Ingat, Jangan Sampai Salah Memasang Busi Mobil

11/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

Salah satu perangkat pada mesin kendaraan yang tergolong penting adalah busi. Dalam proses penggantian perlu dilakukan secara maksimal supaya kinerja mesin mobil tetap prima dan terhindar dari resiko mogok di jalan atau mesin susah dinyalakan. Dalam proses memasang busi mobil dapat dilakukan sendiri ataupun ke bengkel.

Dalam memasang busi mobil terdapat teknik yang dibutuhkan, jadi tidak boleh sembarangan. Tujuannya adalah supaya dapat memercikkan api dengan lebih baik. Dalam hal ini juga dikatakan oleh Diko Octavian selaku Technical Support PT NGK Busi Indonesia. Yang mana dari pihak masyarakat banyak yang beranggapan bahwa dalam proses pengencangan busi harus dilakukan sekencang-kencangnya. Perlu diketahui bahwa anggapan seperti itu ternyata salah dan justru malah membahayakan.

Gaambar ini menunjukkan sebuah busi yang diletakkan di atas mesin mobil

Busi mobil berfungsi untuk memercikkan bunga api untuk proses pembakaran

Kebanyakan orang yang mengalami masalah pada bagian ini adalah terlalu kencang dalam pemutarannya. Akibatnya ulir bisa menjadi rusak dan busi menjadi sulit untuk dilepaskan. Parahnya lagi adalah ketika  terdapat bagian yang terpisah dengan metal shell dan berakibat tertinggal pada mesin mobil.

“Kalau sudah begini jadi susah. Harus dibubut, akhirnya merusak,” jelas Diko .

>>> Lihat Juga, Waspada, Begini Cara Membedakan Busi Asli Dengan Yang palsu Agar Tidak Tertipu

Selain itu, dalam memasang busi mobil apabila kurang kencang juga dapat menghasilkan akibat sendiri. Jadi dampak yang dihasilkan adalah pembakaran yang terjadi kurang sempurna. Ujung-ujungnya adalah kondisi elektroda menjadi rusak. Penyebab masalah tersebut adalah komponen kecil pada busi yang terhubung dengan kepala silinder kurang mencukupi sehingga abnormal akan timbul pada panas yang dihasilkan.

Adapun untuk pemasangannya sebaiknya dilakukan menggunakan kunci momen. Akan tetapi untuk harga dari kunci model ini terbilang cukup mahal. Apabila pemilik mobil jarang melakukan otak atik pada kendaraannya maka akan berpikir 2 kali dalam membeli kunci model ini. Namun ternyata terdapat cara lain yang bisa dilakukan dengan melakukan pengukuran putarannya.

Gambar ini menunjukkan 2 buah tangan sedang mengencangkan busi mobil

Busi yang dipasang dengan tepat membuat performa mobil tetap terjaga

“Kalau bengkelnya mampu mungkin bisa beli kunci momen. Satunya itu sekitar Rp 4 jutaan. Ukurannya lima macam. Jadi totalnya Rp 20 jutaan,” tuturnya.

Kalau soal harga untuk kunci momen memang ada yang lebih murah. Namun jika dilihat dari kualitas tentu lebih rendah.

>>> Klik di sini untuk mengupdate informasi harga Mobil terbaru

Akan tetapi bila ingin menggunakan metode putaran tersebut dalam memasang busi mobil perlu memperhatikan beberapa kriteria. Yang pertama adalah memperhatikan kondisi dan juga ukuran dari diameter ulir. Yang kedua adalah perlu mengetahui besar dari sudut putar yang dimiliki. Sebagai contoh pada busi dengan ukuran 14 dan 18 mm, apabila belum pernah digunakan maka untuk putarannya adalah setengah atau 180 derajat dan ditambah 2/3 sehingga totalnya 240 derajat untuk lebih pastinya. Apabila pernah dipakai maka putarannya hanya 30 derajat saja.

“Sebelum dikencangkan masukkan dan puntir busi dengan tangan sampai tidak bisa lagi. Atau gunakan selang yang size-nya sama. Pastikan tidak miring karena berisiko merusak komponen,” jelas Diko.

Apabila luas penampangnya 12 atau 10 mm maka putarannya adalah setengah atau 180 derajat. Dalam ukuran ini tidak perlu memberikan lebihan seperti pada ukuran 14 atau 18 mm. namun jika sudah pernah dipakai bisa menggunakan putaran 30 derajat. Tapi bagi busi dengan diameter 8 mm dalam kondisi baru putarannya 180 derajat, sedangkan untuk yang pernah dirapatkan menggunakan 30 derajat.

>>>  Baca Juga, Ciri-ciri Busi Mobil Mengalami Kerusakan Yang Perlu Diketahui

Gambar ini menunjukkan kunci momen dengan beberapa mata kunci dengan model berbeda

Dengan kunci momen dapat dapan mendapatkan kekencangan yang tepat

“Indikatornya bisa dilihat dari ukuran gasket (ring). Komponen ini mengecil saat dipasang karena tertekan. Range-nya antara 1,4 mm sampai 1,6 mm,” tutupnya.

Demikianlah informasi mengenai memasang busi mobil. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk membaca tips & trik lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula
    Menarik, Ini Dia Jenis Mobil Yang Cocok Untuk Pekerja Pemula Abdul Tips & trik mobil

    Setiap orang tentunya mempunyai cita-cita yang ingin diwujudkan. Namun banyak anak muda yang baru bekerja ingin mempunyai kendaraan sendiri untuk mendukung segala aktivitas keseharian. Selain itu juga dapat digunakan untuk bergaya. Oleh sebab itulah kami akan memberikan informasi jenis mobil yang cocok untuk pekerja pemula.

  • Jangan Asal, Membuka Usaha Showroom Mobil Juga Ada Triknya
    Jangan Asal, Membuka Usaha Showroom Mobil Juga Ada Triknya Abdul Tips & trik mobil

    Semakin kesini persaingan dalam dunia kerja tambah ketat, seseorang harus berjuang keras untuk bisa ikut dalam persaingan terutama dalam hal bisnis. Kreatif dan bekerja keras menjadi salah satu hal yang diperlukan untuk melakukannya. Sekarang jaman sudah modern, kendaraan menjadi salah satu kebutuhan bagi kebanyakan orang. Oleh sebab itu membuka usaha showroom mobil menjadi salah satu peluang usaha yang menggiurkan.

  • Jangan Asal Pasang, Ada Resiko Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Mobil
    Jangan Asal Pasang, Ada Resiko Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Menambah alat penghemat bahan bakar kadang dilakukan oleh pengemudi mobil. Tujuannya tidak lain adalah untuk membuat mobil hemat bahan bakar dan melakukan perjalanan jauh dengan bahan bakar yang lebih sedikit dibandingkan biasanya. Apakah ada efeknya jika memasangnya?