Ingat, Ada Aturan Pasang Roof Rack Dan Roof Box Di Atap Mobil Untuk Keamanan

06/01/2021 Abdul Tips & trik mobil

Terdapat aturan pasang roof rack dan roof box di atap supaya tetap aman. Memasang roof rack dapat memberikan tambahan ruang yang dapat digunakan untuk menyimpan barang bawaan. Melakukan pemasangan boleh-boleh saja asalkan memahami terlebih dahulu aturannya.

Umumnya memasang roof rack dilakukan saat momen tertentu seperti mudik atau pergi ke suatu tempat yang membutuhkan banyak barang bawaan. Meskipun  begitu, pemasangan dapat dilakukan kapan saja sesuai keinginan pemiliknya. Yang pasti terdapat aturan pasang roof rack dan roof box di atap kendaraan.

Gambar ini menunjukkan rof box di atas mobil

Roof box bisa buat barang lebih aman

>>> Lihat Juga, Ini Biaya Yang Harus Dibayar Saat Mengganti Atap Mobil Dengan Kaca

Sebelumnya kita pahami mengenai hal tersebut, roof rack merupakan dek tambahan yang diberikan pada bagian atap mobil yang berguna untuk  menyangga barang bawaan saat akan ditempatkan di atap mobil. Sedangkan roof box merupakan sebuah kompartemen penyimpanan yang merupakan tambahan dan posisinya di atas roof rack. Namun perlu dipahami bahwa tidak semua kendaraan didesain untuk memasang tambahan roof rack atau roof rail.

Memastikan Terdapat Roof Rail

Adapun jenis kendaraan yang bisa diberikan roof rack adalah yang di atap terdapat roof rail. Adapun roof rail sendiri merupakan sebuah dudukan yang wujudnya adalah rel membujur. Bagian inilah yang menjadi tempat untuk memasang roof rack. Untuk lebih amannya bisa memasangkan roof box dan jangan lupa pasangkan dengan kuat supaya tidak terlepas. Roof box yang mempunyai bentuk aerodinamis membuatnya tampak pas dengan kendaraan, bahkan untuk membelah angin pun tidak terlalu sulit. Umumnya untuk kendaraan yang telah diberikan roof rail adalah mobil MPV dan SUV seperti Toyota Innova dan juga Rush. Oleh sebab itu aturan pasang roof rack dan roof box di atap direkomendasikan ada roof rail bawaan.

>>> Ingin membeli mobil bekas terbaik di pasaran? Dapatkan informasinya di sini

Gambar ini menunjukkan roof rail yang terdapat pada mobil

Dengan roof rail bawaan maka memasang roof rax lebih mudah

>>> Baca Juga, Tips Memilih Roof Box pada Mobil Yang Tepat

Memilih Roof Rack

Produk aftermarket dari roof rack banyak dijual di pasaran, oleh sebab itu perlu memilihnya. Adapun faktor utama yang perlu diperhatikan adalah sisi keselamatan dan keamanan. Jadi kekuatan atap mobil perlu dijadikan pertimbangan sehingga tidak merusak dan aman ketika melaju dengan terdapat penambahan beban dan roof rack. Selain itu, jika terlalu tinggi maka membuat kestabilan mobil berkurang terutama ketika mobil dipakai berbelok atau kecepatan tinggi.

Untuk paling aman dalam memasang roof rack adalah saat mobil sudah ada standar roof rail yang diberikan. Hal tersebut tentunya telah diperhitungkan oleh pihak pabrikan.

>>> Klik di sini untuk mengetahui informasi tentang review Mobil terlengkap

Gambar ini menunjukkan roof rack yang terdapat di atas mobil

Roof rack menjadi ruang penyimpanan tambahan

Batas Maksimal Beban

Dalam aturan pasang roof rack dan roof box di atap mobil beban maksimal yang dapat ditanggung perlu diperhatikan. Dengan mengetahui batasannya maka pemilik akan menaruh barang di atap secukupnya dan tidak memaksakan lebih. Jika ingin lebih jelas mengenai beban bawaan maksimal yang dapat berkonsultasi pihak mekanik bengkel. Berdasarkan informasi yang beredar, untuk beban maksimal yang dapat dibawa mobil MPV di atap adalah 75 kg, sedangkan mobil SUV adalah 100 kg.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips dan trik otomotif terbaru lainnya!

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International