Indikator Pengingat Pada Panel Instrumen, Buat Pengendara Lebih Mudah!

26/01/2019 Abdul Tips & trik mobil

Kendaraan bisa saja bermasalah bagik dalam sektor permesinan dan bagian lainnya. Oleh sebab itu dari pihak produsen mobil mencoba mempermudah pemilik untuk mengetahuinya dengan memberikan indikator pengingat pada panel instrumen.

Dengan adanya indikator pengingat pada panel instrumen membuat pengemudi tahu bahwa terdapat masalah pada kendaraannya. Terdapat banyak indikator yang diberikan supaya pengemudi lebih aman dan juga sebagai pendukung keselamatan berkendara.

Berikut ini merupakan beberapa indikator yang ditujukan kepada pengemudi dan bisa dibilang paling utama.

1. Bagian Mesin

Untuk mengetahui kondisi dari sektor mesin dari pihak produsen memberikan indikator peringatan yang meliputi pengisian aki dan juga peringatan mengenai tekanan oli mesin apabila terlalu rendah. Hal ini ditujukan saat terjadi kegagalan fungsi dapat segera dilakukan perbaikan dan tidak menimbulkan bahaya yang lebih besar.

Gambar ini menunjukkan ilustrasi panel instrumen yang terdapat indikator berhubungan dengan permesinan yaitu indikator aki

Dengan adanya indikator pengingat memudahkan pengemudi untuk memantau kondisi kendaraan

Pada lampu indikator tekanan oli akan berkedip ketika mesin idling atau menyala sebentar setelah kondisi mesin dimatikan. Hal tersebut terjadi apabila tekanan oli dalam keadaan rendah. Jadi sobat dapat mengetahui bahwa oli pada mesin mobil kurang atau terdapat hambatan pada sirkulasi olinya.

Jika indikator peringatan pengisian aki mobil  segera membawanya ke bengkel apabila masih dapat dinyalakan. Karena bisa saja mobil bermasalah dan dikhawatirkan tidak bisa menyala untuk beberapa waktu ke depan.

>>> Lihat Juga, Langkah Mudah Membersihkan Dashboard Mobil Untuk Kenyamanan Berkendara

2. Bagian Pengereman

Pada masalah pengereman juga diberikan indikator untuk mengetahui apabila ada malfungsi pada sistem pengereman. Indikator peringatan tersebut meliputi ABS dan juga sistem rem. Pada saat indikator peringatan sistem rem menyala, maka hal tersebut menandakan bahwa rem tangan atau rem parkir belum bebas dengan sempurna. Kalau ternyata sudah namun masih menyala maka bisa jadi minyak remnya yang kurang.

Gambar ini menunjukkan indikator handbrake pada panel instrumen kendaraan

Indikator pada mobil biasanya diletakkan di panel instrumen yang mudah dilihat pengemudi

Jadi ketika indikator tersebut menyala cek kembali tuas rem tangan dan pastikan bahwa sudah terbebas dengan sempurna saat menjalankan kendaraan. Karena jika tidak bisa berakibat tromol atau kampas rem akan mengalami kerusakan. Namun jika ternyata minyak remnya yang kurang, maka sobat bisa melakukan pengisian dan memeriksa kondisi sekitar seperti selang dan bagian lain apakah ada kebocoran atau tidak.

>>> Baca juga informasi mengenai harga Mobil segala merk di Hargamobil.com

3. Bagian Keselamatan Berkendara

Indikator pengingat pada panel instrumen awalnya hanya rem ABS saja dan hanya pada mobil tertentu. Namun semakin berkembangnya zaman semuanya bertambah lengkap dan untuk masalah indikator pengingat bertambah semakin kompleks.

Gambar ini menunjukkan indikator pintu mobil dan lainnya  pada panel instrumen kendaraan

Pastikan lampu indikator pengingat dalam keadaan masih berfungsi

Sekarang telah terdapat indikator pengingat yang terbilang cukup lengkap seperti Airbag, Control Traksi,VSC dan Hill Start Assist. Bahkan terdapat pula indikator pengingat lainnya tergantung mobil yang dimilikinya. Jika sobat pemilik mobil bisa melihat di buku manual kendaraan, apa saja indikator peringatan yang dimiliki.

>>> Baca Juga, Hati-Hati, Ini Masalah Power Steering Yang Bisa Terjadi

4. Bagian Eksterior Dan interior

Pada bagian ini terdapat beberapa indikator untuk memberikan informasi pada penggunanya bahwa belum melakukan hal yang seharusnya. Pada bagian ini seperti pada indikator pintu mobil yang akan menyala jika belum ditutup dengan sempurna. Selain itu ada indikator Seat Belt yang akan menyala jika pengemudi atau penumpang tidak memakai Seat Belt. Bahkan pada Seat Belt terdapat alarm yang berbunyi sebagai penanda yang berada pada beberapa mobil tertentu saja.

Gambar ini menunjukkan indikator airbag  pada panel instrumen kendaraan

Jika ada tanda pada lampu indikator tentang beberapa masalah segera lakukan pengecekan

Selain hal tersebut, terdapat hal lain yang perlu diperhatikan. Seperti pada masalah Airbag, yang mana fitur ini tidak akan bekerja ketika pengendara tidak memakai Seat Belt dengan baik dan benar. Tentunya masalah ini sangat berkaitan dengan keselamatan berkendara, jadi pengendara harus benar-benar memperhatikannya.

Apabila indikator pengingat pintu mobil menyala, segera lakukan pemeriksaan pada semua pintu pada kendaraan. Karena jika berkendara dengan kondisi pintu belum tertutup rapat beresiko terbuka di jalan dan sangat membahayakan.

Masih banyak indikator pengingat pada panel instrumen mobil tergantung dari jenis dan mereknya. Yang pasti semuanya untuk mendukung keamanan dan kenyamanan berkendara serta diharapkan dapat sampai tujuan dengan selamat.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik?
    Benarkah Penggunaan Kaca Film Bisa Buat Hemat Mobil Listrik? Abdul Tips & trik mobil

    Mobil listrik kerap menjadi perbincangan saat ini. Bahkan perkembangannya terbilang perlahan tapi pasti. Hal tersebut dibuktikan dengan produksi kendaraan listrik oleh para produsen mobil, bahkan sampai full menggunakan daya listrik. Disamping hal tersebut, saat seseorang memiliki mobil listrik, tentunya harapannya bisa hemat daya listrik. Dalam hal ini ada info mengenai penggunaan kaca film bisa buat hemat daya listrik, benarkah?

  • Terkena Tilang, Begini Pengurusan Slip Tilang Biru Saat Telat Sidang
    Terkena Tilang, Begini Pengurusan Slip Tilang Biru Saat Telat Sidang Abdul Tips & trik mobil

    Pelanggaran lalu lintas seringkali terjadi di jalanan dengan banyak alasan. Dari mulai yang disengaja atau tanpa sengaja karena suatu hal. Yang pasti proses penilangan tetap dilakukan oleh pihak kepolisian. Biasanya pelanggar akan mendapatkan slip tilang untuk digunakan dalam proses pengurusan. Dalam hal ini ada slip tilang warna biru dan merah.

  • Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya
    Pentingkah Cover Jok Mobil Pada Kendaraan? Ini Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Cover jok mobil mempunyai banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh pemilik mobil. Untuk mendapatkannya bisa membeli mobil yang sudah mendapatkannya atau membelinya sendiri di toko aksesoris kendaraan. Dalam pemilihan cover jok juga perlu diperhatikan, baik dari segi bahan, warna dan juga yang sesuai dengan jok kendaraan.

International