Ingat, Merawat Lampu LED Juga Diperlukan

05/05/2019 Abdul Tips & trik mobil

Semakin kesini teknologi makin maju, bahkan beberapa mobil telah dilakukan upgrade agar berkendara lebih nyaman. Salah satu teknologi yang banyak digunakan pada mobil sekarang adalah lampu LED. Tapi tahukah sobat, bahwa merawat lampu LED juga diperlukan.

Merawat lampu LED terbilang mudah, namun sebelumnya kami berikan informasi mengenai kelebihan dan kekurangannya. Tujuan mengetahuinya adalah supaya bisa menggunakan lampu LED dengan maksimal sehingga perjalanan menggunakan mobil tetap aman dan nyaman.

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota dengan lampu depan menyala sangat terang

Lampu LED memiliki kelebihan dan kekurangan

>>> Lihat Juga, Bikin Lampu Rem Belakang Menyilaukan Tak Hanya Pelanggaran, Tapi Juga Membahayakan

Kalau kelemahannya adalah ketika menempuh perjalanan dalam kondisi sedang hujan atau berkabut. “Untuk kelemahannya yaitu saat cuaca sedang hujan atau kabut,” ucap Lily Hermawan yang menjabat sebagai Direktur CV SPN, distributor lampu merek Autovision pada saat peluncuran lampu LED Autovision pada acara GIIAS tahun lalu.

Akan tetapi jangan khawatir, karena jika saat ingin mengganti lampu LED dan pemilihannya tepat maka hal tersebut tidak masalah. Dari pihak Lily memberikan tambahan, bahwasanya lampu LED dengan 6.000 kelvin mempunyai pencahayaan yang tergolong baik. Jadi jangan sampai salah pilih.

“Dengan pencahayaan sebesar itu, LED akan tetap mempunyai warna kuning demi menghindari atau mengatasi pembiasan pandangan ketika kondisi cuaca hujan atau berkabut,” terang Lily.

Selanjutnya mengenai kelebihan yang dimiliki sebelum membahas cara merawat lampu LED. Salah satu manfaat yang didapat adalah daya yang dikonsumsi lebih rendah sehingga dapat menghemat 50% apabila perbandingannya dilakukan dengan lampu bohlam standar. Selain itu, cahayanya juga lebih terang dan saat terkena mata tidak begitu menyilaukan.

Mobil yang baru saja diluncurkan dan sudah mengandalkan lampu LED contohnya adalah Toyota New Avanza dan New Veloz 2019. Mobil tersebut menjadi yang pertama di kelasnya yang telah mengandalkan lampu LED sehingga tampilannya lebih menarik.

>>> Ingin membeli mobil baru dan bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan headlam mobil yang dilepas

Merawat Lampu LED sangat mudah tidak ada yang spesial

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Untuk perawatannya juga terbilang sederhana dan tidak ada perlakuan yang khusus. Apabila menginginkan lampunya lebih tahan lama maka yang perlu untuk menjaga dan memperhatikannya pada kondisi tertentu. Kalau dilihat memang merawatnya terbilang biasa dan tidak ada perbedaan dengan lampu bohlam biasa.

Adapun hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan tetap menjaga kondisi lensa utama dari kerusakan yang bisa saja terjadi seperti retak atau pecah. Yang kedua adalah dengan memastikan dan juga menjaga supaya lampu LED jangan sampai terkena air. Hal tersebut dikarenakan saat terkena air resikonya adalah terjadi arus pendek atau yang sering disebut korsleting.

Adapun masalah yang kedua tersebut umumnya bisa terjadi jika terdapat kebocoran pada batok lampu tanpa diketahui oleh pemilik. Oleh sebab itu pengecekan bagian ini sangatlah penting sebelum melakukan perjalanan terutama saat musim penghujan.

Jika ternyata didapati terdapat kebocoran, maka bisa menjadikan air masuk ke bagian mika dan lampu mudah mengalami kerusakan. Perawatan selanjutnya adalah dengan memastikan tegangan arus listrik tetap baik. Hal ini berhubungan dengan sumber listrik yakni aki mobil. Jadi pengecekan aki diperlukan dan memastikannya selalu dalam kondisi yang prima dan tidak mengalami masalah.

>>> Baca Juga, Mengulas Fungsi Fog Lamp Pada Mobil Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan mobil Toyota dengan lampu depan menyala

Lampu LED memiliki umur pemakaian lebih lama

Memang untuk umur dari lampu LED lebih panjang jika dibandingkan dengan lampu lain. Hanya saja apabila terdapat masalah pada tegangan listriknya maka bisa menyebabkan umurnya menjadi lebih pendek.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai tips merawat lampu LED. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International