Ingin Belajar Mengemudi Mobil Manual, Coba Tips Ini Agar Tidak Panik

15/01/2020 Abdul Tips & trik mobil

Belajar mengemudi di zaman sekarang memang tergolong lebih mudah. Banyak penyedia kursus mengemudi mobil, tinggal menyediakan budget maka akan dibantu sampai bisa. Namun kadang seseorang tidak mempunyai banyak dana untuk melakukannya dan belajar mengemudi mobil manual dengan teman atau saudara.

Belajar mengemudi mobil manual tidak usah panik. Memang kadang muncul ketakutan dan kebingungan saat pertama kali melakukannya. Apalagi saat membayangkan beberapa resiko yang bisa saja terjadi, maka bisa membuat kebimbangan saat ingin belajar berkendara.

Berikut ini merupakan beberapa hal yang dapat dilakukan untuk meminimalisir rasa panik dan takut saat belajar mengemudi mobil manual.

1. Mengatur Posisi Tempat Duduk

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang ingin mengatur posisi mengemudi

Posisi duduk yang nyaman akan membuat lebih tenang

Kenyamanan menjadi salah satu hal yang dapat membuat pengemudi lebih tenang dan rileks. Jadi ketika belajar mengemudi pengaturan jok mobil perlu dilakukan. Selain itu, dengan mengaturnya pandangan terhadap jalan jua bisa lebih luas. Aturlah kursi sesuai dengan kebutuhan dan pastikan tidak terhalang oleh dashboard.

Selanjutnya, pengaturan jok juga perlu menyesuaikan dengan pedal rem, kopling dan gas. Apabila terlalu jauh maka akan membuat pengemudi kesulitan dalam menginjaknya. Sandaran jok mobil juga perlu diperhatikan, pastikan telah membuat Sobat dalam posisi yang benar-benar nyaman. Memang terasa sepele sih, tapi akan memberikan manfaat ketika melakukan akselerasi. Mengingat punggung menjadi penopang tubuh dan bisa merasakan sesuatu ketika sedang mengemudi.

Dengan posisi duduk yang nyaman dan tepat maka saat belajar mengemudi akan mengurangi rasa panik.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

2. Memahami Fungsi Alat dan fitur Yang Terdapat Pada Kendaraan

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan sedang menekan fitur power windows

Mengetahui cara menggunakan fitur pada mobil itu penting

Di dalam mobil terdapat alat dan fitur yang terdapat di dalam mobil. Bagi seseorang yang belajar mengemudi perlu mengetahui kegunaan dan tempatnya, sehingga saat menggunakannya tidak akan keliru. Hal utama yang perlu diketahui adalah pedal pada mobil, untuk tata letaknya adalah pedal kiri adalah kopling, tengah rem dan paling kanan adalah gas.

Selanjutnya, pada bagian samping kiri pengemudi merupakan tuas transmisi dan juga tuas rem tangan. Tuas transmisi merupakan alat untuk memindahkan posisi gigi transmisi pada mobil dan mengatur tenaga serta kecepatan kendaraan. Sementara untuk rem tangan berguna ketika dalam kondisi berhenti atau saat parkir.

Tidak hanya itu saja, masih ada fitur lain yang perlu dipahami bila mobil memilikinya. Seperti misalnya cruise control, ESC dan lainnya. Cobalah menggunakan fitur tersebut dan pahami penggunaannya.

>>> Baca Juga, Beberapa Potensi Bahaya Saat Belajar Mengemudi Otodidak, Perlu Diwaspadai

3. Melaju Secara Perlahan

Gambar ini menunjukkan sebuah mobil melaju di tanah lapang

Belajar di tanah lapang akan merasa lebih tenang

Setelah mengetahui fungsi alat dan fitur serta mengatur jok mobil, selanjutnya dalam belajar mengemudi mobil manual adalah mencoba menjalankan kendaraan. Untuk tekniknya dengan menekan pedal kopling menggunakan kaki kiri kemudian memindah tuas persneling ke nomor 1. Setelah itu dilanjutkan dengan melepaskan tuas rem tangan dan melepas kopling secara perlahan dibarengi dengan menginjak pedal gas. Apabila timbul rasa panic bisa dengan mendengarkan lagu kesukaan.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

4. Belajar Dengan Yang Ahli

Gambar ini menunjukkan seorang wanita yang belajar mengemudi dengan dampingi seseorang

Untuk mendapatkan pemandu profesional adalah di tempat kursus

Untuk tahap belajar pertama kali memang seharusnya mengajak seseorang yang sudah ahli dalam mengemudikan mobil. Dengan melakukannya maka akan terasa lebih tenang karena ada seseorang di samping kita yang memandu. Apalagi pengajar yang diajak sudah profesional dalam menghadapi para pemula, tentunya pihaknya akan memahami metode yang tepat untuk Sobat.

Namun apabila ingin mendapatkan pengajar yang benar-benar professional dan mengetahui akan teknik pengajaran maka bisa melakukannya dengan kursus setir mobil.

5. Memperbanyak Jam Terbang

Adapun tips terakhir agar tidak panik dalam belajar mengemudi mobil adalah dengan memperbanyak jam terbang. Dengan banyak latihan maka akan semakin terbiasa dan rasa panik akan hilang. Sobat bisa melakukan latihan di tempat yang luas dan sepi agar lebih tenang.

Jika kurang PD maka mengajak teman yang sudah ahli dalam mengemudikan mobil menjadi salah satu solusi yang tepat.

Demikianlah informasi mengenai tips menghilangkan panik saat belajar mengemudi mobil manual. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca