa ada lelehan pelumas atau cairan yang ada pada bagian ini,” tuturnya.

Selain dilihat dari fisik, memeriksa kondisi mesin juga dilakukan melalui bunyinya. Dengarkan suara mesin dalam kondisi menyala, apabila ada suara yang mengganjal atau asing segera tanyakan penyebabnya.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terbaru

2. Perhatikan Bagian Suspensi

Gambar ini menunjukkan suspensi mobil Honda CR-V gen 3 dan terlihat rodanya

Mobil yang dipaksa melewati jalan berlubang dan polisi tidur dengan kecepatan tinggi maka kinerja suspensi berkurang

Selanjutnya dalam membeli mobil Honda CR-V bekas, hal yang perlu diperhatikan adalah suspensi. Jadi bagi daerah yang jalannya banyak lubang atau polisi tidur, bagian ini perlu diperiksa dengan teliti. Hal tersebut dikarenakan mobil yang kerap melewati jalanan berlubang atau ada polisi tidur dan tidak menghiraukannya bisa membuat suspensi menurun kinerjanya. Bisa saja pemilik sebelumnya kerap memacu kendaraan dalam kondisi tersebut tanpa mengurangi kecepatan.

“Periksa suspensinya langsung, perhatikan kondisi aktual, dan bunyi-bunyi dari bagian ini,” ucap Sarto.

>>> Baca Juga, Mobil Tidak Nyaman Dikendarai? Bisa Saja Ada Masalah Pada Suspensi Mobil

3. Cek Sejarah Servis

Gambar ini menunjukkan mobil Honda CR-V generasi 3 tampak bagian depan

Mobil bekas yang dilakukan servis berkala kondisinya akan tetap prima

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Melakukan servis berkala juga menjadi faktor mobil tetap dalam kondisi prima. Karena jika perawatan dilakukan maka mobil jarang mengalami kerusakan parah, saat ada masalah kecil segera ditangani sehingga komponen atau bagian mobil lain kondisinya akan tetap maksimal.

“Kalau dapat unit dengan historical service atau punya service record, lebih enak lagi,” sebutnya.

Jadi saat membeli mobil menanyakan catatan servis bisa dilakukan. Apalagi bagi Honda CR-V generasi ketiga yang umurnya sudah lebih 10 tahun. Maka saat ada penggantian komponen akan dapat diketahui. Berbeda dengan mobil bekas tanpa catatan record servis, apa yang diganti dan pernah rusak tidak diketahui.

Jika ragu akan kondisi Honda CR-V, sobat bisa mengajak teknisi atau teman yang paham akan mesin dan seluk beluk kendaraan. Dengan begitu sobat bisa mendapatkan mobil Honda CR-V bekas dalam kondisi yang baik.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International