Hati-Hati Saat Ban Mobil Botak Sebelah, Berikut Penyebabnya

19/02/2020 Abdul Tips & trik mobil

Ban menjadi salah satu bagian pada kendaraan yang berhadapan langsung dengan aspal jalanan. Kondisi ban yang bagus sangat dibutuhkan supaya perjalanan dengan mobil ke tempat yang dituju lebih aman dan nyaman. Namun kadang masalah bisa saja terjadi seperti ban mobil botak sebelah.

Ban mobil botak sebelah bisa menjadi salah satu tanda bahwa ada masalah pada beberapa komponen pada kaki-kaki. Tentunya pemilik harus peka supaya bisa dilakukan penanganan dengan segera sebelum terjadi masalah yang lebih besar.

Gambar ini menunjukkan ban belakang pada mobil

Pengecekan ban mobil perlu dilakukan karena bisa menjadi tanda adanya masalah

>>> Mungkin tertarik, Melirik Kelebihan Dan Kelemahan Ban Tubeless Serta Konvensional

Dilansir dari laman Gridoto, terdapat beberapa kemungkinan bisa saja terjadi seperti shockbreaker yang mengalami masalah. Jadi ketika bagian ini mengalami masalah bisa membuat mobil tidak nyaman, bahkan untuk pengendalian susah dilakukan. Tidak hanya itu saja, mobil juga akan terasa limbung karena distribusi bobot pada kendaraan tidak ada keseimbangan.

Jika shockbreaker mengalami masalah maka akan ditandai dengan ban mobil botak sebelah. Kondisi ini menunjukkan ban mobil telah menipis namun tidak rata. Oleh sebab itu apabila mengalami ban tipis sebelah bisa membawanya ke bengkel untuk dilakukan penanganan lebih lanjut.

Berkaitan dengan hal tersebut juga diungkapkan oleh Akhiong selaku pemilik bengkel kaki-kaki Sinar Mas Akhiong, Bekasi Barat, Jawa Barat.

"Cek fisik dari shockbreakernya, ada kebocoran oli tidak? Atau ada baret atau penyok tidak? Biasanya dari sil yang aus atau luka itu yang menyebabkan kebocoran," ungkap Akhiong.

Jadi ketika tanda adanya kebocoran pada shockbreaker terlihat, maka dapat dipastikan bahwa ada komponen yang perlu diganti yaitu peredam kejut. Jangan menunda-nunda karena malah bisa bertambah parah dan mobil juga menjadi tidak nyaman dikendarai.

Dari pihak Akhiong juga menambahkan, bahkan saat shockbreaker tidak dalam kondisi prima, pemilik dapat mengetahui bahwa shockbreaker sudah tidak dalam kondisi prima dengan merasakannya.

>>> Klik di sini untuk mengupdate harga terbaru Mobil semua merek di Hargamobil.com

Gambar ini menunjukkan sebuah tangan memperbaiki bagian shockbreaker mobil

Ban botak sebelah bisa karena suspensi bermasalah

>>> Jangan Sampai Lupa! Menjaga Tekanan Angin Ban Mobil Sangat Diperlukan

"Kalau bantingannya keras, mantul-mantul, nah itu juga tanda shockbreakernya mati," ujar pria yang telah menekuni dunia kaki-kaki mobil lebih dari 20 tahun.

Jadi selain bantingan yang terasa keras, gejala lainnya yang dapat dirasakan dan menjadi tanda adalah pada bagian setir yang lebih sulit untuk dikendalikan. Oleh sebab itu sebelum terjadi hal yang tentunya membahayakan sebaiknya segera dilakukan perbaikan atau penggantian.

Selain hal tersebut, ada pendapat lain mengenai ban mobil botak sebelah yang dilansir dari Kumparan. Seperti yang diungkapkan oleh Didi Ahadi selaku Dealer Technical Support PT Toyota-Astra Motor (TAM), bahwasanya terdapat 3 faktor yang menjadi penyebab ban mobil aus tidak merata.

  1. Sudut kemiringan roda pengaturannya tidak lurus seperti condong keluar ataupun ke dalam. Jika hal tersebut terjadi maka bisa membuat permukaan ban bagian dalam menjadi lebih aus karena lebih banyak bergesekan dengan jalanan. "Bisa saja setelan toe in dan toe out jauh dari nilai standar jadi menyebabkan aus," terang Didi.
  2. Setelan suspensi tidak tepat sehingga sudut tapak ban jadi tidak tegak lurus dengan tanah. Jadi sudutnya terlalu miring entah keluar ataupun ke dalam. "Suspensi juga berpengaruh itu disetelan cambernya. Kalau membentuk camber negatif (sisi bawah ban miring ke arah luar) itu akan aus bagian dalamnya, kalau membentuk camber positif (sisi bawah ban miring ke arah luar) maka akan aus bagian luarnya," tambah Didi.
  3. Tekanan angin yang tidak sesuai dengan rekomendasi pabrikan. Dari pihak Didi menyebutkan  bahwasanya untuk pemilik kendaraan sebaiknya menjaga tekanan angin pada ban mobilnya sesuai yang disarankan oleh pihak pabrikan. Sobat bisa melihat rekomendasinya umumnya di bagian samping pintu pengemudi. "Karena kalau tekanan kurang biasanya ban aus di sisi sisi luar, kalau terlalu keras bisa bagian tengahnya yang lebih aus," terang Didi.

>>> Ingin membeli mobil baru & bekas? Dapatkan daftar lengkapnya di sini

Gambar ini menunjukkan roda belakang mobil dan ada diongkrak disampingnya

Penyebab ban mobil permukaannya botak sebelah ada beberapa macam

Itulah beberapa informasi mengenai penyebab ban mobil botak sebelah. Semoga bermanfaat dan jangan lupa membaca artikel menarik lainnya.

>>> Terus ikuti tips dan trik seputar mobil hanya di Hargamobil.com

Share This:

Mungkin Anda mau membaca

International