Ingatlah 4 Tips Ini Agar Tetap Fokus Saat Mengemudi

18/10/2017 Adrian Suherman Tips & trik mobil

Hampir 80% kecelakaan mobil terjadi karena adanya gangguan pada pengemudi atau yang biasa dikenal dengan distracted driving. Namun, soal ini bisa diatasi secara mudah karena ia berasal dari kebiasaan sehari-hari pengemudi. Agar Anda bisa fokus saat mengemudi, simak tips berikut ini

1. Tidak menggunakan ponsel jika mengemudi

Menurut hasil penelitian berbagai negara, penggunaan ponsel baik untuk berkomunikasi, sms bahkan mengakses jejaring sosial saat berkendara  menimbulkan risiko kecelakaan yang bisa lebih berbahaya dibandingkan orang yang mengemudi dalam pengaruh obat-obatan ataupun minuman keras.

Gambar seorang sedang menggunakan ponsel Iphone jika mengemudi

Jangan gunakan ponsel saat mengemudi

Sebab saat pengemudi menggunakan ponsel seperti untuk sms atau mengakses situs jejaring sosial hingga mengunggah foto, hal tersebut akan butuh waktu dan akan menyita fokus pengemudi pada jalan. Dan kasus ini yang kerap tidak disadari betapa besar bahaya yang siap menanti di depannya.

Dalam keadaan tertentu yang sangat urgent/darurat apabila ada telepon atau SMS penting, langkah baiknya Anda menepi terlebih dahulu untuk menerimanya, demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain.

2. Segera menepi jika mengantuk

Mengemudikan kendaraan dalam keadaan mengantuk tidak disarankan  di negara mana pun. Di Indonesia, pengemudi yang mengantuk sering terlibat kecelakaan yang tidak hanya melukai atau membunuh pengemudi itu sendiri, melainkan orang lain.

Seorang pria sedang tidur sangat nyenyak dalam sebuah kursi depan mobil

Anda perlu menepi jika mengantuk

Bila Anda merasa mengantuk ketika mengemudi, mungkin Anda sering mengatasinya dengan minum kopi atau mengunyah permen. Cara ini sudah terbukti mampu meningkatkan kewaspadaan secara ilmiah, tapi hanya untuk periode yang singkat. Jadi seperti itu, berhentilah sekitar 20-30 menit di tempat yang aman dan tidur sebentar. Setelah itu, Anda tetap merasa lebih segar dan bisa lebih fokus.

3. Jangan makan selagi mengemudi

gambar seorang sedang mengemudi sambil memegang hambuger dan minumannya

Sangat berbahaya jika Anda makan saat mengemudi

Kondisi buru-buru berangkat kerja mungkin membuat Anda tidak sempat untuk sarapan. Akibatnya, Anda makan sarapan di dalam mobil saat berkendara. Mungkin memang benar bahwa hal ini akan mempersingkat waktu. Namun, hal ini akan membuat Anda kurang perhatian dengan kondisi jalan dan pengemudi lain di sekitar Anda. Sangat berbahaya jika ada makanan tumpah yang bakal jadi sumber malapetaka Anda di jalan raya. Anda ingin membersihkannya, akibatnya Anda tidak tahu kondisi depan jalan.

4. Hindari aktivitas multitasking

Seorang bisnis pria sedang makan serta menelpon saat mengemudi

Banyak orang yang melakukan beragam aktivitas selagi mengemudi mobil

Banyak orang yang melakukan beragam aktivitas selagi mengemudi mobil, seperti menelepon teman, mencari lagu yang enak di radio, bahkan mengetik sms di ponsel. Jangan lakukan hal tersebut. Tetaplah fokus dengan jalan. Lakukan aktivitas-aktivitas yang menyita perhatian ketika Anda sedang menepi.

Itulah beberapa tips terbaik untuk mempertahankan fokus selama mengemudi di jalan. Kami berharap tips tips ini akan membantu Anda agar menjamin keamanan untuk diri sendiri maupun orang-orang di sekitar Anda saat mengemudi.

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International