Informasi Tentang AC Single Blower Dan Double Blower

06/02/2019 Abdul Tips & trik mobil

AC merupakan salah satu fitur yang tergolong wajib pada kendaraan di jaman sekarang. Apabila tidak memilikinya maka bisa saja jarang dilirik oleh masyarakat. Apalagi cuaca di Indonesia yang kadang panas saat musim kemarau, bahkan AC juga bisa berguna saat musim penghujan. Namun seperti yang diketahui, bahwa ada AC Single Blower dan Double Blower.

AC Single Blower Dan Double Blower mempunyai keunggulan masing-masing. Selain itu biasanya terdapat pada beberapa mobil dengan kondisi tersendiri. Memang untuk masalah Blower menjadi pertimbangan bagi para produsen kendaraan. Semua itu tertuju pada kenyamanan konsumennya dan juga pengemudi serta penumpangnya.

Gambar ini menunjukkan knob AC mobil dengan tanda A/C di tengahnya

AC mobil menjadi fitur wajib di jaman sekarang

Akan tetapi sebelumnya, tahukah sobat mengenai AC Single Blower Dan Double Blower?

Adapun untuk AC Single Blower adalah salah satu sistem dari Air Conditioner yang terdapat pada mobil dan letaknya hanya diberikan pada bagian depan kendaraan saja, untuk tepatnya di bagian dashboard. Berbeda dengan AC Double Blower yang lokasinya tidak hanya di bagian depan saja, namun juga ditempatkan pada bagian tengah kabin mobil.

Jadi pada mobil MPV ataupun SUV bebas dalam melakukan pemasangan AC, apakah mau memilih Single Blower atau Double Blower dan dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Hanya saja terdapat dampak tersendiri pada setiap jenis kendaraan.

>>> Baca Juga, Tahukah Anda, Merawat Kisi-Kisi AC Mobil Diperlukan Agar Perjalanan Tetap Nyaman

Seperti pada mobil MPV, yang mana biasanya digunakan untuk menempuh perjalanan jauh dengan banyak penumpang. Akan tetapi dalam hal ini jalanan yang dilewati tidak terlalu ekstrim. Jadi pada saat menggunakan AC Single Blower maka temperatur di dalam kabin terasa kurang nyaman karena terasa panas. Berbeda dengan penggunaan Double Blower yang dapat menyebar ke seluruh kabin mobil sehingga kenyamanan lebih bisa didapatkan dan terasa lebih sejuk.

Gambar ini menunjukkan kisi-kisi AC mobil dengan jam di atasnya dan fitur audio di bawahnya

AC Single Blower hanya terdapat di bagian depan saja

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

Selanjutnya untuk mobil jenis SUV juga digunakan untuk menempuh perjalanan yang cukup jauh dengan jalanan segala medan, baik biasa sampai ekstrim. Kapasitas mesin yang dimiliki memang besar dengan kapasitas penumpang lebih sedikit dibandingkan mobil MPV. Oleh sebab itu untuk penggunaan AC single Blower terbilang sangat cocok. Hal tersebut dikarenakan luas di dalam kabin mobil lebih kecil, ditambah lagi tidak memberatkan kinerja dari aki mobil dalam menyalurkan daya. Selain itu jika menggunakan AC Double Blower  bisa memberatkan aki dalam penyaluran daya, ditambah lagi terbilang sia-sia karena luas kabin mobil yang tergolong lebih kecil.

Hal tersebut hanya penjelasan saja dari AC Single Blower dan Double Blower. Untuk masalah penggunaan bebas dari pihak produsen ingin memberikan yang mana. Karena dari pihak produsen tentu telah memperhitungkan segala sesuatunya dengan matang. Begitu juga dengan konsumen yang memodifikasi mobilnya sedemikian rupa, seperti misalnya AC Single Blower bawaan pada mobilnya dan berniat mengubahnya menjadi Double Blower. Hal tersebut tidak masalah asal tetap nyaman dan tidak membahayakan ataupun beresiko merugikan diri sendiri.

>>> Baca juga, Mengetahui Fungsi AC Mobil Di Musim Hujan Yang Perlu Diperhatikan

Gambar ini menunjukkan kabin mobil dingan AC mobil Double Blower terlihat tengah kabin ada kisi-kisinya

AC Double Blower terdapat di bagian depan dan tengah kabin

Akan tetapi alangkah baiknya jika ingin melakukan perubahan sebaiknya berkonsultasi terlebih dahulu kepada para mekanik yang profesional dan terpercaya. Dengan begitu akan benar-benar mendapatkan keyakinan bahwa yang dilakukannya tidak salah.

Demikianlah informasi yang dapat kami sampaikan mengenai AC Single Blower dan Double Blower. Semoga bermanfaat dan jangan lupa untuk membaca artikel menarik lainnya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate tips & trik terbaru di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca