Hindari Mengatur Barang Di Bagasi Mobil Terlalu Tinggi, Ada Aturan Mainnya Lo

20/06/2019 Abdul Tips & trik mobil

Membawa barang bawaan memang menjadi salah satu hal yang perlu bagi kebanyakan orang. Hal tersebut bertujuan untuk melakukan persiapan agar saat sampai tujuan bisa melakukan aktivitas dengan lebih sempurna sehingga tercipta kenyamanan. Namun yang perlu diingat adalah mengatur barang di bagasi mobil tidak boleh terlalu tinggi karena berpotensi bahaya.

Pada saat melakukan perjalanan bersama keluarga, persiapan perlu dilakukan dengan matang. Membawa barang bawaan juga seperlunya sekiranya yang dibutuhkan. Apalagi saat melakukan perjalanan biasanya semua anggota diajak, sehingga mengatur bawaan yang perlu dibawa setiap anggota keluarga perlu diatur dengan bijak. Pada saat menggunakan mobil pribadi, mengatur barang di bagasi mobil jangan terlalu tinggi.

Tidak dipungkiri menempuh perjalanan dengan mobil pribadi dibandingkan transportasi umum lebih bebas. Banyak yang membawa barang bawaan lebih banyak. Namun sebenarnya terdapat aturan mainnya dalam menata barang bawaan di bagasi belakang. Baik itu pada kendaraan dengan konfigurasi 3 baris kursi ataupun mobil jenis city car. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan supaya perjalanan tetap aman dan nyaman.

1. Jangan Menaruh Barang Di Belakang Sampai Visual Pengemudi Ke Belakang Terhalang

Gambar ini menunjukkan banyak barang ditempatkan di bagasi mobil warna merah'

Jangan menumpuk barang di bagasi samapi melebihi tinggi jok mobil

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Dalam hal ini dari pihak Jusri Pulubuhu selaku Pakar keselamatan berkendara sekaligus Training Director Jakarta Defensive Driving Consulting (JDDC) memberikan penuturan. Bahwasanya banyak sekali para pemudik atau menempuh perjalanan jauh menempatkan barang di bagasi mobil tidak mengikuti aturan main. Bagasi mobil yang dimiliki memang besar sehingga menumpuk barang dengan adal sehingga pandangan ke belakang pemudi jadi terhalang.

"Nah, kebanyakan orang saat mudik ini mentang-mentang bawa mobil besar MPV atau SUV suka atur barang seenaknya, padahal bila barang terlalu menumpuk di bagian belakang akan sangat berbahaya. Paling utama sudah pasti menghalangi visual pengemudi ke arah belakang karena kaca tertutup tumpukan tas dan lainnya," tutur Jusri seperti dikutip dari Kompas, (28/5/2019).

Adapun patokan yang perlu diperhatikan pengemudi saat mengatur barang di bagasi mobil adalah tidak melebihi dari ketinggian kursi baris kedua. Tujuannya adalah supaya visibilitas dari pengemudi menuju belakang bisa didapatkan dengan baik tanpa ada yang menghalangi.

>>> Lihat Juga, Membersihkan Bagasi Mobil Sedan Itu Mudah, Begini Caranya!

2. Membawa Barang Yang Benar – Benar Dibutuhkan

Gambar ini menunjukkan seseorang akan memasukkan barang di bagasi mobil

Pilihlah barang yang dibawa sesuai kebutuhan

Selanjutnya saat ingin menempuh perjalanan sebaiknya memilih barang yang benar-benar dibutuhkan saja. Apabila tidak terlalu penting sebaiknya jangan dibawa supaya bagasi mobil tidak penuh dan lebih lega. Apalagi saat melakukan perjalanan ke suatu tempat atau pulang ke kampung halaman akan membawa oleh – oleh yang tentunya perlu ruang di dalam mobil. Dengan membawa sedikit barang saat berangkat tentunya ketika pulang ke rumah masih ada ruang tanpa menghalangi visibilitas pengemudi.

>>> Ingin Membeli Mobil Bekas? Dapatkan Daftar Lengkapnya Di Sini

3. Menyusun Barang Sesuai Bobot & Urgensinya

Gambar ini menunjukkan beberapa koper dan tas diletakkan di bagasi mobil

Atur barang di bagasi mulai yang paling berat dan besar

Dalam mengatur barang di bagasi mobil harus benar – benar diperhatikan. Tempatkan barang dengan ukuran besar dan juga berat di bagian bawah. Jika terdapat barang bawaan yang dibutuhkan di perjalanan bisa ditempatkan di paling atas seperti misalnya bekal makanan dan minuman. Dengan penataan yang tepat maka keseimbangan mobil tetap terjaga sehingga potensi limbung bisa terhindarkan.

Jika sudah menata barang sedemikian rupa bisa dilakukan pengetesan dengan cara melihat spion tengah. Apakah bisa melihat kondisi belakang mobil atau tidak? Jika bisa melihat belakang dengan jelas maka dalam mengatur barang di bagasi mobil sudah mengikuti aturan main.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

  • Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya
    Mengenal Jenis Antena Pada Mobil Dan Penjelasannya Abdul Tips & trik mobil

    Pada saat kita melihat mobil kadang akan tampak sebuah antena yang berpostur kecil panjang dan lentur. Namun untuk mobil sekarang sudah menggunakan beberapa model yang berbeda untuk membuat tampilan lebih menarik dan juga lebih terlihat praktis. Bagi sobat yang ingin melakukan penggantian bagian ini sebaiknya mengetahui jenis antena pada mobil.

  • Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil
    Bukan Hanya Tampilan Saja, Ini Dia Fungsi Shark Fin Pada Mobil Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa aksesoris yang dipasangkan dengan fungsi tersendiri. Salah satu aksesoris yang mempunyai bentuk sirip ikan adalah shark fin yang letaknya berada di bagian atap mobil. Sebagian orang kadang melihat bagian ini merupakan tambahan belaka agar tampilannya tampak lebih keren. Tapi tahukah sobat, bahwa ternyata fungsi shark fin ternyata tidak hanya itu saja.

  • Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan
    Alasan Lampu Sein Berbunyi “Tik” Pada Kendaraan Saat Dinyalakan Abdul Tips & trik mobil

    Mobil mempunyai beberapa bagian yang unik seperti misalnya bunyi yang muncul saat lampu sein menyala. Suara yang muncul tersebut umumnya adalah tik pada saat menyalakan lampu sein. Fungsi dari lampu sein adalah untuk memberi tanda kepada pengendara lain saat akan berbelok. Yang jadi penasaran adalah mengenai lampu sein berbunyi “tik“ saat diaktifkan.