Ingat, Sebelum Memasang Peredam Kendaraan Ketahui Produknya Terlebih Dahulu

07/07/2019 Abdul Tips & trik mobil

Kenyamanan di dalam mobil merupakan salah satu yang hal yang kerap diutamakan pemilik kendaraan. Memang mobil telah didesain sedemikian rupa supaya aman dan nyaman saat dikendarai. Namun meningkatkan kenyamanan tidak ada salahnya, hal ini kerap dilakukan oleh beberapa orang dengan memasang peredam kendaraan. Dengan memasangnya maka akan mendapatkan keuntungan seperti di dalam kabin jadi lebih senyap dan bisa mengurangi gangguan suara dari luar mobil.

Peredam kendaraan tidak hanya berfungsi menjadikan kabin lebih senyap saja. Namun ternyata banyak sekali manfaat yang bisa didapatkan jika melakukan pemasangan. Hal tersebut seperti diungkapkan oleh Yanto selaku instalatur audio Begja Autotronics.

Gambar ini menunjukkan peredam yang dipasangkan pada lantai mobil

Terdapat banyak jenis peredam yang dijual di pasaran

>>>  Baca Juga, Ingin Suara Audio Lebih Mantap, Ini Tempat Memasang Peredam Audio Mobil Yang Disarankan!

“Selain untuk membuat kabin mobil lebih senyap atau hening, peredam mobil yang bagus juga berfungsi untuk menahan panas, menahan getaran serta untuk meredam suara audio mobil tidak memantul sehingga kualitas audio yang didengar telinga lebih bagus atau kedengaran jernih.” ujarnya.

Jadi untuk jenis peredam terdapat banyak jenis dengan harga murah. Untuk saat ini peredam yang terbilang baik dijual dipasaran adalah menggunakan bahan aspal. Namun untuk peredam yang baik sekarang ini memakai bahan utama karet butyl atau Rubber Butyl. Bahan tersebut pemasangannya sangat cocok di bagian pintu mobil. Untuk contohnya adalah peredam yang dimiliki brand Noisekill yang saat ini sedang menjadi bahan pembicaraan karena sedang ramai di pasaran. Bahkan brand tersebut merupakan salah satu pelopor peredam yang mengandalkan Rubber Butyl untuk bahannya.

“Brand Noisekill yang menggunakan bahan utama Rubber Butyl ini dapat menjaga ketahanan panas agar tidak merambat dan bahan Rubber Butyl tidak meleleh saat digunakan. Selain itu, Peredam Mobil yang menggunakan bahan Rubber Butyl lebih aman dan baik untuk kesehatan, dibandingkan dengan bahan utama aspal yang meleleh dalam suhu panas dan dapat mengeluarkan gas beracun Hidrogen Sulfida (H2S) yang berpotensi terhirup dan berbahaya bagi penumpang di dalam mobil,” ungkap Frans Eko Margo selaku Manager Nexindo Audio Nugraha dan Noisekill.

Peredam jenis ini juga maksimal dalam meredamkan kabin mobil dan fungsi lainnya. Jadi fungsi utamanya tidak ditinggalkan, sehingga konsumen tidak perlu khawatir dengan kinerjanya. Bahkan bobot yang dimiliki juga lebih ringan.

“Lagipula, tanpa meninggalkan tujuan utamanya, peredam mobil ini juga maksimal dalam meredam suara dari luar tidak masuk ke dalam. Dan efek suara audio mobil yang didengar oleh telinga juga jauh lebih baik, karena pantulan suara ke dinding mobil jauh berkurang. Lagipula, peredam mobil jenis Rubber Butyl ini jauh lebih ringan daripada aspal, hampir setengah bobotnya aspal,” sambung Frans.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan pemasangan peredam bahan Rubber Butyl

Peredam Rubber Butyl mempunyai bobot lebih ringan

>>>  Lihat Juga, Tips Menjaga Interior Mobil Untuk Orang Pemalas

Banyak pilihan peredam kendaraan di pasaran, mulai dari yang harganya murah sampai kelas premium. Sehingga mengharuskan pemilik mobil untuk memilih dengan pintar jenis yang diinginkan. Bahkan bahan material yang digunakan juga banyak seperti aspal, busa, gel, rubber butyl ataupun alumunium foil.

Peredam mobil tidak hanya menggunakan 1 jenis untuk dipasangkan semua bagian kendaraan. Akan tetapi faktanya disesuaikan dengan bagian kendaraan yang akan dilakukan pemasangan. Jadi dalam hal ini memilih yang sesuai, karena memang terdapat jenis peredan yang dibuat khusus untuk beberapa bagian mobil seperti atap ataupun pintu kendaraan dan lainnya.

Dibandingkan peredam jenis aspal, bobot Rubber Butyl lebih ringan.  Kalau aspal mencapai 3 kg per meter persegi, sedangkan Rubber Butyl hanya 0,9 kg saja. Sementara soal harga sebenarnya tidak jauh berbeda, namun soal pilihan tergantung sobat sebagai pemilik mobil.

Hal lainnya yang kadang dipermasalahkan adalah soal beban setelah pemasangan peredam. Umumnya untuk peredam aspal akan bertambah 40 sampai 80 kg. Sedangkan untuk peredam jenis Rubber Butyl hanya 10 sampai 40 kg saja tergantung jenis dan bagian pada kendaraan yang akan dipasangi peredam. Namun tunggu dulu, karena berkaitan hal ini Mas Yanto memberikan pandangannya.

“Itu sebenarnya tergantung dari kebutuhan dan prioritas pengguna kendaraan. Ada pengguna yang lebih mengutamakan performa, tingkat kenyamanan maupun kualitas audio mobil dalam kendaraan. Lagipula mobil dengan tenaga yang kuat tidak akan merasakan perbedaan bobot Rubber Butyl yang full mobil saja hanya sekitar 40 kg. Kalau menggunakan Aspal karena lebih berat ya bebannya lebih terasa, bahkan beban beratnya itu berpotensi merusak engsel pintu dan per pikul dan per keong mobil dalam jangka waktu panjang. Jadi, ya tergantung masing-masing sih ya,” tambah Yanto.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan seorang pria memasang peredam pada pintu mobil

Pemasangan peredam memiliki banyak fungsi

Peredam kendaraan tidak hanya bobot saja yang diperhatikan, namun ketebalan juga patut dipertimbangkan. Akan tetapi untuk hal terpentingnya adalah density serta kepadatan yang dimiliki. Peredam dengan harga murah terdapat banyak dengan kondisi tebal namun tidak padat atau tipis tapi padat namun mudah sobek ataupun bolong.

“Salah pemahaman sering terjadi di banyak pembeli Peredam Mobil. Peredam Mobil terbaik bukan berarti yang paling tebal dan paling berat. Peredam Mobil tipis pun asal padat dan kuat dan mampu meredam dengan baik, maka cocok untuk kebutuhan mobil tersebut. Jadi jangan salah pilih peredam mobil yang cocok untuk mobil kita,” tutup Yanto.

Demikianlah informasi tentang peredam kendaraan yang perlu diketahui produk dan jenisnya. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu!
    Ingin Beli Mobil Operasional kantor, Perhatikan Ini Dulu! Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai banyak fungsi, tidak hanya untuk kendaraan pribadi saja. Seperti yang diketahui, bahwa saat di kantor akan ada kendaraan yang digunakan untuk operasional. Saat ingin membeli mobil operasional kantor tidak boleh sembarangan, karena kendaraan memang digunakan untuk kegiatan perusahaan dan jangka panjang.

  • Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau
    Ini Rekomendasi Mobil Untuk Drifting Dengan Harga Terjangkau Abdul Tips & trik mobil

    Dunia otomotif memiliki banyak inovasi yang membuatnya terbagi jadi beragam hobi dan keahlian. Seperti misalnya seseorang yang memiliki jiwa petualang akan senang untuk melakukan off road ke tempat yang menantang. Tidak hanya itu saja, ada pula yang menyenangi dunia drifting sehingga membutuhkan mobil yang benar-benar tepat. Lantas apakah ada rekomendasi mobil untuk drifting?

  • Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu
    Semakin Maju, Ini Perbedaan Beli Mobil Bekas Zaman Sekarang Dengan Dahulu Abdul Tips & trik mobil

    Dari jaman dahulu sampai sekarang mobil bekas tetap menjadi primadona bagi sebagian orang. Hal tersebut bisa disebabkan karena faktor ekonomi ataupun karena mobil yang disukainya sudah tidak dikeluarkan lagi. Tapi adakah perbedaan beli mobil bekas zaman sekarang dengan dahulu?